PTK K13 BAHASA INDNESIA SMA - PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN COOPERATIVE TEACHING AND LEARNING METHODE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS TEKS HASIL OBSERVASI DI KELAS X MAN
PTK K13 BAHASA INDNESIA SMA - Sekarang ini banyak tenaga pendidik yang mengeluhkan kesulitan dalam membuat PTK Bahasa Indonesia SMA – menulis teks. Setelah ditinjau kembali, hal itu salah satunya disebabkan karena rendahnya minat siswa sekolah menengah atas terhadap mata pelajaran tersebut.
MODEL PEMBELAJARAN PTK MENULIS TEKS
Untuk meningkatkan kemampuan para siswa sekolah menengah atas dalam menyampaikan gagasan atau pesan melalui PTK Bahasa Indonesia SMA – menulis teks. Maka cara yang dapat dilakukan guru yakni mencari model pembelajaran yang tepat dan efektif agar dikembangkan dalam penelitian. contoh proposal ptk bahasa indonesia kurikulum 2013
1. Model Pembelajaran Pair Check
Demi meningkatkan kemampuan para siswa SMA untuk menulis teks, guru dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif pair check. Metode ini dapat dilakukan dengan cara membentuk kelompok yang terdiri dari dua orang atau sepasang.
Model pembelajaran pair check cukup efektif karena mendorong kemampuan dan kemandirian siswa dalam menyelesaikan tugas yang diberikan. Selain itu, guru juga dapat memilih metode tersebut dengan mempertimbangkan kelebihannya, yakni seperti:
- Siswa menjadi lebih aktif dalam proses belajar mengajar di kelas karena dipandu oleh teman secara berpasangan
- Mendorong kemampuan siswa untuk saling menjalin kerjasama antara sesama teman sekelas
- Menciptakan suasana yang berbeda sehingga proses pembelajaran di kelas menjadi lebih menarik dan menyenangkan
- Melatih kemampuan berkomunikasi siswa
- Meningkatkan antusias siswa untuk menunjukkan hasil karyanya
- Memotivasi siswa supaya lebih percaya diri
2. Model Pembelajaran Pailkem
Untuk mengasah dan meningkatkan kemampuan menulis teks, maka siswa harus aktif selama proses belajar mengajar di kelas. Maka dari itu, guru dapat memilih model pembelajaran Pailkem. Pasalnya, metode kooperatif tersebut dapat mendorong keaktifan para peserta didik.
Dengan model pembelajaran Pailkem tersebut, siswa dapat lebih aktif selama proses belajar mengajar caranya melalui sistem kerjasama kelompok. Bukan hanya itu, teknik itu juga dapat memotivasi dan mendorong rasa percaya diri untuk mengemukakan pendapat di depan umum. contoh ptk bahasa inggris sma kurikulum 2013 pdf
Demikianlah ulasan singkat mengenai model pembelajaran efektif yang dapat diangkat dalam PTK mata pelajaran Bahasa Indonesia SMA – menulis teks. Semoga informasi di atas bisa menambah pengetahuan dan menjadi sumber referensi untuk membuat karya tulis ilmiah khususnya bagi para guru.