Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

PTK K13 BAHASA INDNESIA SMA - PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN COOPERATIVE TEACHING AND LEARNING METHODE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS TEKS HASIL OBSERVASI DI KELAS X MAN

PTK K13 BAHASA INDNESIA SMA - Sekarang ini banyak tenaga pendidik yang mengeluhkan kesulitan dalam membuat PTK Bahasa Indonesia SMA – menulis teks. Setelah ditinjau kembali, hal itu salah satunya disebabkan karena rendahnya minat siswa sekolah menengah atas terhadap mata pelajaran tersebut.

MODEL PEMBELAJARAN PTK MENULIS TEKS

Untuk meningkatkan kemampuan para siswa sekolah menengah atas dalam menyampaikan gagasan atau pesan melalui PTK Bahasa Indonesia SMA – menulis teks.  Maka cara yang dapat dilakukan guru yakni mencari model pembelajaran yang tepat dan efektif agar dikembangkan dalam penelitian. contoh proposal ptk bahasa indonesia kurikulum 2013

1. Model Pembelajaran Pair Check

Demi meningkatkan kemampuan para siswa SMA untuk menulis teks, guru dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif pair check. Metode ini dapat dilakukan dengan cara membentuk kelompok yang terdiri dari dua orang atau sepasang.

Model pembelajaran pair check cukup efektif karena mendorong kemampuan dan kemandirian siswa dalam menyelesaikan tugas yang diberikan.  Selain itu, guru juga dapat memilih metode tersebut dengan mempertimbangkan kelebihannya, yakni seperti:

  • Siswa menjadi lebih aktif dalam proses belajar mengajar di kelas karena dipandu oleh teman secara berpasangan
  • Mendorong kemampuan siswa untuk saling menjalin kerjasama antara sesama teman sekelas
  • Menciptakan suasana yang berbeda sehingga proses pembelajaran di kelas menjadi lebih menarik dan menyenangkan
  • Melatih kemampuan berkomunikasi siswa
  • Meningkatkan antusias siswa untuk menunjukkan hasil karyanya
  • Memotivasi siswa supaya lebih percaya diri

2. Model Pembelajaran Pailkem

Untuk mengasah dan meningkatkan kemampuan menulis teks, maka siswa harus aktif selama proses belajar mengajar di kelas. Maka dari itu, guru dapat memilih model pembelajaran Pailkem. Pasalnya, metode kooperatif tersebut dapat mendorong keaktifan para peserta didik.

Dengan model pembelajaran Pailkem tersebut, siswa dapat lebih aktif selama proses belajar mengajar caranya melalui sistem kerjasama kelompok. Bukan hanya itu, teknik itu juga dapat memotivasi dan mendorong rasa percaya diri untuk mengemukakan pendapat di depan umum. contoh ptk bahasa inggris sma kurikulum 2013 pdf

Demikianlah ulasan singkat mengenai model pembelajaran efektif yang dapat diangkat dalam PTK mata pelajaran Bahasa Indonesia SMA – menulis teks. Semoga informasi di atas bisa menambah pengetahuan dan menjadi sumber referensi untuk membuat karya tulis ilmiah khususnya bagi para guru.

PTK ini bersifat hanya REFERENSI saja kami tidak mendukung PLAGIAT, Bagi Anda yang menginginkan FILE PTK BAHASA INDONESIA SMA lengkap dalam bentuk MS WORD SIAP DI EDIT dari BAB 1 - BAB 5 untuk bahan referensi penyusunan laporan PTK dapat (SMS ke 0856-47-106-928 dengan Format PESAN PTK SMA 003 K13).


CONTOH PTK BAHASA NDONESIA SMA - PTK K13 SMA 003




ptk bahasa indonesia sma lengkap, ptk bahasa indonesia sma daring, ptk bahasa indonesia sma kelas xi pdf, ptk bahasa indonesia sma untuk kenaikan pangkat, ptk bahasa indonesia sma kelas xii doc, contoh ptk bahasa indonesia tentang menulis, contoh ptk pembelajaran daring sma bahasa indonesia, contoh proposal ptk bahasa indonesia kurikulum 2013 doc, contoh ptk bahasa indonesia.