PTK IPA SD - UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA REALITA
PTK IPA SD - Ilmu Pengetahuan Alam merupakan salah satu pelajaran pokok termasuk pada kurikulum pendidikan Indonesia khususnya pada tingkat sekolah dasar. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam dapat menjadi sarana bagi siswa SD untuk memahami diri sendiri dan alam sekitarnya. PTK IPA SD mencakup metode pembelajaran efektif.
PERLUNYA PTK IPA SD DALAM MEMBENAHI CARA PEMBELAJARAN
Pembelajaran IPA pada tingkat Sekolah Dasar memberi peluangdalam memicu rasa ingin tahu siswa secaraalami. Melalui proses tersebut dapat membantu siswa untuk memiliki keberanian dalam bertanya dan mengeksplorasi jawaban berdasarkan percobaan serta potensi berpikir secara ilmiah.
Namun minat siswa semakin lama semakin menurun dalam belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Faktor penyebab hal ini adalah karena masing-masing anak didik memiliki penalaran berbeda ketika menyerap apa yang dijelaskan gurunya. Dilatar-belakangi hal tersebut maka perlu diadakan PTK IPA SD. contoh proposal ptk sd kelas 5 ipa pdf
Guru selalu berupaya mencari dan menerapkan berbagai model pembelajaran agar lebih bervariasi demi menarik minat siswa untuk lebih aktif dalam belajar IPA.Sehingga pengajar mulai menyeleksi metode pembelajaran seperti apa yang sesuai dengan keadaan para anak didik di kelasnya.
MEDIA REALITA SEBAGAI MODEL PEMBELAJARAN IPA
Media Realita merupakan salah satu teknik pembelajaran dengan menggunakan objek asli atau mirip dengan bentuk original. Melalui media tersebut mampu membangun keinginan dan daya tarik siswa dalam suasana belajar yang menyenangkan namun membawa ingatan visual yang kuat.
Lewat media nyata tersebut guru akan mengajarkan kepada para siswanya dengan membawa tumbuhan, hewan hidup seperti ikan, udang, dan sebagainya. Dapat juga berupa tiruan model yang mirip sistem pencernaan, pernafasan, dan rangka makhluk hidup. Cara pembelajaran tersebut diperoleh :
• Guru dengan mudah menjelaskan kepada siswa terkait struktur, bagian, dan sistem pada tubuh makhluk hidup.
• Siswa menjadi lebih aktif untuk banyak bertanya karena didorong rasa ingin tahu yang besar.
• Suasana belajar yang menyenangkan dan memberi dampak jangka panjang terhadap ingatan serta kemampuan siswa dalam memahami materi yang dijelaskan guru.
Variasi model pembelajaran tidak ada salahnya bila berganti-ganti diterapkan oleh guru demi membangun suasana belajar yang berkualitas. Menggiring siswa untuk aktif, termotivasi hingga memahami dengan serius materi yang diajarkan. Sehingga PTK IPA SD menjadi efektif untuk dilakukan.
CONTOH PTK IPA SD KELAS 5 TERBARU WORD
Latar belakang masalah. IPA merupakan salah satu mata pelajaran SD yang menjadi mata pelajaran untuk Ujian Nasional. Pembelajaran IPA sangat berperan dalam proses pendidikan dan perkembangan teknologi. Untuk itu skenario pembelajaran konstruktif dan inovatif sangat diperlukan. Penggunaan media realita dalam pembelajaran IPA menjadi penting.
Masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah “Apakah penggunaan media realita dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang “ciri-ciri khusus tumbuhan” bagi siswa kelas VI SD.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan Model spiral dari Kemmis, S. dan Mc Taggart, R dengan menggunakan 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 3 tahap yakni 1) perencanaan tindakan (planning), 2) pelaksanaan tindakan (action) dan pengamatan (observation), dan 3) refleksi (reflection). Adapun instrumen penelitiannya dengan menggunakan butir¬butir soal dan lembar observasi. Deskriptif komparatif yang meliputi jumlah, mean, skor minimal-maksimal, persentase, membandingkan dan grafik/diagram adalah teknik anaisis yang digunakan.
Hasil penelitian menunjukkan, bahwa penggunaan media realita dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Semester I dengan kompetensi dasar Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan. Hasl ini nampak pada prasiklus, skor rata-rata sebesar 67.85, pada siklus I naik menjadi 71, sikus II 71,45. Pada Pra Sikus Ketuntasan belajar 25 %, siklus I Ketuntasan belajar 45% dan pada siklus II Ketuntasan belajar 100 %. ptk ipa sd doc
Saran tindak lanjut bahwa dalam proses pembelajaran hendaknya guru menggunakan media pembelajaran yang bervariasi seperti media realita. Disarankan siswa belajar lebih banyak menggunakan belajar secara berkelompok, berdiskusi bersama teman-temannya mengenai materi yang harus dipelajari. Sesuai dengan temuan bahwa media realita dapat meningkatkan hasil belajar siswa maka kepada guru atau pendidik sebaiknya menggunakan media realita dalam pembelajaran IPA.
download ptk sd kelas 6 lengkap word, download ptk ipa sd kelas 5 lengkap word, ptk ipa sd kelas 6 pdf, download ptk sd kelas 4 lengkap word kurikulum 2013, ptk ipa sd kelas 4 pdf, proposal ptk ipa sd pdf, download ptk sd ipa, ptk sd kelas 5 ipa, contoh ptk pembelajaran daring, download ptk sd masa pandemi, proposal ptk ipa sd pdf.