Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

PTK BAHASA INGGRIS SMP - MENINGKATKAN KETRAMPILAN SPEAKING SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DENGAN TEKNIK PERMAINAN TERKA GAMBAR BERKELOMPOK PADA SISWA KELAS IX SMP

PTK BAHASA INGGRIS SMP -  Keterampilan Speaking dilakukan untuk mengetahui potensi suatu metode terhadap peningkatan kemampuan berbicara bahasa Internasional ini. Sehigga siswa dapat lebih lancar berkomunikasi dan mudah menerapkannya dengan teman sekelas.

TEKNIK PTK BAHASA INGGRIS UNTUK KETRAMPILAN SPEAKING

Mempelajari cara speaking secara benar memang sangatlah penting, karena hal ini lebih dibutuhkan untuk berkomunikasi.Maka dari itu pemahaman dan pengucapan harus tepat agar pesan dapat tersampaikan dengan sempurna. Berikut ini beberapa tekniknya:

1. Interview

Teknik ini diawali dengan membuat pertanyaan dulu sebelum melakukan interview. Siswa dapat mengembangkan kemampuan speaking mereka dari hasil pemikiran yang telah ditentukan temanya agar lebih terarah dan teratur. Dengan teknik ini, siswa dapat mencoba berlatih berbicara menggunakan intonasi dan pengucapan yang benar. Hal ini tidak hanya dilakukan bersama temannya saja tapi juga orang terdekat, jadi mereka akan terus bersosialisasi untuk meningkatkan speaking skillnya. download ptk bahasa inggris smp kelas 9

2. Diskusi

Diskusi merupakan teknik yang membutuhkan suatu komunikasi antar siswa sehingga memperoleh  suatu keputusan terbaik dari suatu permasalahan. Tema ditentukan terlebih dahulu agar dapat lebih fokus dan terarah. Pada teknik ini, dalam satu kelas dapat dibentuk beberapa kelompok yang memiliki tema masing-masing dan nanti akan menyampaikannya secara langsung hasil diskusi menggunakan bahasa inggris. Maka dengan begitu otomatis akan melatih speaking skill seluruh siswa.

3. Story Telling

Pada teknik ini siswa diwajibkan dapat menceritakan kembali suatu dongeng menggunakan bahasa inggris secara benar.Sehingga otomatis bisa mengembangkan vocabulary karena nantinya akan banyak menemukan berbagai macam kata baru. Pemikiran kreatif juga sangat dibutuhkan dalam hal ini, karena diperlukan ide-ide dalam mengembangkan cerita yang dibaca menggunakan bahasa sendiri. Jadi siswa dapat berlatih speaking skill sehingga penyampaiannya dapat diterima oleh pendengar.

4. Role Play

Role play merupakan permainan yang dilakukan oleh 2 siswa atau lebih dengan mengangkat sebuah tema kemudian dibuat sebuah percakapan. Masing-masing memiliki peran berbeda sehingga mereka harus berlaku sesuai skenario. Role play ini bisa disebut bermain peran. Jadi siswa harus mempersiapkan skenario cerita sesuai tema yang ditentukan lebih dulu. Kemudian berlatih percakapan menggunakan bahasa inggris dengan teman sekelompok untuk melancarkan cara berkomunikasi.

Demikianlah beberapa cara PTK bahasa Inggris untuk keterampilan speaking yang bisa dijalankan. Salah satunya untuk mengetahui seberapa potensinya suatu metode dalam meningkatkan kemampuan conversation siswa.

CONTOH LENGKAP PTK BAHASA INGGRIS SMP KELAS IX

Penelitian yang dilakukan ini adalah penelitian tindakan kelas tentang permainan terka gambar yang dilakukan secara berkelompok untuk meningkatkan ketrampilan berbicara siswa pada siswa kelas IX SMP.
Jenis metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus tindakan, dan di setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP yang berjumlah 45 siswa, yang terdiri dari 20 laki-laki dan 25 perempuan. Teknik analisa data menggunakan deskripsi kuantitatif, yaitu dengan melihat hasil pengamatan dan refleksi tentang peningkatan aktivitas belajar siswa berupa penilaian ketrampilan bicara siswa yang memenuhi indikator ketrampilan berbicara pada tahap pra siklus, siklus 1 dan siklus 2.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap pra siklus, jumlah siswa yang nilainya memenuhi indikator hanya 18 siswa. Setelah dilakukan siklus 1, jumlah siswa yang nilainya memenuhi indikator ketrampilan berbicara meningkat menjadi 22. Kemudian setelah dilakukan siklus 2, terjadi peningkatan siswa yang nilainya memenuhi indikator menjadi 35 dari 45 siswa. ptk bahasa inggris smp k13
Oleh karena itu, hasil penelitian ini menerima dan membuktikan kebenaran hipotesis yang menyatakan bahwa pembelajaran dengan menerapkan permainan terka gambar dengan berkelompok dapat meningkatkan ketrampilan berbicara siswa
Kemudian berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat juga diajukan saran-saran sebagai berikut:
1. Untuk siswa, keterampilan berbicara yang sudah diperoleh hendaknyadipertahankan atau lebih ditingkatkan lagi.
2. Untuk guru, perubahan yang baik ini hendaknya terus dikembangkan danpenerapan pendekatan, metode, dan teknik yang tepat dapat terus dipertahankan.
Untuk sekolah, kiranya sekolah dapat memberi kesempatan untuk peningkatanketerampilan berbicara para siswanya secara lebih intensif.



download ptk bahasa inggris smp kelas 7, download ptk bahasa inggris sd, ptk bahasa inggris masa pandemi, ptk bahasa inggris smp lengkap dengan lampiran, ptk bahasa inggris smp kelas 8 kurikulum 2013, download ptk bahasa inggris smp kelas 9, contoh ptk bahasa inggris, ptk bahasa inggris smp untuk kenaikan pangkat, ptk smp lengkap dengan lampiran.