Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

PTK IPA SMA - PENERAPAN PENDEKATAN INQUIRY SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN KIMIA PADA MATERI POKOK TATA NAMA SENYAWA ORGANIK DAN ANORGANIK SEDERHANA KELAS X IPA SMAN

PTK IPA SMA -  Kimia materi senyawa perlu dilakukan untuk menunjang keberhasilan belajar. Banyak peserta didik yang seringkali merasakan kesulitan dalam pembelajaran ini. Mereka masih bingung dalam menerapkan strategi penyelesaian masalah dalam beberapa materi.

VARIASI MODEL PEMBELAJARAN KIMIA MATERI SENYAWA

Model pembelajaran yang diterapkan untuk pelajaran Kimia haruslah bervariasi. Menggunakan cara konvensional, akan membuat siswa cenderung merasa bosan. Saat kejenuhan melanda, maka peserta didik pun merasa sulit memahami materi. Variasi pembelajaran materi senyawa bisa dilakukan dengan melakukan praktik di laboratorium kimia. Tanpa adanya praktikum, pelajaran tidak akan berjalan maksimal. Siswa pun merasa sulit memahami teori-teori dalam buku ajar. contoh ptk kimia smk kurikulum 2013

Pembelajaran di kelas yang berlangsung variatif dapat menambah ketertarikan siswa agar tidak enggan mencoba memperhatikan penjelasan materi dari guru. Peserta didik diharapkan lebih aktif serta mampu menyerap berbagai teori. Penerapan variasi model pembelajaran, dapat dilakukan oleh guru dengan mengoperasikan beberapa alat-alat modern serta fasilitas pendukung. Jangan mengaplikasikan metode konvensional yang cenderung bisa mematikan kreativitas dan kenyamanan belajar siswa.

HASIL BELAJAR SETELAH PTK IPA KIMIA MATERI SENYAWA DENGAN VARIASI MODEL

Ketuntasan nilai belajar yang diperoleh setelah menerapkan model pembelajaran variatif, akan semakin meningkat. Sebelum mencapai perubahan terhadap tindakan, setidaknya para peserta didik memahami aspek pengetahuan dari penyampaian teori dalam buku ajar. Pembelajaran konvensional yang membosankan, membuat siswa enggan mendengar penjelasan dari guru. Maka dari itu, menggunakan cara variatif perlu Anda lakukan. Mereka akan senang dengan praktik di laboraturium atau sekedar disuguhkan beberapa permainan. Metode menyenangkan pasti menambah semangat siswa. Hal tersebut akan menjadikan motivasi para peserta didik sehingga bisa memberi peningkatan terhadap hasil belajar dengan berbagai variasi yang diterapkan.

Para siswa cenderung lebih menyukai suasana santai ketika belajar. Mereka tidak akan merasa tertekan ketika berusaha memahami materi pelajaran kimia pada bab senyawa yang dinilai sangat membingungkan. Maka dari itu, perolehan nilainya pun akan mengimbangi. Demikian PTK IPA Kimia materi senyawa dengan cara pembelajaran variatif. Penggunaan metode konvensional dinilai kuno dan membuat siswa merasa bosan. Sehingga perlunya penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas hasil belajar mengajar.

CONTOH LENGKAPPTK IPA KIMIA SMA KELAS X WORD

Mata pelajaran kimia merupakan bagian dari ilmu pengetahuan alam atau sains (physical science) yang berkaitan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis. Salah satu alternatif mengatasi permasalahannya dengan menggunakan pendekatan inquiry. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran kimia menggunakan pendekatan inquiry pada pokok bahasan tata nama senyawa organik dan anorganik sederhana dapat meningkatkan kemampuan kognitif, afektif, psikomotorik dan hasil belajar peserta didik mencapai ketuntasan belajar individual maupun klasikal. laporan ptk kimia lengkap
Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian tindakan merupakan suatu proses yang memberikan kepercayaan kepada pengembangan kekuatan reflektif, diskusi dan berfikir. Adapun pengumpulan datanya dengan cara: observasi, dokumentasi dan tes. Sedangkan analisisnya menggunakan deskriptif analitis.
Penelitian dilaksanakan di Kelas X IPA. Penelitian atas dua siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pada tahap perencanaan disusun skenario pembelajaran dan menyiapkan perangkat pembelajaran. Proses pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan inquiry. Hasil observasi dipresentasikan dalam diskusi. Pada tahap observasi, dilakukan pengamatan aktifitas peserta didik dan tes hasil akhir belajar. Indikator kinerja pada penelitian berupa tercapainya ketuntasan belajar secara individual dan klasikal sebesar 88,46%.
Hasil pelaksanaan siklus I menunjukkan bahwa indikator kinerja belum tercapai karena hasil belajar peserta didik hanya mencapai rerata nilai 62,69 dan 61,53% peserta didik yang tuntas belajar. Perbaikan pada peningkatan keaktifan peserta didik pada siklus II menunjukkan ketuntasan hasil belajar peserta didik yaitu dengan nilai rerata 71,71 dan ketuntasan hasil belajar 88,46%.



download ptk biologi sma lengkap, ptk biologi sma kelas xii pdf, ptk fisika sma kelas xii, ptk biologi kelas xi,
contoh ptk pembelajaran daring, ptk biologi masa pandemi, ptk sistem reproduksi manusia, contoh ptk fisika sma masa pandemi.