Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

PTK IPS SMA - PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK STRIP PADA MATA PELAJARAN EKONOMI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMA

PTK IPS SMA - Pembelajaran ekonomi di tingkat Sekolah Menengah ke Atas bertopang pada aktivitas multi domain serta multi dimensi. Hal ini mengartikan bahwa merancang model pembelajaran perlu pendekatan yang bervariasi. PTK Ekonomi SMA kelak dapat dijadikan acuan bagi guru saat menyampaikan materinya.

PENGARUH PTK EKONOMI SMA DALAM MODEL PEMBELAJARAN

Pembelajaran ekonomi mengarahkan siswa untuk menganalisis, memahami, mengimplementasi dan mengevaluasi wawasan terkait penyebab suatu kejadian. Mata pelajaran ini bukan materi yang sifatnya berupa hapalan. Siswa sedapat mungkin memahami peristiwa ekonomi secara konkrit.
Dari sisi guru sendiri sebaiknya menerapkan model pembelajaran yang kreatif demi tercapainya tujuan belajar bidang ekonomi. Pengajar membawa andil besar selama proses belajar mengajar. Namun bukan berarti para siswanya harus bersifat pasif menerima semua materi cukup dengan duduk mendengarkan. ptk ekonomi kenaikan pangkat
Pembelajaran ekonomi membutuhkan peran aktif dari pihak guru maupun muridnya. Hal ini menjadi landasan diberlakukannya PTK Ekonomi SMA agar menemukan model pembelajaran yang lebih variatif dan tidak monoton dengan penjelasan guru. Siswa juga perlu turut aktif dalam menjalani proses belajar. 

PEMBELAJARAN EKONOMI MELALUI MEDIA KOMIK

Komik identik dengan bahan bacaan menarik dan menghibur. Namun ada manfaat lain ketika media tersebut dijadikan teknik pembelajaran oleh guru. Bedanya, isi cerita lebih mengangkat pada fenomena sosial yang umum terjadi di masyarakat. Melalui cara ini siswa terpicu untuk mengembangkan ide kreatif.
Pada prakteknya, guru yang mengajar mata pelajaran ekonomi akan melibatkan semua siswa SMA di kelas tersebut. Setelah itu dilanjutkan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
Masing-masing siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
Guru kemudian membagikan komik pada masing-masing kelompok.
Setiap anggota kelompok diminta untuk membaca secara kritis mengenai maksud fenomena yang terjadi pada gambar komik tersebut.
Guru kemudian meminta masing-masing kelompok untuk mendiskusikan kelucuan yang dihadirkan pada fenomena dalam cerita komik tersebut.
Guru secara tidak langsung memberi semacam kisi-kisi berupa fakta atau kontroversi yang berhubungan dengan fenomena dalam cerita komik tersebut.
Masing-masing kelompok kemudian menuliskan jawaban pada lembar lain yang berisi soal-soal terkait mata pelajaran ekonomi dengan merujuk pada cerita komik tadi.

Melibatkan media dalam pembelajaran ekonomi sangat berpengaruh hampir di semua lini selain guru berperan aktif, para siswa turut memberikan kontribusi. Ditambah lagi suasana belajar terlihat lebih menyenangkan. Hal inilah yang ingin dicapai dari penerapan PTK Ekonomi SMA.

CONTOH PTK IPS EKONOMI KELAS XI - MEDIA KOMIK

Berdasarkan pengamatan awal diketahui bahwa motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI SMAN diperoleh data sebesar 50% yang meliputi kemampuan siswa memperhatikan penjelasan guru dengan baik, kemampuan siswa menunjukkan rasa minat dan antusias yang tinggi untuk belajar dan sebagainya masuk dalam kategori rendah. Hasil belajar siswa juga masih rendah. Hal ini dibuktikan dengan ketuntasan hasil belajar siswa XI menunjukkan bahwa dari 39 siswa, hanya 47% siswa yang tuntas, sedangkan 53% lainnya siswa tidak tuntas. Permasalahan dalam penelitian ini adalah motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa kelas XI masih rendah. Oleh karena itu, peneliti akan menerapkan media komik strip pada mata pelajaran ekonomi untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI di SMAN. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 39 siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaborasi antara guru dan peneliti. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes dan observasi. Teknik Analisis datanya adalah deskriptif persentase dan analisis regresi sederhana. ptk sma kurikulum 2013

Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 23,43%. Pada siklus I diperoleh motivasi belajar siswa dengan persentase skor sebesar 58,53%. Pada siklus II meningkat menjadi 81,96%. Hasil belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 22,22%. Pada siklus I diperoleh hasil belajar siswa sebesar 62,22% dengan rata-rata hasil belajar siswa 72,8. Pada siklus II hasil belajar meningkat menjadi 84,44% dengan rata-rata hasil belajar siswa 84,06.
Kesimpulan penelitian ini adalah ada peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI SMAN menggunakan media komik strip pada mata pelajaran ekonomi. Saran penelitian ini adalah Untuk meningkatkan siswa lebih aktif lagi dalam bertanya pada saat proses pembelajaran dapat dilakukan dengan cara memberikan nilai tambahan bagi siswa yang mau bertanya.


contoh ptk geografi, ptk geografi sma kelas xii, proposal ptk geografi sma pdf, penelitian tindakan kelas geografi, ptk guru geografi, judul ptk geografi, judul penelitian tindakan kelas geografi sma, download ptk sma lengkap, ptk geografi sma kelas xii, download ptk ekonomi sma lengkap doc,
proposal ptk geografi sma pdf, ptk sma kurikulum 2013, ptk ekonomi sma pdf, contoh ptk geografi, ptk ekonomi sma kelas xii,