PTK IPA SD - UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MENGGUNAKAN METODE PEMBERIAN TUGAS DENGAN MEDIA VIDEO SISWA KELAS 6 SDN
PTK IPA SD - Adanya penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh guru atau pengajar sangatlah penting dilakukan. Hal itu dimaksudkan untuk mengetahui kualitas belajar siswanya. Lalu, bagaimana sistematika PTK IPA SD menggunakan media video itu diterapkan ?
PENGGUNAAN MEDIA VIDEODALAM PROSES PEMBELAJARAN
Sebelum menetapkan penggunaan video sebagai media belajar, seorang guru atau pengajar harus melewati tahapan-tahapan yang akan dilakukan dalam penyampaian materinya. Simak penjelasan berikut ini :
1. Menyiapkan Materi Pokok Mata Pelajaran IPA
Dalam mata pelajaran IPA SD, terdapat materi pokok berupa pengetahuan, keterampilan, praktik, serta beberapa poin nilai yang sudah disiapkan oleh guru atau pengajar. Hal tersebut bertujuan supaya siswa dapat menguasai kompetensi belajar sesuai standart. download ptk ipa sd kelas 6 doc. Materi pokok ini dijadikan sebagai acuan utama jika Anda ingin menyusun isi pembelajaran untuk bahan ajar. Beberapa indikator yang telah disiapkan, tentu akan mempermudah dalam menerapkan video sebagai media belajar para siswa.
2. Aktivitas Pembelajaran Menggunakan Media Video
Aktivitas pembelajaran menggunakan media video ini bertujuan supaya peserta didik atau siswa dapat menguasai kompetensi yang sudah disiapkan oleh guru. Dalam penayangannya, Anda bisa menyampaikannya dalam setiap pertemuan per materi. Sebagai pengajar, Anda harus mempraktikkan aktivitas pembelajaran menggunakan media video ini secara sistematis dengan jelas dan operasional. Persiapan yang matang akan membuat kegiatan belajar mengajar berlangsung dengan baik.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR DARI PTK IPA SD MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO
Media merupakan sebuah alat dalam membantu guru untuk kelancaran proses belajar mengajar dalam kelas. Selain itu, apabila penggunaannya diaplikasikan dengan baik, maka akan membantu menyalurkan materi secara maksimal sehingga mudah dicerna oleh siswa.
Saat ini sudah berkembang media audio visual berupa video. Anda bisa merefleksikan penggunaannya sehingga mampu menarik perhatian dan mengarahkan siswa supaya lebih konsentrasi untuk menerima materi yang disampaikan dalam isi pelajaran. Belajar menggunakan media video dapat membuat siswa senang sehingga memperlancar pencapaian dari tujuan pembelajaran itu sendiri. Seorang guru bisa memanfaatkan metode ini dengan baik dan maksimal. Menggunakan media video sebagai penelitian tindakan kelas dinilai mampu mengembangkan kemampuan siswa. Peningkatan hasil belajar juga semakin meningkat. Mereka cenderung lebih menikmati dengan adanya penyajian gambar berwarna dan juga bergerak.
Demikian penjelasan mengenai PTK IPA SD menggunakanmedia video.Siswa akan merasa lebih senang dan guru pun terlatih memiliki kreativitas dalam menyampaikan materi. Metode tersebut diharapkan mampu memudahkan proses belajar mengajar.
CONTOH LENGKAP PTK IPA SD KELAS 6 WORD
Latar belakang penelitian adalah hasil belajar siswa mata pelajaran IPA banyak yang nilainya kurang dari KKM, hal ini dikarenakan guru terbiasa menggunakan metode konvensional sehingga siswa jenuh dalam pembelajaran, salah satu cara untuk menarik minat siswa dalam belajar dengan bermakna yaitu dengan menggunakan metode pemberian tugas dan media video. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa menggunakan metode pemberian tugas dengan media video pada pembelajaran IPA materi “Sistem Tata Surya” siswa kelas 6 SDN.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas model spiral dari Kemmis dan Mc Taggart dengan jenis PTK kolaboratif, yaitu guru kelas sebagai pelaku implementasi RPP, sedangkan peneliti bertindak sebagai perancang RPP dan pengamat pembelajaran. Variabel penelitian adalah hasil belajar, metode pemberian tugas dan media video. Teknik pengumpulan data berupa hasil tes formatif tiap siklus, dengan instrumen penelitian menggunakan butir-butir soal. Teknik yang digunakan adalah deskriptif komparatif yaitu perbandingan ketuntasan hasil belajar siswa. ptk ipa sd kelas 6 pdf
Hasil yang diperoleh berupa hasil belajar siswa mencapai KKM (> 70) sebanyak 11 siswa dengan persentase 52,38% dan siswa yang belum tuntas sebanyak 10 siswa dengan persentase 47,62%. Pada pelaksanaan siklus 1 siswa yang sudah tuntas sebanyak 16 siswa dengan persentase 76,19% dan siswa yang belum tuntas sebanyak 5 siswa dengan persentase 23,81%. Pada pelaksanaan siklus 2 jumlah siswa yang sudah tuntas meningkat sebanyak 19 siswa dengan persentase 90,48% dan siswa yang belum tuntas sebanyak 2 siswa dengan persentase 9,52%. Bedasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pemberian tugas dengan media video dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 6 SDN.
Dari hasil penelitian tersebut, disarankan dalam implementasi pembelajaran di sekolah dapat menggunakan metode pemberian tugas dengan media video untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

download ptk sd kelas 6 lengkap word, download ptk ipa sd kelas 5 lengkap word, ptk ipa sd kelas 6 pdf, download ptk sd kelas 4 lengkap word kurikulum 2013, ptk ipa sd kelas 4 pdf, proposal ptk ipa sd pdf, download ptk sd ipa, ptk sd kelas 5 ipa, contoh ptk pembelajaran daring, download ptk sd masa pandemi, proposal ptk ipa sd pdf.