PTK BAHASA INDONESIA SMP – PENINGKATAN MINAT BACA SISWA TENTANG FABEL MELALUI MEDIA EBOOK DI KELAS VII A SMP NEGERI
PTK Bahasa Indonesia SMP – Cerita Fabel memberikan pengaruh tersendiri pada setiap siswa dalam mata pelajaran tersebut. Pasalnya amanat kisah tersebut mampu digambarkan menggunakan bentuk hewan sehingga memiliki nilai ketertarikan dibandingkan jenis karangan lainnya.
HAL PENTING DALAM PTK BAHASA INDONESIA SMP – CERITA FABEL
Mata pelajaran Bahasa Indonesia merupakan salah satu materi yang dianggap cukup membosankan bagi sebagian besar siswa. Banyak diantara mereka menilai jika tidak sedikit teori membingungkan di dalamnya namun sulit saat dipraktikkan, termasuk juga pembuatan dan pemahaman cerita fabel.
1. Orientasi
Orientasi merupakan bagian permulaan dalam cerita fabel. Isinya adalah pengenalan tokoh, latar tempat, waktu, tema dan lain sebagainya. Umumnya berada di paragraf awal sehingga memudahkan pembaca untuk mulai mengenali apa maksud kisah tersebut. Para guru bisa mencontohkan untuk pembuatan bagian orientasi secara langsung. Nantinya para siswa juga dapat mempraktikkannya dengan lebih mudah tanpa harus menunggu penjelasan materi fabel berikutnya. contoh proposal ptk bahasa indonesia kurikulum 2013
2. Komplikasi dan Resolusi
Komplikasi merupakan bagian klimaks di dalam cerita fabel yang berisikan mengenai puncak masalah. Tokoh akan mengalami konfliks paling utama dimana menjadi titik menarik bagi pembaca untuk melanjutkan membacanya. Sementara resolusi merupakan bagian lanjutan dari komplikasi yakni menjelaskan bagaimana masalah tersebut diselesaikan. Hal ini juga menjadi salah satu titik menarik untuk membuat pembaca terus melanjutkan membacanya sehingga harus dibuat semenarik mungkin.
3. Koda
Koda merupakan bagian paling terakhir dari cerita fabel. Isinya mengisahkan tentang amanat dan pesan di dalamnya yang bisa diambil oleh pembaca setelah selesai membacanya. Biasanya disampaikan secara langsung ataupun hanya tersirat sehingga harus teliti untuk menganalisanya. Seorang guru tidak hanya memberikan contoh dalam pembuatan cerita fabel saja melainkan juga bisa menerangkan bagaimana mengambil pesan dari kisah tersebut. Biasanya setiap pembaca memiliki referensi berbeda sehingga mereka dapat menyampaikan pendapatnya masing-masing. contoh proposal ptk bahasa indonesia kurikulum 2013
PTK Bahasa Indonesia SMP – Cerita Fabelperlu diutamakan dalam pengenalan struktur penulisannya. Setiap murid harus bisa menganalisa bagian-bagian pada satu kisah secara menyeluruh sekaligus juga cara pembuatannya. Satu hal paling penting yaitu ketika menyusun orientasi dan koda.