Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

PTK BAHASA INDONESIA SMA - PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF NARASI DARI TEKS WAWANCARA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXPLISIT INSTRUCTIONS TEKNIK RONOLOGIS PERISTIWA

PTK BAHASA INDONESIA SMA - Pembelajaran Bahasa Indonesia mengarahkan siswa untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi dengan baik dan benar. Dalam hal ini PTK Bahasa Indonesia SMA mencoba memberikan manfaat terkait proses pembelajaran bidang studi tersebut dengan menyesuaikan kondisi belajar mengajar di kelas.

PERAN BELAJAR BAHASA INDONESIA DALAM MENULIS PARAGRAF

Pada jenjang pendidikan SMA, mata pelajaran Bahasa Indonesia bertujuan agar para siswa memperoleh kemampuan berkomunikasi dengan efektif dan efisien. Sama halnya dengan menulis, aspek penilaian tersebut harus dapat dipenuhi oleh peserta didik agar diperoleh hasil belajar lebih memuaskan. Download PTK Bahasa Indonesia SMA kurikulum 2013
Bahasa Indonesia bukan hanya bidang studi yang mengajarkan siswanya untuk pasif mendengarkan guru menjelaskan materi. Melainkan memerlukan keseriusan khususnya ketika para murid ditugaskan membuat karangan atau cerita dengan tulisan berparagraf. 
PTK Bahasa Indonesia dalam hal ini melihat tulisan bukan hanya sekedar teks tertulis pada permukaan kertas. Melainkan perlu keterampilan dalam menggunakan kosakata, struktur kalimat, grafologi, logika berbahasa dan pengembangan paragraf sesuai kaidah penulisan yang ditetapkan. 

MANFAAT MELAKUKAN PTK BAHASA INDONESIA SMA

Penelitian Tindakan Kelas dalam konteks pembelajaran Bahasa Indonesia melakukan berbagai proses seperti pengamatan, perencanaan, tindakan dan refleksi agar memberi beberapa manfaat terhadap pihak pengajar maupun pelajar sebagai berikut: 
Meningkatkan kreativitas dan keterampilan guru ketikamenyampaikan materi menulis paragraf dengan menjelaskan kaidah berbahasa yang baik dan benar.
Siswa semakin termotivasi untuk lebih serius dalam menulis karangan atau cerita dengan memperhatikan kaidah penulisan kosakata dan pengembangan paragraf.
Memberikan pilihan model pembelajaran yang menarik, menghibur dan sesuai dengan kondisi pembelajaran siswa saat ini.
Tercipta suasana belajar yang lebih ceria namun tetap kondusif sehingga siswa dapat belajar dengan tenang disertai konsentrasi penuh.
Memberi peningkatan terhadap hasil belajar siswa khususnya dalam aspek penilaian dalam menulis.
Memberi pemahaman kepada siswa bahwa menulis paragraf tidak boleh dianggap sepele karena akan berpengaruh terhadap kualitas isi karangan atau tulisan.
Dengan hadirnya PTK Bahasa Indonesia SMA sekiranya dapat memberi manfaat untuk mengubah proses belajar mengajar di kelas. Sebab menulis paragraf tetap membutuhkan kesadaran para siswa untuk mengikuti kaidah penulisan yang telah ditetapkan. 


CONTOH ABSTRAK PTK BAHASA INDONESIA KELAS XI SMA

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru bidang studi bahasa dan sastra Indonesia kelas XI IPS keterampilan menulis karangan narasi masih rendah. Hal ini disebabkan oleh motivasi siswa dalam manulis masih kurang dan kemampuan siswa membentuk kalimat-kalimat yang mempunyai kesatuan yang logis dan padu masih minim. Selama ini pembelajaran menulis paragraf narasi yang dilakukan guru masih menggunakan metode ceramah sehingga proses interaksi menjadi monoton. Oleh karena itu, upaya untuk meningkatkan keterampilan menulis paragraf narasi adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe explicit instructions teknik kronologis peristiwa yang diharapkan dapat mempermudah siswa dalam menulis narasi.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kualitas proses pembelajaran menulis paragraf narasi, peningkatan keterampilan menulis narasi, dan perubahan perilaku siswa kelas XI IPS setelah mengikuti pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsi proses pembelajaran menulis karangan narasi, mendeskripsi peningkatan keterampilan menulis paragraf narasi, mendeskripsi perubahan perilaku siswa kelas XI IPS setelah mengikuti pembelajaran menulis. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi guru dan penyelenggara pendidikan.
Desain penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas melalui dua tahap, yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus terdiri atas proses perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis paragraf narasi siswa kelas XI IPS. Sumber data yang diperoleh dari penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPS dengan jumlah siswa 21. Teknik pengambilan data adalah dengan tes dan nontes berupa jurnal observasi, jurnal siswa, jurnal guru, jurnal wawancara dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini diketahui bahwa kualitas proses pembelajaran menulis paragraf  narasi  dari  teks  wawancara  berjalan  baik  dan  lancar  meskipun  ada beberapa siswa yang kurang mengikuti pembelajaran tetapi dapat diatasi oleh peneliti. Selain itu, hasil tes keterampilan menulis narasi mengalami peningkatan dengan nilai tes prasiklus siswa dari keseluruhan aspek memperoleh nilai rata-rata sebesar 62,2. Pada siklus I, hasil tes siswa rata-rata sebesar 68,97. Pada siklus II nilai rata-rata sebesar 79,78, sehingga terjadi peningkatan sebesar 10,79 atau 15,6%. Hasil tes siklus II tersebut menunjukan bahwa seluruh siswa kelas XI IPS yang berjumlah 30 siswa dinyatakan tuntas. Adapun perilaku siswa mengalami perubahan ke arah yang positif. Secara keseluruhan perubahan tingkah laku siswa yang dinilai dari keaktifan dan sikap siswa mengalami peningkatan ke arah yang lebih positif yaitu sebesar 14,2 % dari 75,7% pada siklus I menjadi 86,5%. contoh proposal ptk bahasa indonesia sma
Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran menulis paragraf narasi dari teks wawancara dengan model pembelajaran kooperatif tipe explicit instructions teknik kronologis peristiwa telah dilaksanakan dengan baik sehingga dapat meningkatkan keterampilan menulis paragraf narasi siswa kelas XI IPS dan mengubah perilaku siswa ke arah yang lebih positif. Saran untuk guru bahasa dan sastra Indonesia agar menggunakan dan menerapkan teks wawancara dan model pembelajaran kooperatif tipe explicit instructions teknik kronologis peristiwa dalam pembelajaran menulis narasi. Bagi peneliti di bidang bahasa dan sastra Indonesia disarankan agar melakukan penelitian tindakan kelas lanjutan mengenai keterampilan  menulis paragraf  narasi.



ptk bahasa indonesia sma lengkap, ptk bahasa indonesia sma daring, ptk bahasa indonesia sma kelas xi pdf, ptk bahasa indonesia sma untuk kenaikan pangkat, ptk bahasa indonesia sma kelas xii doc, contoh ptk bahasa indonesia tentang menulis, contoh ptk pembelajaran daring sma bahasa indonesia, contoh proposal ptk bahasa indonesia kurikulum 2013 doc, contoh ptk bahasa indonesia.