PTK BAHASA INDONESIA SMP - UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA BERBICARA BAHASA INDONESIA SELAMA KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI
PTK BAHASA INDONESIA SMP - Pernahkah Anda mendengar bahwa ada seorang guru yang menyusun PTK Bahasa Indonesia materi berbicara? Mungkin mayoritas akan menjawab tidak karena hal tersebut jarang sekali terjadi. Pokok bahasan ini kurang diminati untuk diteliti karena aspek-aspeknya banyak dan rumit.
TUJUAN UTAMA PENULISAN PTK MATERI BERBICARA
Penulisan PTK Bahasa Indonesia materi berbicara bukanlah tanpa tujuan. Penelitian ini dilakukan untuk suatu arahan tertentu dalam dunia pendidikan. Spesifiknya, kegiatan tersebut mempunyai orientasi utama dalam menyelesaikan berbagai permasalahan belajar peserta didik.
1. Menemukan Penyebab Ketidakpercayaan Diri Siswa Saat Berbicara
Dalam berbicara, tentu saja rasa percaya diri menjadi hal yang paling diperhitungkan setelah kontennya. Namun, sayangnya banyak siswa kehilangan confident mereka ketika sudah tampil di depan kelas saat guru meminta melakukan praktik. Jika problem ini dibiarkan begitu saja, maka bukan tidak mungkin bahwa para siswa tidak berani melakukan public speaking di depan khalayak ramai nantinya. contoh ptk bahasa indonesia smp
2. Menemukan Metode Pembelajaran yang Tepat
Sukses atau tidaknya pembelajaran materi berbicara dalam Bahasa Indonesia bisa jadi juga ditentukan oleh Metode pembelajaran yang digunakan oleh guru. Jika hal tersebut sesuai, maka semangat dan prestasi siswa pun akan meningkat dari hari ke hari. Masalahnya, selama ini guru juga masih bingung tentang metode pembelajaran apa yang paling tepat digunakan dalam materi berbicara mata pelajaran Bahasa Indonesia. Oleh karenanya, Penelitian Tindakan Kelas akan memberikan andil besar terhadap permasalahan tersebut.
3. Menyelidiki Media Pembelajaran yang Tepat untuk Materi Berbicara
Tujuan terakhir dari disusunnya materi Penelitian Tindakan Kelas mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan pokok bahasan berbicara adalah untuk menemukan media pembelajaran terbaik. Ini sangat diperlukan seorang guru dalam rangka menciptakan pembelajaran efektif serta menyenangkan. Diharapkan hasil dari PTK tersebut dapat dijadikan acuan oleh guru untuk mengambil berbagai macam langkah. Mereka dapat menentukan media pembelajaran secara tepat sesuai dengan kondisi dari masing-masing siswa. jurnal ptk bahasa indonesia smp
Demikianlah ulasan gamblang yang dapat disampaikan mengenai PTK Bahasa Indonesia materi berbicara. Kiranya hal tersebut bisa diambil manfaatnya oleh para guru dimanapun berada.
