Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

PTK BAHASA INDONESIA SD - IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TYPE STAD DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA

PTK BAHASA INDONESIA SD – Pembelajaran Cooperative Learning merupakan model belajar mengajar yang menggunakan sistem kelompok kecil dengan empat sampai enam siswa di dalamnya. Mereka memiliki latar belakang berbeda mulai dari jenis kelaman, agama, ras dan suku. 

UNSUR-UNSUR DI DALAM PTK BAHASA INDONESIA – PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING

Sistem penilaian dalam model pembelajaran cooperative learning dilakukan berdasarkan pencapaian kelompok. Hal seperti ini menyebabkan seluruh anggota akan saling bergantung satu sama lain sehingga tidak bisa berdiri sendiri. Ada beberapa unsur-unsur untuk menerapkannya, antara lain: 

1. Ketergantungan Positif 

Selama pembelajaran dengan model cooperative learning, guru akan menciptakan suasana belajar yang saling membutuhkan satu sama lain. Hal ini dicapai melalui pembentukan kelompok dimana semua anggota tim di dalamnya mendapatkan skor yang serupa. Hubungan saling membutuhkan ini dianggap sebagai ketergantungan positif. Semua anggota kelompok akan bersama-sama dalam mencapai tujuan, menyelesaikan tugas, mencari bahan dan sumber pembelajaran sehingga sama-sama memiliki peran. contoh ptk bahasa indonesia tentang menulis

2. Interaksi Antar Siswa 

Interaksi antar siswa ini akan menuntut mereka saling berkomunikasi. Tidak hanya dengan cara tatap muka secara langsung saja melainkan melalui berbagai media. Misalnya kondisi seperti ini yang memaksa para murid untuk berinteraksi menggunakan saluran online. Hal seperti ini membuat mereka akhirnya saling berdiskusi sehingga tidak hanya melakukannya dengan guru saja. Interaksi semacam ini akan menimbulkan rasa saling membutuhkan antar sesama untuk memahami suatu materi. 

3. Akuntabilitas Individual 

Pembelajaran yang dilakukan secara cooperative learning secara tidak langsung akan menampilkan wujudnya dengan membentuk tim belajar. Sistem penilaian akan dilakukan guna mengetahui tingkat pemahaman antar siswa.Hasil penilaian dilakukan secara individual akan disampaikan oleh guru di depan mereka semua. Penyampaian seperti ini diharapkan agar teman-teman lain di dalam satu kelompok mampu membantu siswa lain yang kurang memahami materi. Lagi-lagi, cara ini menimbulkan sifat saling membutuhkan. contoh ptk sd kelas 1 bahasa indonesia kurikulum 2013

PTK Bahasa Indonesia – Pembelajaran Cooperative Learning memberikan banyak sisi positif bagi siswa. Salah satunya yaitu membentuk rasa saling membutuhkan dan membantu antar sesama. Secara tidak langsung, hal seperti ini akan berdampak baik untuk mereka di usia dewasa nantinya. 

CONTOH PTK BAHASA INDONESIA SD - METODE COOPERATIVE LEARNING

PTK ini bersifat hanya REFERENSI saja kami tidak mendukung PLAGIAT, Bagi Anda yang menginginkan FILE PTK K13 BAHASA INDONESIA SD TERBARU lengkap dalam bentuk MS WORD SIAP DI EDIT dari BAB 1 - BAB 5 untuk bahan referensi penyusunan laporan PTK dapat (SMS ke 0856-47-106-928 dengan Format PESAN PTK 012 SD K13 ).





ptk sd kelas 3 bahasa indonesia pdf, contoh ptk bahasa indonesia pdf, contoh ptk sd kelas 4 bahasa indonesia, ptk kelas 1 sd lengkap, download ptk sd kelas 4 bahasa indonesia, contoh judul ptk bahasa indonesia kelas 1 sd, laporan ptk bahasa indonesia sd, contoh ptk kelas 5 sd mata pelajaran bahasa indonesia, contoh ptk pembelajaran daring di sd, ptk pembelajaran daring kelas 1 sd,ptk pembelajaran daring pdf, contoh ptk pembelajaran daring kelas 3 sd, ptk bahasa indonesia untuk naik pangkat,
ptk sd kelas 5 daring, ptk bahasa indonesia smp masa pandemi.