PTK AKHIDAH AKHLAK MTs - MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING (BELAJAR TUNTAS) DI KELAS VII-A MTS
PTK AKHIDAH AKHLAK MTs - Penyusunan Penelitian Tindakan Kelas mata pelajaran agama seperti halnya PTK aqidah akhlak metode mastery learning ternyata lebih sulit daripada rumpun studi umum. Hal ini terjadi karena kurangnya referensi bagi guru terkait dengan teori, buku, jurnal, dan lain-lain semacamnya.
KARAKTERISTIK MASTERY LEARNING
Sebelum menyusun PTK aqidah akhlak metode mastery learning, maka Anda harus paham terlebih dahulu dengan hal tersebut. Ini sebenarnya sudah umum digunakan, tetapi mayoritas guru belum menyadarinya sehingga masih kaku dalam penggunaannya. ptk aqidah akhlak mts kelas ix
1. Mengedepankan Cara Belajar Tuntas
Karakteristik yang pertama dan utama dari mastery learning yakni adanya sistem belajar tuntas. Maksud dari hal tersebut yaitu siswa memang benar-benar dididik mulai dari mereka belum mengetahui apa-apa hingga telah berprestasi dalam berbagai mata pelajaran. Untuk mata pelajaran aqidah akhlak, implikasi dari penerapan metode ini yakni siswa benar-benar paham terhadap konsep pembelajaran mulai dari yang paling sederhana hingga mereka bisa mengamalkan nilai-nilai itu dalam kehidupan sehari-hari. Prosesnya memang lama, tetapi hasilnya sudah pasti juara.
2. Menghasilkan Peserta Didik yang Berkarakter
Selain mengedepankan belajar tuntas, metode ini juga bertujuan untuk menghasilkan siswa yang mempunyai karakter baik dari segi etika dan lain-lain sebagainya. Maka dari itu, dalam penerapannya saat pembelajaran, guru harus bisa benar-benar menjadi suri tauladan. download ptk mts
Di sini, permasalahannya adalah banyak guru yang belum bisa menerapkan metodenya secara keseluruhan karena berbagai latar belakang penyebab seperti halnya:
- Dalam satu rombongan belajar siswa memiliki karakter yang berbeda-beda sehingga treatment pengajarannya tidak bisa disamakan menggunakan satu metode saja
- Jumlah siswa yang tergabung dalam satu kelas terlalu banyak
- Metode mastery learning tidak dapat berjalan dengan baik dikarenakan lingkungan sekolah tidak mendukung
- Kurangnya pelatihan serta fasilitas bagi guru untuk menerapkan mastery learning mata pelajaran akidah akhlak
Kiranya demikianlah pembahasan yang dapat disampaikan tentang PTK aqidah akhlak metode mastery learning pada ulasan artikel edisi ini. Semoga dengan membaca informasi tersebut baik para guru agama senior dan junior bisa menghasilkan Penelitian Tindakan Kelas secara mudah serta mumpuni.
