Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

PTK PKN SD – PENGGUNAAN METODE SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn MATERI KEBERAGAMAN EKONOMI DI KELAS VI SD NEGERI

PTK PKN SD – Keaktifan belajar siswa perlu diaktifkan karena beberapa penelitian menunjukkan bahwa peran mereka dalam kegiatan belajar mengajar dikatakan belum optimal. Sebagai subjek yang seharusnya menerima materi pelajaran dengan baik, nyatanya hanya melakukannya sebagai rutinitas.

BEBERAPA PEMBAHASAN TENTANG PTK PKN SD – KEAKTIFAN BELAJAR SISWA

Seharusnya kegiatan belajar siswa dilakukakn dengan menanamkan pengetahuan secara simpel dan sederhana. Sayangnya hal seperti ini belum saja diterapkan karena terlalu banyaknya materi yang harus disampaikan. Belum lagi kurangnya tenaga pendidik secara merata di Indonesia. ptk pkn sd kelas 5

1. Penerapan Berbagai Model Keaktifan Belajar
Ada beberapa penerapan model keaktifan belajar yang dapat dilakukan. Salah satunya kooperatif tipe TFT dimana dilaksanakan sebanyak dua siklus selama lima belas kali pertemuan. Pelaksanaan ini mencakup langkah-langkah yaitu pra pembelajaran, awal, inti dan akhir.  Kegiatan pra pembelajaran merupakan pembukaan proses belajar dengan salam dan pengecekan kehadiran siswa. Langkah awal bisa dilakukan ketika guru memberikan motivasi dan tujuan kelas. Sementara inti yaitu penyajian materi, belajar kelompok hingga perlombaan antar tim.

2. Keaktifan Belajar Siswa
Keaktifan belajar siswa diketahui masih rendah dalam beberapa kelas. Hal ini bisa dipahami ketika banyak peneliti mengetahui bahwa sesi tanya jawab selama kegiatan pembelajaran nyatanya dinilai belum optimal.  Sebenarnya sesi tanya jawab dan diskusi yang dilakukan bertujuan untuk mengurangi momen membosankan selama pembelajaran. Hal ini juga diharapkan mampu mencapai tujuan kegiatan belajar mengajar.

3. Hasil Belajar Siswa
Nilai keaktifan bisa diketahui secara jelas melalui hasil belajar siswa. Model pembelajaran yang diterapkan akan berpengaruh paling besar dalam menentukan apakah tujuan kegiatan belajar mengajar benar-benar tercapai atau belum.  Adanya peningkatan hasil belajar bisa disebabkan karena siswa mampu mengikuti tahapan pembelajaran secara kooperatif. Tidak hanya itu saja, mereka yang terbukti aktif dalam sesi diskusi dan tanya jawab dinilai efektif lebih memahami materi dari guru.

PTK PKN SD – Keaktifan belajar siswa di Indonesia dinilai masih rendah. Belum lagi dengan banyaknya model kegiatan belajar mengajar seperti saat ini selama daring dilakukan. Hal ini tentunya tidak hanya menuntut guru dan tenaga pendidik saja, namun para pelajar juga dituntut berperan aktif. proposal ptk pkn sd

CONTOH PTK PKN PENGGUNAAN METODE SOSIODRAMA

PTK ini bersifat hanya REFERENSI saja kami tidak mendukung PLAGIAT, Bagi Anda yang menginginkan FILE PTK PKN SD TERBARU lengkap dalam bentuk MS WORD SIAP DI EDIT dari BAB 1 - BAB 5 untuk bahan referensi penyusunan laporan PTK dapat (SMS ke 0856-47-106-928 dengan Format PESAN PTK SD 011 K13 ).



ptk pkn smp untuk kenaikan pangkat, ptk pkn smp kelas 8 kurikulum 2013, download ptk pkn smp kelas 8, ptk pkn smp kelas 7 8 9 pdf, ptk pkn smp kurikulum 2013 doc, ptk pkn jadi, ptk pkn masa pandemi, contoh ptk pkn smp kelas 7, ptk pkn daring, ptk smp lengkap dengan lampiran.