Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

PTK BAHASA INDONESIA SMP - PENINGKATAN KEMAMPUAN REDUPLIKASI DALAM KARANGAN NARASI DENGAN METODE TUGAS INDIVIDU PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA SISWA KELAS 8 SMP N

PTK BAHASA INDONESIA SMP - Proses peningkatan kemampuan siswa dalam hal mengarang tentu tidak mudah, perlu tindakan khusus agar proses pembelajaran di kelas dapat menjadi lebih baik. Oleh karenanya guru bisa melakukan PTK Bahasa Indonesia membuat karangan.

4 TAHAPAN PTK BAHASA INDONESIA MEMBUAT KARANGAN

Mengarang tentu sebuah bukan perkara mudah untuk dilakukan setiap anak. Untuk itu guru perlu melakukan bebapa upaya dalam meningkatkan kemampuan mereka melalui penelitian tindakan kelas. Tahap dari PTK diantaranya yaitu :

1. Tahap Perencanaan (Planning)

Sebelum melakukan penelitian tindakan kelas untuk menambah kemampuan siswa dalam mata pelajaran bahasa Indonesia terutama dalam materi karangan. Guru perlu melakukan proses perencanaan terhadap apa yang akan dilakukan ke depannya. Perencanaan merupakan tahap paling penting ketika seorang guru atau siapapun itu ketika akan melakukan penelitian. Pada proses ini yang peneliti lakukan yaitu menyusun perencanaan mulai dari identifikasi masalah hingga kemungkinan adanya perbaikan.

2. Tahap Melakukan Tindakan (Action)

Dalam upaya meningkatkan kemampuan siswa membuat karangan melalui PTK guru harus mampu menemukan metode yang tepat. Ini agar bisa mengatasi kesulitan-kesulitan yang selama ini dialami oleh peserta didiknya. Pada tahap kedua yaitu melakukan tindakan, seorang peneliti harus bersikap layaknya seperti guru yang memberikan pembelajaran kepada siswa di sekolah. Dengan menggunakan metode ataupun skenario belajar yang telah ditetapkan pada proses perencanaan. ptk bahasa indonesia smp kelas 8 pdf

3. Tahap Pengamatan (Observation)

Setelah memberikan bentuk metode belajar yang baru melalui PTK Bahasa Indonesia membuat karangan guru kemudian melakukan pengataman. Setelah melakukan tahap kedua yakni tindakan tadi, seorang peneliti harus mampu mengamati setiap individu siswa. Apakah mereka bisa merespon skenario pembelajaran yang telah dibuat. Bagian ini juga sangat penting dilakukan untuk mengetahui hasil dari proses penelitian.

4. Tahap Refleksi (Reflection)

Dengan adanya proses pengamatan hasil dari penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh guru dalam upaya meningkatkan kemampuan siswa membuat karangan untuk materi bahasa indonesia, hasil dari PTK ini dapat dilihat. Ketika dirasa masih terdapat banyak kekurangan dalam proses pelaksanaan skenario belajar, maka tahap ini ada untuk melakukan perbaikan pada pembelajaran tersebut. Kemudian mencari solusi terbaik. contoh ptk bahasa indonesia smp tentang cerpen

Jadi itu tadi sedikit penjabaran menganai prosedur atau tahapan yang perlu dilakukan saat sedang melakukan PTK Bahasa Indonesia membuat karangan. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan.

PTK SMP 48


ptk bahasa indonesia smp kelas 9 kurikulum 2013, contoh ptk bahasa indonesia smp kelas 8 kurikulum 2013, ptk bahasa indonesia smp kelas 7, contoh ptk bahasa indonesia tentang menulis, ptk bahasa indonesia smp kelas 8 pdf, ptk bahasa indonesia untuk naik pangkat, ptk bahasa indonesia smp masa pandemi, contoh ptk bahasa indonesia smp kelas 8 di masa pandemi.