Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

PTK BAHASA INDONESIA SMP - PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SEBAGAI SALAH SATU ALTERNATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA

PTK BAHASA INDONESIA SMP - Bahasa dan sastramerupakan bagian dari materi ajar yang tersusun dalam kurikulum pendidikan nasional. Itulah sebabnya PTK Bahasa Indonesia SMP mencoba menggali lebih dalam mengenai model pembelajaran. Hal ini demi mendukung jalannya proses belajar mengajar lebih efektif dan berkualitas.

PTK BAHASA INDONESIA MENCAKUP KEMAMPUAN BERBICARA

Beberapa aspek penilaian pada saat pembelajaran bahasa Indonesia di tingkat Pendidikan formal meliputiketerampilan menyimak, berbicara, menulis dan membaca. Keahlian berlisanpada mata pelajaran utama tersebutmemberi peranan penting dalam memberi kemajuan intelektual.
Peranannya termasuk dalam kemampuan sisi emosional dansosial bagi peserta didik. Keahlian berlisan tersebut mendasari siswa agar lebih aktifketika mengikuti proses belajar mengajar di kelas. Maka dari itu PTK Bahasa Indonesia SMP berupaya menemukan cara agar jalannya pembelajaran lebih efektif. ptk bahasa indonesia smp kelas 9
Kualitas pembelajaranbergantung pada pemilihan strategi belajar mengajar agar tujuan pendidikan tercapai. Khususnya dalam halmengembangkan kemampuan siswa untuk dapat berbahasa Indonesia secara baik dan sesuai kaidah penggunaan kosakata, ejaan dan pelafalan yang tepat.

PERANAN PTK BAHASA INDONESIA DALAM MEMBANTU PROSES PEMBELAJARAN

Penggunaan metode pembelajaran yang sesuai sangat dibutuhkan selama proses belajar mengajar berlangsung. Hal ini dikarenakan keadaan kelas yang berbeda-beda sehingga pemilihan strategi pengajaran perlu disesuaikan agar terlihat mutu pembelajaran sesuai harapan.
Pada tahap ini Penelitian Tindakan Kelas berperan dalam kegiatan perencanaan, pelaksanaan, hasil dan refleksi. Beberapa hal yang diperoleh sebagai umpan balik dari penerapannya antara lain:
Perubahan aktivitas pembelajaran yang awalnya berpusat pada guru, kini lebih kepada keaktifan para siswa. 
Perubahan interaksi sosial oleh siswaselama proses belajar menjadi lebih tersebardan memenuhi standar kualitas keterampilan berbicara.
Para siswa terlihat sangat aktif ketika dibentuk kelompok diskusi yang membahas subbab bahasan pokok dalam bidang studi Bahasa Indonesia.
Meningkatnya kemampuan berbicara para siswa tersebut dilatarbelakangi oleh perubahan cara belajar antara guru dengan muridnya. Ketika pengajar menemukan strategi efektif sesuai panduan PTK Bahasa Indonesia SMP maka diperoleh hasil belajar yang memiliki kualitas lebih baik.

DOWNLOAD CONTOH PTK BAHASA INDONESIA SMP KELAS IX

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk : 1). meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas IX SMP, khususnya kemampuan melaporkan berbagai peristiwa secara lisan, 2). mengidentifikasi peningkatan daya scrap siswa kelas IX SMP pada aspek keterampilan berbicara khususnya melaporkan berbagai peristiwa secara lisan, dan 3). mengidentifikasi bagaimana langkah - langkah yang efektif dilakukan oleh peneliti/guru dalam menggunakan media gambar agar hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas IX SMP pada aspek berbicara khususnya melaporkan berbagai peristiwa secara lisan dapat ditingkatkan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, pada siswa kelas IX SMP yang berjumlah 30 orang sebagai subjek penelitian. Pengumpulan datanya menggunakan teknik tes unjuk kerja yang telah dilengkapi dengan rubrik penilaian untuk pengumpulan data utama, dan teknik observasi untuk pengumpulan data pelengkap. ptk bahasa indonesia smp

Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik analisis deskriptif komparatif untuk data utama yaitu dengan cara membandingkan nilai tes hasil belajar siswa dengan KKM mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IX SMP yaitu angka 66 sebagai indikator kinerja, kemudian membandingkan nilai tes hasil belajar antarsiklus. Dari penganalisisan data diperoleh hasil bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan kemampuan siswa berbicara khususnya kemampuan melaporkan berbagai peristiwa secara lisan. Daya scrap siswa meningkat sebesar 22,08 % setelah diberikan perlakuan/tindakan. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh disarankan agar guru bahasa Indonesia mencobakan hasil penelitian ini sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek berbicara serta melakukan pemilihan/penetapan topik gambar secara hati-hati agar efektivitas gambar sebagai media pembelajaran terpenuhi.



ptk bahasa indonesia smp kelas 9 kurikulum 2013, contoh ptk bahasa indonesia smp kelas 8 kurikulum 2013, ptk bahasa indonesia smp kelas 7, contoh ptk bahasa indonesia tentang menulis, ptk bahasa indonesia smp kelas 8 pdf, ptk bahasa indonesia untuk naik pangkat, ptk bahasa indonesia smp masa pandemi, contoh ptk bahasa indonesia smp kelas 8 di masa pandemi.