CONTOH PTK PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK SD - PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN PPR (PARADIGMA PEDAGOGI REFLEKTIF) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK PADA SISWA KELAS IV
POLA PAK SD – PEMBELAJARAN PPR ( PARADIGMA PEDAGOGI REFLEKSI )
Pola pembelajaran yang satu ini seringkali diterapkan agar dapat meningkatkan kemampuan siswa untuk mempunyai kesadaran terhadap nilai-nilai kehidupan. Tentunya nilai-nilai tersebut juga akan mempengaruhi proses belajar peserta didik. contoh judul ptk agama katolik
1. Pola Pembelajaran Paradigma Pedagogi Reflektif
PPR merupakan singkatan dari paradigma pedagogi reflektif yang termasuk pola pembelajaran Dengan mengintegrasikan pemahaman mengenai berbagai masalah kehidupan dengan pengembangan nilai-nilai kemanusiaan. Pembelajaran ini dirangkum dalam proses terpadu. Pola pembelajaran ini juga meningkatkan kesadaran kepada peserta didik untuk memberikan nilai tersendiri dalam masalah kehidupan. Tentunya Hal ini dilakukan berdasarkan kesadaran dan kehendak dari peserta didik itu sendiri.
2. Penerapan Pembelajaran PPR
Paradigma pedagogi selektif bisa diartikan sebagai pola pikir yang diberikan guru kepada siswa sebagai fasilitator. Maksudnya, guru disini berperan untuk mendampingi siswa dalam berproses melalui cara internalisasi nilai agar peserta didik dapat memahami nilai-nilai kehidupan. Tujuan dari penerapan pembelajaran BPR ini agar guru sebagai fasilitator dapat membangun kepribadian siswa menjadi lebih baik dan tentunya akan berpengaruh dalam pembentukan karakter. Tentunya hal ini mempengaruhi banyak hal pada diri peserta didik.
3. Hasil Belajar
Hasil belajar yang didapatkan dari penerapan pembelajaran paradigma pedagogi reflektif berupa pengetahuan yang sudah dimiliki peserta didik, kemampuan yang semakin bertambah dan proses pembelajaran lebih menyenangkan. Adapun tujuan dari proses pembelajaran ini menyangkut dua aspek yaitu aspek kognitif prestasi belajar peserta didik dan seberapa efektif pada keaktifan belajar peserta didik selama proses berlangsung. Dari sinilah guru dapat memelihara bagaimana perkembangan anak didiknya dengan mudah. penelitian tindakan kelas pak
Pola PAK SD – Pembelajaran PPR ( Paradigma Pedagogi Refleksi ) penerapannya sangatlah penting untuk meningkatkan kemampuan peserta didik, pengetahuan yang dimiliki juga bertambah dan kesadaran pentingnya nilai-nilai kehidupan.