Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

PTK MATEMATIKA SMK - IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER MENGGUNAKAN LKS PADA MATERI POKOK PERSAMAAN KUADRAT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMK

PTK MATEMATIKA SMK - Matematika adalah bidang studi penting yang dipelajari sejak tingkat Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi. Pembahasandi dalamnya identik dengan perhitungan. Salah satunya materi persamaan kuadrat. PTK Matematika SMK dalam hal ini bertujuan memberikan solusi model pembelajaran agar lebih efektif.

PTK MATEMATIKA SMA DALAM MELINGKUPI MATERI PERSAMAAN KUADRAT

Penelitian tindakan kelas perlu dilakukan untuk mengidentifikasi apakah siswa sudah mampu menerima pelajaran dengan baik atau memerlukan peningkatan dalam proses pembelajaran. Khususnya dalam persamaan kuadrat sering ditemui kesulitan oleh para siswa untuk memahami proses pengerjaannya. ptk matematika smk
Berbagai kendala yang ditemukan selama proses pembelajaran matematika dalam pokok bahasan materi persamaan kuadrat berlangsung, antara lain:
Siswa kurang mengerti tahap perhitungan persamaan kuadrat seperti memfaktorkan, melengkapkan kuadrat sempurna dan mengikuti rumus perhitungan.
Suasana belajar yang belum kondusif.
Guru lebih sering menjelaskan secara teoritis dengan penjelasan lisan.
Siswa lebih sering bergantung pada jawaban teman sekelasnya yang memahami materi persamaan kuadrat.
Cara guru mengajar lebih kepada menjelaskan isi buku ajar.
Kendala-kendala di atas tentunya akan memberikan dampak terhadap hasil belajar siswa yang kurang memuaskan. Bahkan minat siswa untuk belajar matematika semakin menurun. PTK Matematika SMA mencoba memberikan solusi agar guru dapat menggunakan model pembelajaran yang lebih efektif.


PTK MATEMATIKA MEMBERI PILIHAN METODE PEMBELAJARAN

Mengingat cara mengajar guru yang cenderung monoton tersebut, langkah berikutnya perlu menerapkan variasi teknik pembelajaran. Misalnya menggunakan model the power of two sebagaimana melibatkan peran dari para siswa untuk aktif dalam mengikuti proses pembelajaran materi persamaan kuadrat. contoh ptk matematika smk
Guru dalam hal ini membentuk kelompok yang masing-masing diisi oleh dua orang siswa. Tujuannya agar terlihat kemampuan bersinergi di antara keduanya. Cara pembelajaran seperti ini akan membangun motivasi belajar yang datang dari dalam diri dan luar diri siswa SMA tersebut. 
Melihat betapa pentingnya mempelajari persamaan kuadrat maka perlu peran aktif antara guru dan murid. Sebab jika kualitas belajar tidak sesuai harapan, maka hasil belajar matematika siswa kurang memuaskan. Maka dari itu PTK Matematika SMA diberlakukan untuk mengatasi kendala tersebut.

CONTH PTK MATEMATIKA SMK KELAS X TERBARU

Implementasi Model Pembelajaran Advance Organizer Menggunakan LKS pada Materi Pokok Persamaan Kuadrat untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X di SMK.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pelaksanaan model pembelajaran Advance Organizer menggunakan LKS pada materi pokok persamaan kuadrat di Kelas X SMK. 2) apakah model pembelajaran Advance Organizer menggunakan LKS dapat meningkatkan hasil belajar pada materi pokok persamaan kuadrat di Kelas X SMK. 
Dalam penelitian ini terbagi menjadi tiga tahap yaitu tahap pra siklus, siklus 1 dan siklus 2. Pada pra siklus diperoleh data dari nilai belajar materi persamaan kuadrat sebelum menerapkan model pembelajaran Advance Organizer menggunakan LKS dua tahun sebelumnya yang kemudian dirata-rata.Yaitu prosentase ketuntasan klasikal hanya 56,98% dengan rata-rata kelas sebesar 58,16. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes untuk mengetahui hasil belajar peserta didik pada tiap siklusnya. Indikator keberhasilan dalam melaksanakan penelitian ini di antaranya adalah rata-rata kelas minimal mencapai 60 dengan ketuntasan klasikal minimal 75%.

Hasil penelitian pada siklus 1 prosentase ketuntasan klasikal sebesar 68,57% dengan rata-rata 62,77, ketuntasan klasikalnya naik 11,59% dan rata-ratanya naik 4,61 dari hasil belajar pra siklus. Sedangkan pada siklus 2 prosentase ketuntasan klasikal naik 17,14% menjadi 85,71% dengan rata-rata kelas yang mencapai 70 yaitu naik 7,23 poin dari siklus 1.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi sekolah, pada khususnya tenaga pengajar matematika di SMK untuk meningkatkan penerapan model pembelajaran Advance Organizer dalam proses pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar.


ptk matematika sma k13, download ptk matematika sma lengkap, download ptk matematika sma kelas xi, ptk matematika sma masa pandemi, ptk matematika sma lengkap doc, ptk matematika sma kelas xii doc, ptk matematika sma untuk kenaikan pangkat, ptk pembelajaran daring matematika sma, contoh ptk matematika sma, ptk matematika sma kurikulum 2013, ptk matematika sma pdf.