PTK FISIKA SMP - PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI POKOK TEKANAN SISWA KELAS 8 SMP
PTK FISIKA SMP - menggunakan materi tekanan memang perlu di tindak lanjuti. Banyak para siswa menganggap bahwa pelajaran tersebut sulit dipahami bahkan terasa membosankan. Untuk membuat pembelajaran lebih efektif, Anda bisa mencoba melakukan langkah berikut ini.
MENERAPKAN METODE EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN
Sebagai pendidik, Anda bisa menerapkan metode eksperimen sebagai cara untuk meningkatkan proses pembelajaran Fisika di tingkat SMP. Walau sebenarnya langkah ini memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.
Dalam pengajaran mengenai materi tekanan, metode eksperimen bisa membuat siswa terlibat dan merasa seakan-akan mendapatkan serta menemukan pengalaman baru dalam diri mereka. Hal tersebut tentu menambah minat belajar para peserta didik.
Metode eksperimen dalam materi tekanan pada pembelajaran Fisika SMP, akan melibatkan para siswa dapat bekerja dengan benda-benda serta berbagai peralatan dalam ruang laboraturium. Pengalaman tersebut bisa didapatkan baik secara individu atau kelompok. contoh judul ptk ipa smp kurikulum 2013
Sebelum menerapkan metode ekaperimen dalam pembelajaran, alangkah baiknya jika anda sebagai pengajar melakukan persiapan terlebih dahulu. Memperhatikan keamanan dalam ruangan sangat perlu dilakukan supaya menghindari resiko yang membahayakan siswa.
HASIL BELAJAR DENGANPTK FISIKA SMP MENGGUNAKAN MATERI TEKANAN
Setelah melakukan PTK Fisika SMP menggunakan materi tekanan dengan metode eksperimen, guru akan memperoleh dua hasil yang bersifat kemungkinan. Tentunya, siswa diharapkan mampu menguasai pembelajaran dari mata pelajaran tersebut setelah mempraktikkannya.
Peserta didik akan memahami materi apabila telah menguasai konsep dasar. Seorang pendidik harus benar-benar proaktif dalam memberikan materi analisa sebelum mulai melakukan praktikum di laboraturium, sehingga pada praktiknya tidak terjadi kecerobohan.
Ketika melakukan praktikum, peserta didik akan mengindikasikan pemahaman materi yang didapat. Mereka pasti melakukan analisis sesuai penalaran sendiri atau kelompok. Bahkan terkadang, pengerjaannya tidak sama dengan hasil pengamatan atau analisis secara ilmiah.
Adanya metode eksperimen pada materi tekanan akan berdampak terhadap pemahaman para siswa berdasarkan kegiatan praktikum. Mereka berfikir dan belajar mengimplementasikan dari pengalamannya sendiri di kehidupan sehari-hari.
Demikian pemaparan mengenai PTK Fisika SMP menggunakan materi tekanan dengan menggunakan metode eksperimen. Tentunya diharapkan supaya para pendidik terus melakukan penelitian lanjutan untuk menemukan cara lain supaya lebih meningkatkan kualitas pembelajaran.
CONTOH PTK FISIKA KELAS 8 SMP
Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) dapat Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 8 SMP. Kajiannya dilator belakangi oleh sulitnya peserta didik dalam memahami materi yang disampaikan di sekolah yang hanya menggunakan metode ceramah, yang kemudian mengakibatkan malasnya peserta didik. Padahal dalam proses belajar mengajar, khususnya fisika, peserta didik dituntut untuk berfikir aktif, kreatif dan kritis. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan apakah Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 8 SMP.
Team Assisted Individualization (TAI) merupakan model pembelajaran dengan peserta didik yang dibagi dalam kelompok-kelompok kecil yang heterogen dengan anggota 4–5 orang. Selanjutnya diikuti dengan pemberian bantuan secara individu maupun kelompok yang memerlukannya. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu penelitian tindakan yang dilakukan di kelas dengan tujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan praktek pembelajaran. Tahapan langkah dalam penelitian ini disusun dalam dua siklus. Pada siklus I dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan dan diakhiri dengan tes evaluasi. Pada siklus II, juga sama, yaitu dilaksamakan 2 kali pertemuan, pada dasarnya sama dengan siklus I hanya perbedaanya terletak pada perlakuan yang diberikan oleh guru kepada peserta didik. ptk ipa smp untuk kenaikan pangkat guru
Berdasarkan hasil data dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran fisika dengan menggunakan model kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 8 SMP pada sub materi pokok tekanan. Hal ini ditunjukan dengan nilai rata–rata pada prasiklus 54,16, meningkat menjadi 67,25 dengan ketuntasan klasikal 60% pada siklus I kemudian pada siklus II 84,5 dengan ketuntasan klasikal 97,2%.

ptk ipa smp masa pandemi, ptk ipa smp untuk kenaikan pangkat guru pdf, ptk ipa smp pdf, ptk ipa smp kelas 8 kurikulum 2013, contoh ptk pembelajaran daring, contoh ptk ips smp masa pandemi, contoh ptk masa pandemi smp, ptk ipa smp kelas 9 pdf.