PTK BAHASA INGGRIS SMP - Bidang pendidikan khususnya pembelajaran sangat penting diadakan. PTK Bahasa Inggris dengan Writing Skill menjadi trend dalam upaya pemecahan masalah. Penelitian tentang ketrampilan menulis harus dilakukan guna meningkatkan mutu di kelas saat kegiatan belajar mengajar.
KRITERIA KEBERHASILANPTK BAHASA INGGRIS DENGAN WRITING SKILL
Keberhasilan penelitian tindakan kelas tidak hanya ditandai dengan hasil kemampuan siswa. Nilai pembelajaran melalui proses belajar mengajar juga menjadi pertimbangan. Tata Bahasa Inggris(Grammar)menjadi salah satu acuan penilaian yang memasuki kategori penelitian.
Banyak strategi yang digunakan untuk mendukung murid mengembangkan ketrampilan menulisnya. Acuan mata pelajaran Bahasa Inggris akan membantu anak didik merasa senang ketika mengikuti kelas. Teknik ini dikatakan berhasil jika siswa mampu menguasai Grammar tanpa mengandalkan buku cetak.
Semakin rendah keberhasilan dalam pembelajaran maka tingkat kesulitan menyusun strategi PTK akan sulit dan sebaliknya.
WRITING SKILL DALAM PENELITIAN KELAS
Kemampuan menulis merupakan tempat yang mendominasi dalam penelitian. Kelas bahasa Inggris mempunyai kontribusi besar. Negara Indonesia menetapkan mata pelajaran ini sebagai salah satu yang diwajibkan pada setiap sekolah.
Mengetahui pentingnya writing skill maka siswa di kelas dicukupkan dengan kelengkapan berkomunikasi, menulis serta penguasaan tata bahasa. Penelitian kemampuan menulis dalam kelas akan didukung oleh beberapa unsur. Berikut hal yang termasuk
1. Kosakata, merupakan bagian penting dalam writing skill. Penelitian siswa di kelas yang memiliki banyak pengetahuan maka kemampuan menulisnya dikatakan berhasil. PTK nya akan berjalan sesuai dengan kegiatan belajar mengajar. ptk bahasa inggris smp k13
2. Tata bahasa, akan selalu digunakan saat kelas berlangsung. Writing skill tidak bisa lepas dari Grammar karena dalam kepenulisannya membutuhkan banyak stuktur yang menjadi acuan bahasa Inggris. Namun ketrampilan ini akan tetap mendominasi walaupun penguasaannya sederhana.
Penelitian dapat sesuai dan berguna jika unsur ketrampilan menulis diterapkan dalam kelas pembelajaran. Siswa akan mengerti dengan jenis strategi yang digunakan. PTK Bahasa Inggris dengan Writing Skill menjadi bagian struktur acuan kegiatan belajar mengajar. Dengan begitu, mereka diharapkan akan lebih mudah untuk menerima materi yang diajarkan.
CONTOH PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) BAHASA INGGRIS SMP
Latar belakang masalah penelitian ini adalah kemampuan dan keterampilan menulis setiap indivudu tidaklah sama, demikian juga yang terjadi pada setiap peserta didik. Ini disebabkan karena minat dan kemauan peserta didik untuk menulis rendah. Mereka menghadapi suatu permasalahan yang berat, setiap ada tugas menulis suatu teks tertentu hasilnya jauh dari yang penulis harapkan. Penggunakan metode reseptif produktif diharapkan dapat meningkatkan keterampilan menulis karena, metode ini merupakan perpaduan dua keterampilan berbahasa yaitu membaca dan menulis.
Permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah apakah peningkatan keterampilan menulis kalimat petunjuk penggunaan suatu alat dapat dilakukan melalui pendekatan reseptif produktif bagi siswa kelas IX SMPN.
Classroom action research adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini. Model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang digunakan adalah model spiral dari Kemmis, S. dan Mc Taggart, R dengan menggunakan 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 3 tahap yakni 1) perencanaan tindakan (planning), 2) pelaksanaan tindakan (action) dan pengamatan (observation), dan 3) refleksi (reflection). Subyek penelitian adalah siswa kelas IX SMPN sebanyak 27 siswa. Teknik tes dan teknik observasi merupaan teknik pengumpulan data dalam peneltian ini. Adapun instrumen penelitiannya dengan menggunakan butir-butir soal dan lembar observasi. Deskriptif adalah Teknik analisis komparatif yang meliputi jumlah, mean, skor minimal-maksimal, persentase, membandingkan dan grafik/diagram.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran pendekatan metode reseptif produktif dapat meningkatkan keterampilan menulis kalimat petunjuk penggunaan suatu alat bagi siswa kelas IX SMPN, dengan hasil sangat baik. ptk bahasa inggris smp kelas 9 doc
Saran yang dapat disampaikan dari hasil penelitian ini adalah pertama kepada siswa penerapan model pembelajaran pendekatan metode reseptif produktif dapat meningkatkan keterampilan menulis kalimat petunjuk penggunaan suatu alat, kedua kepada sekolah dapat memotivasi dan memfasilitasi guru untuk menggunakan berbagai jenis pendekatan pembelajaran, untuk mengatasi masalah kesulitan belajar siswa, ketiga kepada guru mampu mendorong siswa untuk belajar aktif, kreatif, inovatif, dan menyenangkan dalam mengikuti pembelajaran bahada Inggris, sehingga belajar bahasa Inggris menjadi menyenangkan, dan keempat kepada guru lebih kreatif dalam menggunakan pendekatan belajar dalam proses pembelajarannya.
download ptk bahasa inggris smp kelas 7, download ptk bahasa inggris sd, ptk bahasa inggris masa pandemi, ptk bahasa inggris smp lengkap dengan lampiran, ptk bahasa inggris smp kelas 8 kurikulum 2013, download ptk bahasa inggris smp kelas 9, contoh ptk bahasa inggris, ptk bahasa inggris smp untuk kenaikan pangkat, ptk smp lengkap dengan lampiran.