PTK MATEMATIKA SMA K13 – MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI MATRIX MELALUI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW PADA KELAS XI IPA 1 SMA N ...
PTK MATEMATIKA SMA K13 – Pembelajaran matrix dapat dilakukan dengan berbagai metode. Salah satunya yakni model penemuan terbimbing pada peserta didik. Sementara mata pelajaran ini banyak dianggap sebagai momok bagi kebanyakan siswa sehingga perlu diperhatikan kegiatan belajarnya
PTK MATEMATIKA K13 – PEMBELAJARAN MATRIX METODE PENEMUAN TERBIMBING
Salah satu metode pengajaran dinilai efektif untuk merangsang kreativitas dan kepercayaan setiap siswa adalah penemuan terbimbing. Sistem ini akan memberikan kesempatan bagi peserta didik dalam menemukan solusi sendiri dari permasalahan yang diberikan oleh masing-masing guru. ptk matematika sma untuk kenaikan pangkat
1. Siklus 1
Perubahan tingkat keaktifan setiap siswa dalam fase ini bisa dilihat dari lembar kerja mereka. Siklus 1 yang dilaksanakan selama dua kali pertemuan menunjukkan bahwa penerapan metode penemuan terbimbing efektif untuk membuat peserta didik menjadi lebih aktif. Keaktifan peserta didik bisa dilihat melalui antusiasme mereka dalam mendengarkan materi pembelajaran matriks. Diskusi dan tanya jawab yang dilakukan setelahnya juga dinilai bisa diikuti oleh siswa secara lebih aktif. Terlebih jika beberapa diantaranya berhasil menjawab dari pertanyaan.
2. Siklus 2
Siklus 2 dilakukan setelah 2 pertemuan sebelumnya. Keaktifan setiap peserta didik dilihat dari hasil kerja mereka untuk mempresentasikan tugasnya di depan teman-teman. Cara seperti ini secara tidak langsung akan membuat mereka mempelajari materi matriks sebelum menyajikannya. Kemampuan kelompok lain dalam memberikan tanggapan, kritik maupun pertanyaan juga dinilai semakin beragam. Semakin sering presentasi tim dilakukan, tentunya sesi diskusi juga kian bervariasi dilaksanakan.
3. Efektivitas Metode Penemuan Terbimbing
Pelaksanaan penemuan terbimbing dalam menyajikan materi pembelajaran matriks dinilai efektif untuk meningkatkan keaktifan setiap siswa. Hal ini bisa dilihat mulai dari kemampuan dalam menjawab maupun mengajukan pertanyaan baik kepada guru maupun antar kelompok. Pengetahuan awal setiap peserta didik juga dipengaruhi oleh model pembelajaran yang digunakan. Metode penemuan terbimbing dinilai memang efektif untuk dilakukan pada materi Matematika Matriks asalkan direncanakan secara matang sebelumnya. ptk sma kurikulum 2013
PTK Matematika K13 – Pembelajaran matrix perlu dilakukan dalam berbagai metode. Pasalnya materi satu ini dinilai cukup rumit sehingga membutuhkan banyak model kegiatan belajar mengajar agar dinilai lebih bervariasi. Cara seperti ini mampu membuat peserta didik tidak mudah merasa bosan.