PTK PAI SD - UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL DALAM PEMBELAJARAN PAI ASPEK AKHLAK
PTK PAI SD - Pendidikan Agama Islam merupakan pembelajaran mengenai bimbingan jasmani serta rohani,berasaskan hukum-hukum Islam mengarah pada terbentuknya suatu kepribadian mengikuti kaidah-kaidah Islam. Dalam hal ini PTK PAI SD masih menemukan adanya masalah dalam pembelajarannya.
PTK PAI DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DI TINGKAT SEKOLAH DASAR
Pada masa kini, Pendidikan Agama Islam masih ditemui berbagai permasalahan. Salah satu kendala dan hambatan yang selama ini menyelimuti pendidikan Islam adalah ketika menjalankan model pembelajaran. Model pembelajaran selama ini masih didominasi metode ceramah. judul ptk pai sd
Model pembelajaran tersebut masih terus digunakan oleh pengajarkhususnya dalam menyampaikan materi Pendidikan Islam karena dianggap paling sederhana dan cukup dengan melisankan informasi. Hal ini mengakibatkan siswa menjadi jenuh dengan kriteria belajar yang sama setiap sesi waktunya.
Maka dari itu, perlu peran guru dalam PTK PAI SD untuk mengoreksi teknik pembelajaran yang seharusnya diterapkan. Sebagai saran dapat menggunakan aktivitas belajar dengan diselingi permainan dengan sistem skor untuk setiap kuis sehingga para siswa berlomba-lomba meraih poin tertinggi.
PEMBAHASAN ASPEK AKHLAK PADA PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM
Pendidikan Agama Islam tidak lepas dari mempelajari aspek akhlak. Dalam aktivitas belajar mengajar sifat disiplin, hidup bersih, patuh, jujur, penolong, adil, hormat, menghargai dan sebagainya merupakan bagian dari akhlak terpuji. Dengan melakukan pembelajaran sifat terpuji tersebut harus lebih ditonjolkan.
Akhlak berperan penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, kemajuan dan kemerosotan suatu bangsa bergantung pada bagaimana akhlak penduduknya. Pada siswa SD yang masih bersifat polos dan rentan perlu dibimbing agar mereka diarahkan pada pengamalan aspek akhlak terpuji.
PERAN PENGAJAR DALAM MEMBANGUN AKHLAK TERPUJI ANAK DIDIKNYA
Guru dalam mengajar Agama Islam tentu ingin para siswanya memiliki akhlak terpuji. Maka dari itu perlu dilakukan penelitian tindakan kelas agar metode mengajarnya tidak sebatas menyampaikan tapi sekaligus memberikan kesan bahwa akhlakul karimah memberikan banyak hal positif bagi siapapun.
Pembelajaran Agama Islam tidak harus cenderung dalam bentuk ceramah saja melainkan dapat menggunakan variasi metode lain yang lebih berpengaruh dalam membangun aspek akhlak terpuji para siswa SD. Maka dari itu dengan PTK PAI SD guru dapat membenahi cara mengajar kepada muridnya.
CONTOH LENGKAP PTK PAI SD KELAS V
Berdasarkan observasi awal, proses pembelajaran PAI di SDN khususnya kelas V masih belum optimal dalam meningkatkan kecerdasan emosional. Hal ini dibuktikan dengan guru yang masih menggunakan metode yang belum tepat dan mengarah pada peningkatan kecerdasan emosional sehingga kurang adanya respon peserta didik secara emosional tentang materi yang disampaikan. Hal ini berdampak pada peserta didik yang pasif dan kurang mampu mengoptimalkan kecerdasan emosionalnya. Metode kisah adalah metode pembelajaran yang menggunakan pendekatan emosional sehingga mampu meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik dalam pembelajaran dan mengasah kemampuan intelektualnya sehingga meningkatkan kecerdasan emosionalnya. Dalam hal ini permasalahan yang diajukan adalah apakah penerapan metode kisah mampu meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik, Adapun untuk menggambarkan kecerdasan emosional peserta didik dilihat dari hasil angket dan aktivitas peserta didik pada saat berlangsungnya pembelajaran. Pengumpulan data ini dengan menggunakan metode observasi dan angket. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif non statistik. proposal ptk pai kurikulum 2013
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari pra siklus, siklus I dan siklus 2. Adapun tiap siklus terdiri dari empat prosedur yaitu Perencanaan (Planning), Pelaksanaan tindakan (Acting), Observasi (Observing) dan Refleksi (Reflecting). Dengan subjek penelitian kelas V SDN sebanyak 25 peserta didik. Pada pra siklus peneliti melakukan pengamatan dan menyebarkan angket. Pada saat proses pembelajaran PAI aspek akhlak dengan materi pokok sifat-sifat terpuji sebelum menggunakan metode kisah. Pada tahap pra siklus presentase 65,40 % diporoleh dari jawaban angket kecerdasan emosional peserta didik. Pada siklus I prosentasenya 72,84 %, pada siklus 2 prosentase naik menjadi 76,92 %. Pada pra siklus presentasenya adalah 57,5%. Pada siklus I setelah dilaksanakan tindakan kecerdasan emosional peserta didik meningkat 72,5 %. Sedangkan pada siklus 2 setelah diadakan evaluasi pelaksanaan tindakan pada siklus 2 kecerdasan emosional mengalami peningkatan yaitu 77,5%. Dari tiga tahap tersebut jelas bahwa ada peningkatan sesudah diterapkan metode kisah dengan sebelumnya. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat peningkatan kecerdasan emosional dalam mengikuti pembelajaran dengan metode kisah.
download ptk pai sd, download ptk pai sd kelas 5 lengkap, contoh ptk pai sd untuk kenaikan pangkat, ptk pai sd masa pandemi, ptk pai sd kurikulum 2013, ptk pai sd tentang puasa, ptk pai sd tentang shalat, ptk pai sd tentang wudhu, ptk pai sd daring, download ptk pai sd lengkap doc, contoh ptk pai sd kelas 3, ptk pendidikan agama islam sd kelas 4, ptk pai sd kelas 6, contoh laporan ptk pai sd.