PTK BAHASA INDONESIA SD - IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TYPE STAD DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA
PTK BAHASA INDONESIA SD – Pembelajaran Cooperative Learning merupakan model belajar mengajar yang menggunakan sistem kelompok kecil dengan empat sampai enam siswa di dalamnya. Mereka memiliki latar belakang berbeda mulai dari jenis kelaman, agama, ras dan suku.
UNSUR-UNSUR DI DALAM PTK BAHASA INDONESIA – PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING
Sistem penilaian dalam model pembelajaran cooperative learning dilakukan berdasarkan pencapaian kelompok. Hal seperti ini menyebabkan seluruh anggota akan saling bergantung satu sama lain sehingga tidak bisa berdiri sendiri. Ada beberapa unsur-unsur untuk menerapkannya, antara lain:
1. Ketergantungan Positif
Selama pembelajaran dengan model cooperative learning, guru akan menciptakan suasana belajar yang saling membutuhkan satu sama lain. Hal ini dicapai melalui pembentukan kelompok dimana semua anggota tim di dalamnya mendapatkan skor yang serupa. Hubungan saling membutuhkan ini dianggap sebagai ketergantungan positif. Semua anggota kelompok akan bersama-sama dalam mencapai tujuan, menyelesaikan tugas, mencari bahan dan sumber pembelajaran sehingga sama-sama memiliki peran. contoh ptk bahasa indonesia tentang menulis
2. Interaksi Antar Siswa
Interaksi antar siswa ini akan menuntut mereka saling berkomunikasi. Tidak hanya dengan cara tatap muka secara langsung saja melainkan melalui berbagai media. Misalnya kondisi seperti ini yang memaksa para murid untuk berinteraksi menggunakan saluran online. Hal seperti ini membuat mereka akhirnya saling berdiskusi sehingga tidak hanya melakukannya dengan guru saja. Interaksi semacam ini akan menimbulkan rasa saling membutuhkan antar sesama untuk memahami suatu materi.
3. Akuntabilitas Individual
Pembelajaran yang dilakukan secara cooperative learning secara tidak langsung akan menampilkan wujudnya dengan membentuk tim belajar. Sistem penilaian akan dilakukan guna mengetahui tingkat pemahaman antar siswa.Hasil penilaian dilakukan secara individual akan disampaikan oleh guru di depan mereka semua. Penyampaian seperti ini diharapkan agar teman-teman lain di dalam satu kelompok mampu membantu siswa lain yang kurang memahami materi. Lagi-lagi, cara ini menimbulkan sifat saling membutuhkan. contoh ptk sd kelas 1 bahasa indonesia kurikulum 2013
PTK Bahasa Indonesia – Pembelajaran Cooperative Learning memberikan banyak sisi positif bagi siswa. Salah satunya yaitu membentuk rasa saling membutuhkan dan membantu antar sesama. Secara tidak langsung, hal seperti ini akan berdampak baik untuk mereka di usia dewasa nantinya.