PTK KIMIA SMA - PENERAPAN METODE TEAM QUIZ SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI POKOK REAKSI REDUKSI OKSIDASI
PTK KIMIA SMA - Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam khususnya Kimia mempelajari struktur, komposisi sifat, perubahan, dan energi materi. Ilmu kimia berkaitan erat dengan ilmu Fisika, Biologidan cabang pengetahuan lainnya. Topik Reaksi Reduksi Oksidasi merupakan topic PTK Kimia SMA yang patut untuk dibahas.
PTK KIMIA SMA DALAM MEMBAHAS MATERI REAKSI REDUKSI OKSIDASI
Topik pembelajaran Redoks adalah bagian dari reaksi kimia yang mana Reduksi merupakan penambahan elektron sedangkan Oksidasi adalah pelepasan elektron oleh sebuah ion, atom dan molekul. Pada pengamatan pengerjaan para siswa dan proses mengajar terdapat kekurangan seperti :
• Topik dari mata pelajaran kimia membutuhkan jam belajar lebih,kuantitas penyajian yang terbatas dan masih banyak mata pelajaran lain perlu diikuti oleh siswa menyebabkan mereka tidak terlalu fokus dalam mempelajari materi diberikan guru. contoh laporan penelitian tindakan kelas sma
• Konsep-konsep kimia bersifat abstrak, banyak rumus dan perhitungan termasuk reaksi reduksi oksidasi dalam hal ini. Sehingga proses pengerjaan yang kompleks dirasa sulit oleh siswa termasuk menganilis, memahami, dan menjalankannya dalam kehidupan sehari-hari.
• Tidak semua siswa memiliki kemampuan nalar dan perhitungan yang baik sebagaimana kimia membutuhkan ketelitian dan hasil reaksi harus sesuai.
Melalui berbagai kendala yang diamati pada poin-poin di atas PTK Kimia SMA mendapati proses belajar mengajar kimia membutuhkan perhatian lebih agar mampu meningkatkan pembelajaran lebih baik kedepannya.
PTK KIMIA SMA DALAM MENYEDIAKAN METODE PEMBELAJARAN KIMIA
Dalam pembelajaran kimia pada tingkat SMA sikap profesional guru ketika mengajarkan dapat mengubah pandangan siswa yangpada awalnya menganggap kimia sebagai materi pelajaran menyulitkan menjadi pelajaran menyenangkan serta dapat mengolahnya secara tepat.
Maka dari itu guru juga harus memiliki strategi belajar mengajar yang tepat sehingga ketika pembelajaran berlangsung diperoleh situasi dan kondisi sesuai harapan. Model pembelajaran kooperatif layak untuk dicoba agar para siswa terlibat secara aktif dan saling bekerja sama dalam mengatasi masalah.
Pembelajaran Kimia mengenai reaksi reduksi oksidasi sudah menjadi topik bahasan pokok yang semestinya tidak menjadi beban belajar siswa. Selama ada kecocokan strategi mengajar dari guru dalam memilih metode pembelajaran mana yang seharusnya digunakan seperti terdapat pada PTK Kima SMA.
CONTOH LENGKAP PTK KIMIA SMA KELAS X
Penerapan Metode Team Quiz sebagai upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kimia pada Materi Pokok Reaksi Reduksi Oksidasi adah judul dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini. Latar belakang yang mendasari judul ini diantaranyan adalah belum adanya variasi guru dalam menerapkan metode pembelajaran yang dapat mengaktifkan peserta didik di sekolah, guru lebih sering menggunakan metode ceramah sehingga peserta didik cenderung kurang aktif di kelas ketika pembelajaran. Hasil belajar peserta didik juga masih rendah dimana nilai rata-ratanya belum memenuhi KKM yang ditetapkan oleh ssekolah.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui 1) penerapan metode team quiz pada materi pokok reaksi reduksi oksidasi. 2) melalui penerapan metode pembelajaran team quiz dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran kimia materi pokok reaksi reduksi oksidasi. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas X IPA.2 SMAN. Keaktifan peserta didik pada pembelajaran di reaksi reduksi oksidasi masih kurang aktif. Peserta didik hanya menunggu sajian dari guru sehingga mereka kurang aktif dalam menemukan konsep sendiri. Dalam mempelajari materi reaksi redoks peserta didik cenderung menghafalkan contoh, sehingga konsep yang mereka terima akan sulit dipahami. Untuk itu diperlukan pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan peserta didik. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode team quiz. Obyek penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA.2 SMAN dengan jumlah 31 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. ptk kimia laju reaksi
Hasil belajar peserta didik diperoleh dari nilai Lembar Kerja Diskusi Kelompok yang dikerjakan oleh peserta didik dengan menggunakan metode team quiz dan nilai tes evaluasi di tiap akhir siklus. Pada pra siklus rata-rata hasil belajar 56,97 dengan ketuntasan 50%. Setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I, dengan metode team quiz, peserta didik menjadi aktif dan pemahaman konsep peserta didik menjadi meningkat. Nilai rata-rata 67,96 dengan ketuntasan klasikal sebesar 71,11%. Sedangkan pada siklus II setelah diadakan refleksi pelaksanaan tindakan pada siklus I, rata-rata hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan yaitu sebesar 70 dan ketuntasan klasikal sebesar 86,67%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dan hasil belajar peserta didik pada materi pokok reaksi reduksi oksidasi dengan metode team quiz meningkat.