PTK BAHASA INDONESIA SD - PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN THE FIRING LINE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB TEMA LINGKUNGAN SEKOLAHKU
PTK BAHASA INDONESIA SD - Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Sub Tema Lingkungan Sekolahku diterapkan dalam pembelajaran tematik. Pembelajaran ini menggunakan tema tertentu agar dapat dikaitkan dengan mata pelajaran dengan tujuan memberikan pengalaman yang bermakna.
PTK BAHASA INDONESIA SD - MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB TEMA LINGKUNGAN SEKOLAHKU DAN PENERAPANNYA
Pada penerapannya model pembelajaran yang seperti ini mempunyai tujuan tersendiri Salah satunya yaitu itu dapat meningkatkan kemampuan serta pengalaman terhadap siswa. Mengingat metode ini juga membantu siswa untuk bisa memahami konsep-konsep yang sedang dipelajari melalui pengalaman hidup. ptk bahasa indonesia untuk naik pangkat
1. PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMA LINGKUNGAN
Masih banyak para guru yang menerapkan pembelajaran dengan cara ceramah dan sekedar membacakan pelajaran agar siswa dapat menulisnya. Sebenarnya metode yang seperti ini tidak efektif, dikarenakan siswa sulit untuk memahaminya. Di sini guru seharusnya dapat menerapkan pembelajaran dengan metode yang unik dan berhubungan dengan tema lingkungan. Misalnya saja mengajak siswa untuk keluar kelas dan belajar langsung di taman.
2. MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA
Jika saja metode pembelajaran dilakukan dengan cukup menyenangkan, siswa akan lebih bersemangat untuk belajar. Selain itu, Jangan hanya terfokus pada pemberian materi dengan cara menulis di papan atau ceramah. Sekali-kali cobalah untuk memberikan kesempatan kepada siswa agar berperan aktif dalam pembelajaran. Metode pembelajaran yang menyenangkan juga mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema lingkungan sekolahku. ptk kelas 1 sd lengkap
3. BERI KESEMPATAN SISWA UNTUK BERPENDAPAT
Cara lain yang bisa dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema lingkungan sekolahku yaitu dengan memberikan kesempatan untuk mengeluarkan pendapatnya berhubungan dengan tema tersebut. Misalnya saja guru menanyakan apa hubungannya pelajaran dengan lingkungan sekitar. Apapun pendapat yang di katakan oleh peserta didik, jangan langsung disalahkan jika memang tidak benar. Beri alasan yang lebih lembut agar mereka tidak takut untuk mengeluarkan mendapatnya lagi.
PTK BAHASA INDONESIA SD - Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Sub Tema Lingkungan Sekolahku bisa dilakukan dengan metode pembelajaran yang menyenangkan. Jangan hanya fokus menerapkan metode ceramah, karena siswa akan merasa bosan.