PTK BK SMP – PENERAPAN TEKHNIK BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS VII MTs N
PTK BK SMP – Teknik Bimbingan Kelompok diketahui memiliki hasil yang beragam pada penelitian sebelumnya. Hal ini didasarkan atas penggunaan metodenya masing-masing di tangan tenaga pendidik. Ada beberapa hal perlu diketahui dalam menerapkan di mata pelajaran Bimbingan Konseling.
HAL PENTING DALAM PTK BK – TEKHNIK BIMBINGAN KELOMPOK
Bimbingan kelompok tidak hanya bisa diterapkan dalam mata pelajaran BK saja melainkan juga bidang materi lainnya. Sementara pengertian, fungsi dan tujuannya pun memiliki pemaknaan yang sama. Terutama apa saja komponen harus ada selama pelaksanaannya.
1. Tujuan Bimbingan Kelompok
Ada beberapa tujuan bimbingan kelompok yang diterapkan dalam pengaplikasiannya di mata pelajaran Bimbingan Konseling. Pertama adalah menunjang perkembangan pribadi sekaligus sosial masing-masing anggota. Kedua, yakni meningkatkan kerja sama antar siswa khususnya pada satu tim. Adanya bimbingan kelompok juga bertujuan untuk merespon kebutuhan dan minat para siswa. Hal ini memang tidak bisa dilakukan secara langsung namun tenaga pengajar diharuskan lebih peka lagi dalam pemilihan topik yang sedang didiskusikan. download penelitian tindakan kelas bimbingan konseling (bk lengkap format word)
2. Fungsi Layanan Bimbingan Kelompok
Ada keuntungan yang diperoleh dalam layanan bimbingan kelompok. Empat fungsi diantaranya yaitu pencegahan, pengentasan, pemeliharaan dan pengembangan. Sementara kegunaan utamanya agar peserta didik mencapai pemahaman materi. Fungsi pemahaman ini diartikan ketika peserta didik mampu memahami apa masalah yang sedang dihadapinya sebelum melakukan konsultasi kepada guru BK. Layanan secara kelompok biasanya mampu mengembangkan keseluruhan pribadi secara berkelanjutan.
3. Komponen Bimbingan Kelompok
Ada beberapa komponen di dalam bimbingan kelompok yang harus ada, diantaranya pemimpin, anggota dan dinamika. Pertama yaitu konselor secara terlatih mampu memberikan praktik konseling dengan profesional kepada anak didiknya. Perlu diingat bahwa tidak semua murid bisa dijadikan sebagai anggota di dalam bimbingan kelompok. Hal ini menjadi tugas para konselor terlebih dahulu agar mampu membentuk individu sedemikian rupa sebelumnya. ptk bimbingan konseling untuk kenaikan pangkat
PTK BK – Teknik Bimbingan Kelompok memiliki beberapa unsur yang perlu diketahui. Hal ini berhubungan dengan keberhasilan pencapaian ke depannya. Tidak bisa dipungkiri jika guru BK sebagai konselor di sekolah memegang peran sangat besar terhadap semua kendala dan masalah tiap murid.