PTK AQIDAH AKHLAK MTSN - PELAKSANAAN METODE COOPERATIVE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS VIII
PTK AQIDAH AKHLAK MTSN - Menulis PTK metode cooperative untuk mata pelajaran aqidah akhlak sangat diperlukan. Di era ini, siswa harus mampu bekerja sama dengan teman mereka ketika menyelesaikan berbagai macam persoalan. Oleh sebab itu, diskusi dan saling bertukar ide menjadi sebuah hal penting dalam mengembangkan pemikiran.
KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN PTK COOPERATIVE LEARNING
Jika dianalisis lebih lanjut, maka metode pengajaran cooperative learning memiliki banyak keuntungan jika diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar aqidah akhlak. Hal ini tentu harus diujicobakan terlebih dahulu oleh guru melalui pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas. judul ptk aqidah akhlak
1. Siswa Semakin Aktif
Keuntungan pertama yang akan didapatkan dari metode cooperative learning adalah terciptanya siswa yang aktif dalam berdiskusi di kelas. Seperti telah diketahui secara umum, cara pengajaran ini melibatkan beberapa individu dalam satu kelompok. Selanjutnya, setiap individu akan saling berdiskusi dan bekerjasama untuk menghasilkan suatu produk. Ketika hal itu dipresentasikan, maka antar perwakilan dapat memberikan komentar, saran, kritik, dan lain-lain semacamnya.
2. Motivasi Belajar Siswa Semakin Bertambah
Karena siswa tidak hanya belajar sendirian saja dalam metode cooperative, maka mereka pastinya akan memiliki suntikan semangat berlebih ketika berinteraksi bersama teman-teman di dalam satu kelompoknya. Maka dari itu, hal ini dipandang sangat efektif untuk memupuk percaya diri serta rasa tanggung jawab. Dengan adanya PTK metode cooperative untuk mata pelajaran aqidah akhlak, pastinya manfaat dari cooperative learning tersebut juga akan sangat mudah untuk diidentifikasi.
3. Setiap Kesulitan Siswa dapat Diatasi dengan Peer Feedback
Karena siswa akan dilibatkan dalam satu kelompok, maka mereka pun bisa mendapatkan peer feedback dari teman sebayanya. Ini sangat berguna untuk memperbaiki kualitas pembelajaran peserta didik serta memupuk rasa peduli terhadap sesamanya. Jadi, metode cooperative memang benar-benar memiliki tujuan khusus untuk membentuk siswa yang berwawasan global serta memiliki high order thinking skill. ptk aqidah akhlak ebook download
Itulah kiranya ulasan gamblang yang dapat disampaikan mengenai PTK metode cooperative untuk mata pelajaran aqidah akhlak di semua jenjang kehidupan. Semoga hal ini bisa menginspirasi serta menjadi acuan bagi para guru agama di seluruh Indonesia.
