DOWNLOAD CONTOH PTS TERBARU DI MASA PANDEMI - PENINGKATAN DISIPLIN KINERJA GURU MELALUI PENGEMBANGAN BUDAYA SEKOLAH
PTS – Pengembangan budaya di sekolah memiliki arti yang luas. Kebudayaan sendiri bisa diwujudkan dalam tiga wujud yaitu suatu kompleksitas dari ide, gagasan dan nilai. Hal ini dapat diukur berdasarkan karakteristik umum seperti inisiatif individual, toleransi terhadap tindakan, integrasi /kontrol identitas.
UNSUR-UNSUR PTS – PENGEMBANGAN BUDAYA DI SEKOLAH
Selama usaha peningkatan kualitas pendidikan, budaya di sekolah memiliki beberapa unsur khususnya kultur dan nilai-nilai. Sementara pengembangan moral juga ikut berpengaruh dalam hal ini karena mampu meningkatkan semangat peserta didik. pts kenaikan pangkat kepala sekolah
1. Kultur Sekolah
Kultur sekolah terdiri dari beberapa unsur. Pertama yaitu positive culture yang merupakan pelaksanaan kegiatan guna mendukung kualitas pendidikan. Misalnya berupa kerjasama dalam mencapai prestasi dan pemberian penghargaan terhadap siswa berprestasi. Kultur sekolah yang positif ini akan menciptakan suasana belajar lebih mendukung bagi setiap siswa. Terlebih jika kedua belah pihak antar tenaga pengajar dan peserta didik sama-sama kooperatif selama kegiatan pembelajaran.
2. Pengembangan Moral
Nilai-nilai perlu dikembangkan dalam hal moral serta semangat untuk belajar di kalangan peserta didik. Pengembangan kegiatan pembelajaran turut dimaksimalkan guna menciptakan kegiatan positif agar efektif merangsang cara berpikir kreatif, inovatif, aktif dan juga positif. Nilai budaya yang harus dibangun di sekolah berhubungan erat dengan pengembangan moral. Keduanya perlu dilakukan secara beriringan. Beberapa diantaranya seperti kebiasaan hidup bersih, penjagaan etika selama di institusi pendidikan dan kejujuran serta saling menjaga kasih sayang.
3. Pengembangan Budaya di Sekolah
Budaya sekolah diharapkan mampu memperbaiki mutu pendidikan itu sendiri. Kinerja yang ada di dalamnya khususnya mualitas tenaga pendidik pun sudah seharusnya ikut diperbaiki. Lingkungan positif tentu akan menciptakan suasana belajar aktif dan dinamis. Budaya sekolah dianggap sebagai milik kolektif dan merupakan hasil perjalanan sejarah dari semua warga yang ada di dalamnya. Berbagai interaksi antar guru dan siswa akan saling mempengaruhi khususnya selama kegiatan belajar.
PTS – Pengembangan budaya di sekolah memiliki beberapa unsur yang turut dikembangkan. Upaya ini tidak selalu mengenai latar belakang siswa namun juga membahas kebiasaan mereka selama belajar. Bisa dikatakan jika kebudayaan memang mempunyai arti luas sehingga dinilai sangat kompleks. contoh ptk pembelajaran daring smp