DOWNLOAD CONTOH PTK K13 MATEMATIKA - PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING
PTK K13 SMA TERBARU - Dalam penerapan model pembelajaran PBL, sistem ini akan berpijak kepada masalah yang selalu dihadapi oleh siswa selama proses belajar dan memperoleh ilmu pengetahuan. Begitupun pada buku matematika SMA – Problem Based Learning dengan metode kooperatif tipe stad.
PROBLEM BASED LEARNING DENGAN METODE KOOPERATIF TIPE STAD
Dalam proses penerapan sistem ini, pembelajaran PBL ini merujuk pada pembelajaran berbasis masalah yang memanfaatkan strategi lebih terstruktur guna menemukan solusi dari setiap masalah. Melalui landasan ini, siswa pun bisa menuai hasil dari PBL sebagai pola pikirnya. ptk matematika sma masa pandemi
1. PENGERTIAN PROBLEM BASED LEARNING
Pembelajaran dengan basis masalah merupakan rentetan kegiatan yang bertumpu pada sebuah masalah dimana nantinya akan dipecahkan melalui cara ilmiah. Melalui pola seperti ini akan membuat para siswa terus merasa belajar dan belajar. Materi masalah yang akan dibuat oleh guru untuk para siswanya nanti bermanfaat guna menumbuhkan kecakapan dalam inisiatif, analisis dan juga pola pikir kritis. Dapat disimpulkan bahwa PBL ini merupakan pendekatan berpusat ke siswa untuk membahas suatu materi.
2. ALASAN PENGGUNAAN PROBLEM BASED LEARNING
Pembelajaran berbasis masalah akan didesain secara serius dan baik guna memberikan siswa kesempatan untuk meningkatkan ketrampilan mereka masing-masing. Terdapat beberapa ketrampilan para murid yang saling berhubungan. Beberapa ketrampilan tersebut adalah kerja sama dalam grup dan tim, berkembangnya komunikasi baik lisan atau tertulis, pembelajaranmandiri, sadar tanggung jawab dan evaluasi diri, mampu menjelaskan konsep dan belajar manajemen kelompok dan tanggung jawab.
3. LANGKAH-LANGKAH PENERAPAN PBL
Sebelum memasuki langkah di atas, ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh para siswa. Pertama adalah investigasi dan menjabarkan setiap masalahnya. Selanjutnya menentukan masalah mendasar sedalam mungkin. Selanjutnya para siswa diminta untuk menentuk apa saja yang harus mereka pelajari. Berikutnya mereka perlu melakukan evaluasi metode, cara dan model guna menyelesaikan masalah hingga membuat laporan tentang temuan tersebut.
Ada beberapa tahapan yang perlu dipelajari sebelum menerapkan buku matematika SMA – Problem Based Learning dengan metode kooperatif tipe stad. Sistem pembelajaran ini memang penting diketahui oleh para guru dalam memberikan metode belajar paling efektif di kelas. ptk matematika sma kurikulum 2013
