PTK MATEMATIKA SMP - MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS IX SMP
PTK MATEMATIKA SMP - Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang memiliki peranan penting pada bidang pendidikan Materi belajar ini didapatkan oleh semua peserta didik mulai dari jenjang pendidikan SD sampai Perguruan Tinggi. Demi pembelajaran lebih efektif, PTK Matematika SMP dapat menjadi acuan.
ACUAN PEMBELAJARAN PTK MATEMATIKAPADA JENJANG PENDIDIKAN SMP
Suatu pembelajaran mengacu pada sesuatu yang dapat membentuk karakter manusia untuk berpikir lebih kritis. Kemudian memiliki kapasitas dalam merumuskan petunjuk logisterkait suatu permasalahan yang semakin komplek. Karakter problem solver tersebut dapat dibangun melalui materi Matematika.
Sekolah Menengah Pertama diharapkan dapat memberi peranan penting demi mewujudkan karakter manusia yang kritis dan berkompeten sebagai pemecah masalah. Melalui acuan pembelajaran Matematika peserta didik akan terdorong untuk memahami konsep matematika. download ptk matematika smp kelas 9 lengkap
Selain itu dapat menjelaskan keterikatantiap konsep lalu menerapkannya secara akurat, efisien, tepat dan cermat dalam memecahkan masalah. Maka dari itu demi menunjang pembelajaran, PTK Matematika SMP dapat dijadikan acuan untuk mencari tahu metode belajar seperti apa yang cocok diterapkan.
PERANAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL SEBAGAI METODE PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Melalui pendekatan kontekstual guru akan membimbing cara belajar lebih baik dengan membentuk kelompok-kelompok diskusi. Jika diketahui jumlah peserta didik dalam satu kelas ada 30 orang, bentuklah menjadi 7 kelompok dengan 5 kelompok diisi oleh empat siswa, dan 2 kelompok untuk 5 siswa.
Penerapan pendekatan kontekstual pada pembelajaran matematika memberi perubahan cara belajar yang selama ini terlihat monoton. Dampak signifikan ketika PTK Matematika SMP diperoleh melalui metode belajar tersebut antara lain:
• Siswa menjadi lebih aktif untuk berinteraksi dengan anggota kelompoknya dalam memecahkan masalah khususnya salah satu materi pembahasan Matematika.
• Memicu kemauan dari beberapa siswa untuk aktif bertanya, padahal sebelumnya lebih banyak diam di kelas.
• Diperoleh kekompakan dan rasa saling menghargai antar sesama kelompok belajar.
• Salah seorang siswa mengajak temannya yang masih belum memahami dengan benar dengan berdiskusi dan mencontohkannya dalam tulisan.
• Terbentuk proses belajar untuk mendorong siswa SMP berinisiatif dan kooperatif dalam memecahkan masalah khususnya menyangkut tugas Matematika yang diberikan oleh guru.
Melalui PTK Matematika SMP memberikan panduan pembelajaran efektif untuk para siswa agar lebih aktif dalam menjalani mata pelajaran. Khususnya dalam hal ini pendekatan kontekstual memberi kesempatan bagi peserta didik untuk lebih aktif bertanya dan berdiskusi.
DOWNLOAD CONTOH PTK MATEMATIKA SMP KELAS IX
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, dan patisipasi siswa yang masih rendah dalam proses pembelajaran matematika di kelas IX SMP.
Pemecahan masalah rendahnya partisipasi siswa di kelas IX SMP adalah dengan penerapan metode tutor sebaya. Setelah diterapkan metode tutor sebaya partisipasi siswa kelas IX dalam pembelajaran matematika meningkat. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus terhadap 37 orang siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi oleh guru dan kolaborator, dan analisis data dilakukan secara deskripsi dengan teknik persentase. Tingkat partisipasi siswa dinyatakan dengan kategori tinggi, sedang, atau rendah, sedangkan keberhasilan tutor sebaya dinyatakan dengan berhasil, kurang berhasil, atau tidak berhasil. contoh proposal ptk matematika smp kurikulum 2013
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut: 1) Keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran tinggi, karena telah mencapai kriteria yang ditetapkan yakni 100% siswa terlibat aktif, 2) Frekuensi siswa yang bertanya tinggi, karena kriteria yang telah tercapai 76%, sedangkan kriteria 75%, 3) Siswa yang mampu mengajukan pendapat sedang, karena meskipun belum memenuhi kriteria tetapi dari segi kuantitas mengalami peningkatan, 4) Siswa yang mampu menjawab pertanyaan tinggi yaitu 83%, sedangkan kriteria 80%, dan 5) Kinerja kelompok tinggi, karena sangat kompak dan dapat menyelesaikan tugas tepat waktu. Dengan demikian implementasi metode tutor sebaya berhasil meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran matematika di kelas IX SMP.
ptk matematika smp word, ptk matematika smp untuk kenaikan pangkat, ptk matematika smp kelas 7 lengkap, ptk matematika smp kelas 8, download ptk matematika smp kelas 9 lengkap,
ptk matematika smp kelas 7 lengkap pdf, ptk matematika smp masa pandemi, ptk matematika smp kelas 8 doc, ptk matematika kurikulum 2013 smp, ptk matematika smp terbaru.