Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

PTK PAI SD - UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) PADA PEMBELAJARAN PAI MATERI POKOK PUASA WAJIB KELAS VI

PTK PAI SD - Tidak dipungkiri bahwa Pendidikan Agama Islam memberikan pengajaran yang mencakup para siswa Muslim agar senantiasa memiliki rasa syukur terhadap Allah SWT. Mata pelajaran penting tersebut memberikan tata cara, hukum, dan melaksanakan kewajiban sesuai syariat seperti pada PTK PAI SD.

IDENTIFIKASI MASALAH PEMBELAJARAN MELALUI PTK PAI SD

Mata pelajaran agama Islam dikhususkan bagi para siswa muslim. Dalam proses pembelajaran ini tentu ingin membentuk karakter siswa yang bertakwa, berkelakuan terpuji, mengerti hukum Islam dan berbagai hal positif lainnya termasuk meningkatkan keimanan kepada Allah SWT.
Tercapainya tujuan pembelajaran tersebut membutuhkan keterlibatan guru dan murid yang menjalani proses pembelajaran dengan kondusif dan variatif. Namun PTK PAI SD masih menemui berbagai permasalahan selama proses belajar mengajar berlangsung seperti berikut ini:
Kurangnya minat siswa untuk memahami materi puasa wajib saat pembelajaran Agama Islam berlangsung.
Minimnya komunikasi antara guru dengan siswa. Download ptk pai sd kelas 6
Guru belum menemukan strategi yang tepat selama proses pembelajaran.
Model pembelajaran kurang efektif sehingga siswa mudah bosan dengan situasi belajar yang monoton.
Rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran Agama Islam.
Siswa masih gemar bermain-main padahal materi puasa wajib membutuhkan keseriusan siswa untuk mengerti pelajaran.
Siswa merasa takut salah ketika mengajukan pertanyaan.
Melihat permasalahan di atas tentu perlu adanya perubahan dari sisi mengajar guru. Sebab bila hanya mengandalkan metode ceramah, kualitas belajar siswa sulit untuk mengalami peningkatan. Maka dari itu pengajar sebaiknya mengganti model pembelajaran yang dapat menarik minat siswa untuk belajar PAI.


PEMBELAJARAN MATERI PUASA WAJIB MELALUI MODEL BELAJAR

Puasa wajib termasuk dalam subbab pembahasan mata pelajaran Agama Islam yang perlu untuk diketahui oleh siswa. Di dalamnya berisi tata cara pelaksanaan, jenis-jenis, hal-hal yang membatalkan dan balasannya. Materi tersebut perlu tersampaikan dengan baik melalui model belajar kooperatif.
Model pembelajaran ini membawa siswa untuk belajar secara berkelompok kemudian bekerja sama mencapai tujuan belajar. Setiap anggota harus dapat memahami materi puasa wajib yang diberikan guru. Bila didapati hanya salah satu siswa saja menguasai bahan, proses pembelajaran belum selesai.

Materi puasa wajib perlu untuk diajarkan kepada para siswa Sekolah Dasar dalam upaya mengedukasi mereka agar memahami cara mengamalkannya sesuai syari’at. PTK PAI SD melihat adanya perkembangan hasil belajar materi tersebutkarena para siswa saling berusaha untuk memahaminya.

CONTOH PTK PAI KELAS VI SD

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam materi pokok puasa wajib di kelas VI SD. Kemudian dalam proses pembelajaran dilakukan dengan melalui lima komponen utama dalam TGT yaitu: penyajian kelas, kelompok (Teams), permainan (game), turnamen, dan penghargaan kelompok (teams recognize). Dalam penelitian tindakan kelas (PTK) ini, peneliti  menggunakan dua siklus. Tiap siklusnya terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas VI SD. ptk pai sd doc

Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dan aktivitas peserta didik setelah diterapkannya model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dalam pembelajaran PAI materi pokok mengenal puasa wajib. Pada siklus I hasil belajar pada aspek kognitif siswa 80%, hasil belajar aspek afektif 72,33% dan hasil belajar aspek psikomotorik 76,67%. Pada siklus II menunjukkan peningkatan pada semua aspek, hasil belajar pada aspek kognitif 100%, hasil belajar pada aspek afektif 80,61%, dan hasil belajar pada aspek psikomotorik 83,33%.

Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan secara keseluruhan bahwa pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik baik dalam aspek kognitif, afektif maupun psikomotorik. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) layak dikembangkan sebagai alternatif model mpembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran PAI.


download ptk pai sd, download ptk pai sd kelas 5 lengkap, contoh ptk pai sd untuk kenaikan pangkat, ptk pai sd masa pandemi, ptk pai sd kurikulum 2013, ptk pai sd tentang puasa, ptk pai sd tentang shalat, ptk pai sd tentang wudhu, ptk pai sd daring, download ptk pai sd lengkap doc, contoh ptk pai sd kelas 3, ptk pendidikan agama islam sd kelas 4, ptk pai sd kelas 6, contoh laporan ptk pai sd.