PTK MATEMATIKA SD - UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN METODE KERJA KELOMPOK BAGI SISWA KELAS V SDN
PTK MATEMATIKA SD - Dalam menerapkan gaya belajar yang baik, sudah seharusnya guru meneliti dulu bagaimana kesiapan siswa ketika menerima suatu metode melalui PTK Matematika SD untuk Kerja Kelompok. Dari sana segala kebutuhan akan pembelajaran akan dimonitor dengan jelas.
LANGKAH-LANGKAH MELAKUKAN PTK SD UNTUK METODE KERJA KELOMPOK
Saat Anda berencana melakukan Penelitian Tindakan Kelas untuk SD, ada beberapa hal yang harus dilakukan sebelum terjun ke lapangan dan menjadikan laporan lebih lengkap lagi. Berikut langkah-langkah tersebut:
1. Tentukan Subjek Penelitian
Sebelumnya, carilah gambaran tentang subjek penelitian yang akan Anda ajak kerja sama dalam penelitian ini seperti dilaksanakan pada kelas berapa, lihat jumlah muridnya, tentukan semester, mata pelajaran, serta hari dan tanggal pelaksanaannya.
Akan lebih baik kalau Anda menerapkannya pada anak kelas 4 ke atas karena kebanyakan dari mereka sudah bisa di atur menjadi beberapa kelompok dan rasa tanggung jawabnya lumayan tinggi. Untuk mata pelajaran, bisa disesuaikan bidang masing-masing. ptk matematika sd kelas 5 kurikulum 2013
2. Lihat Masalah Murid pada Suatu Mata Pelajaran
Hal ini menjadi inti dari kenapa Anda melakukan pengamatan. Amati masalah yang terjadi pada murid-murid di mata pelajaran tersebut. Biasanya akan lebih mudah dikerjakan kalau diamati satu materi saja karena fokusnya jadi lebih baik.
Catat masalah apa yang terjadi dan kenapa bisa seperti itu. Anda juga dapat menanyakannya pada murid-murid secara langsung tanpa membuat mereka merasa takut atau bersalah. Dengan begitu PTK Matematika SD untuk Kerja Kelompok dapat dilaksanakan.
3. Lakukan Penelitian
Setelahnya, Anda bisa lakukan penelitian tersebut. Catat deskripsi tiap siklus yang akan dilaksanakan mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga pengamatan. Selesai dengan semua itu, lakukan refleksi.
Refleksi sendiri dibutuhkan untuk mengetahui apakah ada kekurangan atau kelebihan dari penelitian yang Anda lakukan. Kalau ingin mengerjakan siklus berikutnya, maka problematika tersebut lebih mudah dipecahkan.
Mengerjakan PTK Matematika SD untuk Kerja Kelompok memang tidak bisa sebentar dan perlu waktu beberapa minggu atau bulan agar mendapatkan hasil sempurna, mulai dari pengamatan, pelaksanaan hingga refleksi. Semoga bermanfaat.
CONTOH ABSTRAK PTK MATEMATIKA KELAS 5 SD
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran yang baik apabila guru mempersiapkan perencanaan dengan matang baik kelengkapan alat-alat pembelajaran seperti materi pelajaran maupun penggunaan metode pembelajaran yang tepat digunakan sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar. Sering guru hanya menggunakan satu atau dua metode secara monoton, dan lupa untuk melibatkan siswa, sehingga prestasi belajar yang dicapai siswa tidak optimal. Masalah yang dirumuskan sebagai berikut: “Apakah dengan penggunaan metode kerja kelompok dapat meningkatkan prestasi belajar matematika tentang bangun ruang sisi datar bagi siswa kelas V SDN”.
Classroom Action Research adalah jenis penelitian yang digunakan pada dalam penelitian ini. Model dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah model spiral, dengan menggunakan 2 siklus, pada setiap siklus terdiri dari 3 tahap, yaitu : 1) perencanaan tindakan (planning), 2) pelaksanaan tindakan (action) dan pengamatan (observation), dan 3) refleksi (reflection). Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN dengan jumlah siswa sebanyak 33. Teknik tes dan teknik observasi yang digunakandalam teknik pengumpulan data. Adapun instrumen penelitiannya dengan menggunakan butir-butir soal dan lembar observasi. Deskriptif komparatif adalah teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini, meliputi jumlah, mean, skor minimal-maksimal, persentase, membandingkan dan grafik/diagram. Download ptk sd kelas 5 lengkap
Dari hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan kubus dan balok setelah menggunakan metode kerja kelompok. Hal ini nampak pada skor rata-rata yakni pada kondisi pra siklus sebesar 65, siklus I naik menjadi 80,21 dan pada siklus II naik lagi menjadi 83,96. Adapun ketuntasan belajar klasikal pada kondisi pra siklus 45,83 %; siklus I naik menjadi 87,5% dan pada siklus II naik menjadi 9 1,67%. Sedangkan skor minimal pada kondisi prasiklus sebesar 45, pada siklus I naik menjadi 55 dan pada siklus II tetap 55. Sedangkan skor maksimal pada kondisi prasiklus dan siklus I sebesar 90, dan siklus II naik menjadi 95.

download ptk matematika sd word, ptk sd kelas 4 matematika doc, download ptk matematika sd kelas 5 lengkap, ptk matematika sd kelas 6 kurikulum 2013, download ptk sd word, ptk matematika kelas 4 tentang pecahan, contoh ptk matematika sd kelas 2 kurikulum 2013. download ptk sd masa pandemi, contoh ptk pembelajaran daring di sd, ptk pembelajaran daring kelas 1 sd, ptk pembelajaran daring matematika, ptk pembelajaran daring pdf, ptk masa pandemi pdf.