DOWNLOAD PTK SD K13 KELAS VI - PENGGUNAAN STRATEGI LEARNING CYCLE BERBANTU MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN TEMATIK PADA SISWA KELAS VI SD
TEMATIK SD – Strategi Learning Cycle Berbantu Media Video merupakan metode pembelajaran yang berpusat pada siswa dengan rangsangan pemahaman yang terstruktur dan sistematis menggunakan media video.
PEMAHAMANTEMATIK SD – STRATEGI LEARNING CYCLE BERBANTU MEDIA VIDEO
Strategi learning cycle adalah salah satu model student center yang memiliki serangkaian tahapan. Selain itu, merupakan suatu alternatif untuk menciptakan suasana kelas yang aktif dan kreatif . Model ini dapat digunakan dalam pembelajaran offline maupun online. contoh ptk tematik kelas 2 sd tema lingkungan
1. TAHAPAN STRATEGI LEARNING CYCLE
Pada awalnya strategi learning cycle terdiri dari tiga tahap yaitu eksplorasi (exploration), pengenalan, dan penerapan konsep (concept application). Selanjutnya seiring berjalannya waktu mengalami pengembangan. Semuanya dipadukan menjadi sebuah unsur yang dapat dipelajari. Fase dalam strategi ini penting dan pelaksanaannya harus berurutan. Guru perlu merancang dan memperhatikan setiap langkah. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mengobservasi dan memperhatikan siswa di setiap kegiatan.
2. PERAN VIDEO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN
Media video pembelajaran merupakan suatu media yang terdiri dari audio dan visual guna menunjang proses belajar siswa. Mencoba memainkan media tersebut dengan strategi learning cycle dapat memberikan informasi yang akurat serta mudah dipahami. Tematik SD – Strategi Learning Cycle Berbantu Media Video hendaknya memperhatikan beberapa hal. Diantaranya persiapan sebelum menggunakannya. Guru bisa mempersiapkan diri dengan memahami cara pengaplikasian dan pemanfaatan fitur-fitur dalam media tersebut.
3. IMPLEMENTASI STRATEGI LEARNING CYCLE BERBANTU MEDIA VIDEO
Strategi learning dilandasi oleh teori konstruktivisme. Didefinisikan sebagai pembelajaran yang bersifat generatif/umum. Pada strategi ini pembelajaran dimulai dengan memberikan pertanyaan. Strategi ini mengajak peserta didik untuk aktif mengikuti seluruh tahap pembelajaran. Pendidik berperan sebagai fasilitator dan motivator. Guru juga berperan menciptakan suasana kelas yang fleksibel dan berorientasi pada penyelidikan masalah. Sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna.
Tematik SD – Strategi Learning Cycle Berbantu Media Video dapat membantu meningkatkan pemahaman siswa. Tidak terlepas dari perlunya guru memperhatikan perkembangan murid. Ini supaya pembelajaran dapat ditargetkan sesuai dengan tujuan. contoh ptk sd kelas 4 daring