Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

PTK SENI SMP - PENINGKATAN KREATIFITAS BELAJAR SENI RUPA KELAS VIII SMPN MELALUI PRAKTEK BERKARYA SENI PATUNG DENGAN TEKNIK CARVING

PTK SENI SMP - Materi pelajaran tingkat sekolah menengah pertama menyangkut seni budaya dan keterampilan. Selain memiliki keunikan, kebaragaman dan pemanfaatan juga memberikan pengalaman estetik dalam bentuk kegiatan berkreasi melalui suatu karya seni rupa khususnya yang tercantum dalam PTK Seni Rupa SMP. 

PTK SENI RUPA SMP DALAM MENJANGKAU KENDALA SISWA BERKEATIVITAS

Sistem belajar mengajar di Indonesia saat ini lebih menekankan pada sesuatu yang sifatnya rutinitas dan dalam bentuk hafalan. Sistem pengajaran yang diberikan pada siswa SMP masih berkutat pada teknik belajar konvensional sehingga pengembangan bakat terkait keterampilan kurang difokuskan.
Pentingnya kreativitas dari pengerjaan seni rupa melalui lingkungan sekolah diharapkan mampu meningkatkan potensi anak didikagar menjadi pribadi yang ulet, sungguh-sungguh dan memiliki dukungan dalam menyampaikan hasil kreasinya. Namun beberapa kendala ditemukan seperti :
Pengajar hanya menyampaikan teknik pembuatan suatu karya seni rupa namun tidak disertai contoh lebih detail dalam proses pengerjaannya sehingga siswa sulit berimajinasi.
Siswa menjadi kurang tertarik dengan pembelajaran yang diberikan karena teknik penyajian materinya kurang memberikan kesan menyenangkan dan tidak terlalu memotivasi.
Siswa menjadi tidak berani untuk mengembangkan sisi kreativitasnya. ptk seni budaya smp pdf
Penggunaan media belajar yang belum optimal sehingga keterampilan para siswa menjadikurang terasah dan sulit membayangkan suatu bentuk seni rupa.
Banyaknya kendala di atas memperlihatkan kompetensi dasar yang seharusnya diperoleh siswa tidak terealisasi dan bertentangan dengan tujuan pembelajaran seni rupa. Atas dasar itulah PTK Seni Rupa SMP mencoba memaparkan suatu strategi tepat sasaran untuk menangani berbagai masalah tersebut.

PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN YANG TEPAT GUNA

Dalam rangka meningkatkan kreativitas siswa dalam membuat karya seni rupa dapat dilakukan dengan menggunakan media pembelajaran. Motivasi siswa untuk berkreasi dapat dibangun melalui pengamatan langsung dengan menunjukkan benda seni, media audio visual, gambaran animasi dan sebagainya.

Maka dengan cara yang dipaparkan pada PTK Seni Rupa SMP setidaknya memberikan gambaran pada ingatan dan penglihatan para siswa agar termotivasi bentuk karya seni rupa seperti apa nantinya akan dibuat.


CONTOH PTK SENI RUPA SMP KELAS VIII

Peningkatan Kreatifitas Belajar Seni Rupa Kelas VIII SMPN Melalui Praktek Berkarya Seni Paung Teknik Carving. Kata kunci : Peningkatan kreatifitas, berkarya, seni patung, teknik carving Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh nilai angka kredit dalam pengembangan profesi dan untuk mengetahui pengembangan kreatifitas, prestasi dalam pembuatan karya seni rupa tiga dimensi seni patung dengan teknik carving.
Meningkatkan hasil belajar siswa adalah tujuan utama dari konsep Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada penelitian ini. Sumber datanya adalah siswa kelas VIII. Penelitian ini sebagai upaya mengembangkan pendidikan seni lewat pembuatan seni patung teknik carving dan memberikan konsep pengajaran untuk dalam memahami dalam hal fungsi, tujuan serta sekaligus teknik pembuatannya. Prosedur penelitian dalam kegiatan ini menggunakan 2 siklus,  pada setiap siklus terdapat perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. ptk seni rupa

Hasil penelitian ini yaitu dalam pembelajaran pembuatan seni patung dengan PTK ini mampu meningkatkan kreatifitas dan prestasi khususnya kelas VIII dan siswa pada umumnya.
Semoga Penelitian Tindakan Kelas ini bermanfaat bagi semua pihak dan berguna untuk pengembangan pendidikan seni rupa.


ptk seni budaya smp kelas 8, ptk seni musik smp kelas vii, ptk seni budaya smp kelas 7, ptk seni rupa smp kurikulum 2013, ptk seni lukis, contoh ptk seni budaya musik, ptk seni budaya smp kelas 9, ptk seni budaya smp kelas 7 doc.