PTK BAHASA INDONESIA SMP - PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SEBAGAI SALAH SATU ALTERNATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA
PTK BAHASA INDONESIA SMP - Bahasa dan sastra merupakan satu kesatuan yang saling melengkapi. Sebab sastra merupakan bagian dari budaya yang kehadirannya dipengaruhi oleh dua unsur universal yaitu seni dan bahasa. Itulah sebabnya PTK Bahasa Indonesia melihat hubungan di antara keduanya penting untuk disampaikan.
PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI
Pada saat siswa SMP menjalani mata pelajaran Bahasa Indonesia, subbab materi bahasan menyangkut pada penjelasan prosa, sajak, pantun, syair dan karya fiksi. Tanpa terkecuali dalam menulis puisi. Kegiatan tersebut digunakan untuk mengekspresikan perasaan dan pikiran.
Pembelajaran menulis puisijuga dapat melatih kemampuan kreatif para murid. Dilihat dari manfaatnya tersebut, maka siswa SMP seharusnya memiliki minat yang tinggi untuk menjalani pembelajaran tersebut. Namun pada kenyataannya, sebagian besar peserta didik cenderung menghindarinya. Contoh ptk bahasa indonesia smp kelas 9 pdf
PTK Bahasa Indonesia SMP melihat hal tersebut sebagai perhatian khusus karena pada dasarnya menulis puisi termasuk dalam aspek penilaian hasil belajar. Maka perlu untuk melakukan pengamatan, pengujian dan perubahan teknik pembelajaran agar mampu memotivasi siswa menulis puisi dengan baik.
TUJUAN PTK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIATINGKAT SMP
Pembelajaran menulis puisi termasuk dalam kompetensi dasar yang perlu dimiliki oleh siswa SMP. Namun tidak semua murid memiliki kemampuan menulis puisi dengan benar. Bahkan sebagian dari mereka masih belum dapat membedakan antara pantun dengan puisi secara tepat.
Dalam hal ini dilakukan penelitian tindakan kelas demi tercapainya proses belajar mengajar yang tepat guna dan memiliki mutu. Tujuan dilakukannya PTK Bahasa Indonesia SMP adalah:
• Memberi saran metode pembelajaran lebih variatif dari pada model konvensional.
• Memotivasi siswa untuk lebih aktif dalam menulis puisi dengan bimbingan pengajar.
• Memberikan penjelasan terkait perbedaan antara puisi, prosa, sajak, syair dan pantun.
• Membangun kreativitas para siswa agar terbentuk isi penulisan puisi yang bagus dan tidak menyalahi kaidah atau aturan.
• Memberi cara bagi guru dalam mengajar yang efektif agar diperoleh hasil belajar yang lebih meningkat dari sebelumnya khususnya dalam aspek menilai keterampilan menulis.
Melalui PTK Bahasa Indonesia SMP diharapkan mempengaruhi minat dan cara belajar para siswa di kelas. Khususnya dalam menulis puisi agar tumbuh motivasi lebih tinggi dari sebelumnya. Selain itu pemilihan model pembelajaran oleh guru berpengaruh besar dalam hasil belajar peserta didik.
PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) BAHASA INDONESIA SMP
Pembelajaran musikalisasi puisi di SMP diberikan pada kelas IX. Pada umumnya pembelajarannya ini dilakukan dengan menugasi siswa berkelompok menyanyikan puisi maupun syair yang telah tersedia ataupun dibuat oleh guru dan siswa. Biasanya siswa bersama dengan kelompoknya menemukan sendiri cara menyanyikan puisi/syair yang ditugaskan guru kepadanya. Sementara itu, guru kurang memberikan penjelasan yang rinci mengenai menyanyikan puisi/syair itu. Hal ini disebabkan karena tidak semua guru bahasa pandai menyanyi apalagi mencipta dan mengarasemen lagu dari puisi/syair. Pada umumnya guru menugaskan saja, kreativitas musikalisasi puisi semuanya diserahkan kepada siswa. Pembelajaran sastra diberikan pada semester I di kelas IX. Materi pembelajaran ini terdapat pada buku pembelajaran Bahasa Indonesia maupun LKS-nya. ptk bahasa indonesia smp kelas 9 doc
Hasil penelian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam memahami puisi dapat ditingkatkan, setelah diberikan contoh pembacaan puisi oleh siswa dan guru. Nilai dari tiap-tiap aspek pemahaman puisi sudah mencapai nilai standar yang ditentukan. Hal ini ditujukan oleh data perolehan nilai kumulatif seluruh aspek pada penilaian kemampuan memahami puisi dengan nilai terendah 73 dan nilai tertinggi 95 dengan nilai rata-rata kelas 83,44. Kemampuan siswa mengepresikan musikalisasi puisi dapat ditingkatkan setelah mengalami bimbingan-bimbingan secara intensif dalam memusikalisasi puisi tersebut, nilai penampilan mereka meningkat dan memuaskan. Hal ini ditunjukkan oleh data perolehan nilai kumulatif seluruh aspek pada penilaian kemampuan mengapresiasikan musikalisasi dengan nilai terendah 88 dan nilai tertinggi 100 dengan nilai rata-rata kelas 93,40. Peningkatan kemampuan mengekspresikan musikalisasi puisi dapat ditingkatkan dengan pemberian contoh-contoh rekaman yang mendukung berkembangnya daya kreativitas siswa.
ptk bahasa indonesia smp kelas 9 kurikulum 2013, contoh ptk bahasa indonesia smp kelas 8 kurikulum 2013, ptk bahasa indonesia smp kelas 7, contoh ptk bahasa indonesia tentang menulis, ptk bahasa indonesia smp kelas 8 pdf, ptk bahasa indonesia untuk naik pangkat, ptk bahasa indonesia smp masa pandemi, contoh ptk bahasa indonesia smp kelas 8 di masa pandemi.