PTK IPS SMP – UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI NEGARA MAJU DAN NEGARA BERKEMBANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) DI KELAS IX
PTK IPS SMP – Negara Maju dan Berkembang merupakan salah satu sub pokok bahasan yang dinilai memiliki materi cukup kompleks. Bab ini akan dipelajari oleh siswa kelas IX SMP khususnya di mata pelajaran Geografi. Selama penyajian, guru bisa membahas mengenai tolak ukur setiap bangsa.
SUB BAB PTK IPS SMP – NEGARA MAJU & BERKEMBANG
Setiap negara di dunia tentu memiliki kultur masing-masing. Hal ini bisa dilihat melalui penggunaan bahasa yang berbeda. Beberapa diantaranya tentu berhasil menunjukkan perkembangan ekonomi secara pesat namun tidak sedikit juga masih berusaha untuk merdeka dari penjajahan bangsa lain. contoh proposal ptk ips smp kurikulum 2013
1. Pengertian dan Karakteristik
Negara dikatakan sudah maju apabila sebagian besar warganya memiliki taraf hidup relatif tinggi. Kehidupan di dalamnya juga terbilang modern baik dari perkembangan teknologi maupun ekonominya. Pembangunan pun dikatakan dilaksanakan secara pesat. Sementara negara berkembang bisa ditujukan kepada pemerintah yang masih belum memiliki SDM cukup. Hal ini menyebabkan pengelolaan sumber daya menjadi kurang optimal sehingga tidak mampu menghasilkan pendapatan per kapita lebih tinggi.
2. Indikator Negara Maju dan Berkembang
Ada beberapa indikator yang bisa mengkategorikan negara dikatakan maju atau berkembang. Satu hal paling utama yakni dapat melihat dari kualitas penduduknya masing-masing. Indikasi ini akan diukur melalui Indeks Pengembangan Manusia atau UNDP. Indikator paling utama yang bisa dilihat adalah gaya hidup warganya. Sementara faktor lainnya sudah menjadi ketetapan dalam menentukannya yaitu tingkat pendidikan, mata pencaharian, pendapatan per kapita, pertumbuhan penduduk, kesehatan, kesempatan kerja dan penguasaan teknologi.
3. Contoh Negara Maju dan Berkembang
Sebagai guru tentu bisa menunjukkan contoh dari negara maju dan berkembang sekaligus memberikan indikator secara nyata. Misalnya di Benua Asia yaitu Jepang, Korea Selatan, Hong Kong, Makau, Singapura, Taiwan, Siprus dan Indonesia. Sementara negara berkembang di Benua Asia adalah Arab Saudi, India, Irak, Laos, Malaysia, Myanmar, Nepal, Thailand, Suriah dan masih banyak lagi lainnya. Beberapa contoh ini bisa menunjukkan perbedaan yang nyata antar keduanya. ptk ips smp word
PTK IPS SMP – Negara Maju dan Berkembang perlu dilakukan secara optimal dalam memberikan pemahaman kepada para peserta didik. Diharapkan jika mereka mampu mengklasifikasikan beberapa bangsa untuk masuk ke dua kelompok tersebut.
PTK ini bersifat hanya REFERENSI saja kami tidak mendukung PLAGIAT, Bagi Anda yang menginginkan FILE PTK IPS SMP K13 TERBARU lengkap dalam bentuk MS WORD SIAP DI EDIT dari BAB 1 - BAB 5 untuk bahan referensi penyusunan laporan PTK dapat (SMS ke 0856-47-106-928 dengan Format PESAN PTK SMP 016 K13).
DOWNLOAD CONTOH PTK IPS SMP - ptk ips smp kelas 8 kurikulum 2013
ptk smp lengkap dengan lampiran, contoh ptk ips smp masa pandemi, ptk kurikulum 2013 smp,p tk ipa smp untuk kenaikan pangkat guru, contoh ptk pembelajaran daring smp, ptk ipa smp masa pandemi, contoh ptk ips smp kurikulum 2013, contoh ptk ips smp.