Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

PTK IPA SD - IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA BAGI SISWA KELAS 5 SDN

PTK IPA SD - Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam cara mencari  tahu mengenai alam dengan sistematis sehinggaberupa kumpulan wawasanberupa fakta, konsep dan prinsip dan penemuan. Hadirnya PTK IPA SD memberikan acuan bagi guru agar memilih model pembelajaran yang memberi motivasi belajar siswa.

MATERI PEMBENTUKAN TANAH DALAM PEMBELAJARAN IPA

Mata pelajaran IPA mencakup tentang ilmu lingkungan yang erat kaitannya dengan proses pembentukan tanah. Subbab bahasan materi tersebut diajarakan pada tingkat Sekolah Dasar agar para siswa memahami pentinganya material bumi tersebut. 
Tanah mendukung kehidupan manusia, hewan dan tumbuhan. Proses terbentuknya tanah berasal dari batuan lapuk akibat pelapukan fisika, kimia dan biologi. Melihat kondisi tersebut sangat erat kaitannya dengan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam khusunya pembelajaran di Tingkat Sekolah Dasar. ptk ipa sd doc
Subbab bahasan materi tersebut perlu perhatian guru sebagai faktor penentu keberhasilan belajar siswa. Sebab melalui model pembelajaran yang dipilih, para siswa secara tidak sadar akan tetap mengikuti alur pembelajaran tersebut. PTK IPA SD dalam hal ini mencari metode yang tepat dalam pembelajaran.


PTK IPA SD DALAM PEMBELAJARAN IPA TINGKAT SEKOLAH DASAR

Penelitian tindakan kelas melalui berbagai proses pengamatan. Pemantauan dilihat dari sisi guru dan para murid serta ketersediaan media belajar. Sejauh ini metode pembelajaran terlihat kurangnya variasi sehingga hanya terfokus di kelas dan bertolak pada buku ajar. 
Sebagai solusi pembelajaran, guru dapat merujuk kepada model pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing. Sebab melalui cara ini memberikan manfaat sebagai berikut:
Meningkatkan keterlibatan siswa secara aktif dalam memperoleh informasi. 
Mengarahkan siswa untuk terus belajar sehingga ketergantungan terhadap guru semakin berkurang.
Guru membawa murid keluar kelas untuk melakukan praktikum IPA secara langsung pada lingkungan luar khususnya mengenai materi pembentukan tanah.
Siswa dapat mengamati langsung mengenai batuan, ciri-ciri, jenis dan sebagainya melalui pembelajaran individu maupun berkelompok.
Bertambahnya pemahaman siswa terkait proses pembentukan tanah yang dihadirkan melalui pelapukan kimia, fisika dan biologi.
Melalui model pembelajaran yang membawa siswa pada peran aktif akan mendukung proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam sesuai harapan dan mencapai keberhasilan dalam belajar seperti yang diupayakan pada pembuatan PTK IPA SD.

DOWNLOAD PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) IPA SD KELAS V

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan kompetensi dasar tanah dan struktur bumi. Rendahnya minat dan hasil belajar siswa disebabkan pembelajaran masih terpusat pada guru. Guru masih menggunakan model pembelajaran ceramah sehingga perlu menggunakan model pembelajaran yang menarik minat siswa. Tujuan yang akan dicapai adalah untuk meningkatkan minat dan hasil belajar IPA bagi siswa kelas 5 di SDN dengan menggunakan model pembelajaran Jigsaw.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan masing-masing siklus 2 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 SDN sejumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan pemberian angket minat dan tes setiap siklus.

Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terjadi peningkatan minat dan hasil belajar siswa terhadap pemahaman dengan kompetensi dasar tanah dan struktur bumi. Peningkatan minat belajar siswa pada pra siklus hingga siklus 2 yaitu pada pra siklus minat belajar siswa pada kategori kurang berminat, pada siklus 1 berada pada kategori cukup berminat dan pada siklus 2 berada pada kategori berminat. Sedangkan untuk peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa tersebut terjadi secara bertahap. Pada kondisi awal terdapat 5 siswa (20%) yang telah tuntas, siklus 1 terdapat 15 siswa (60%) yang telah tuntas, dan siklus 2 terdapat 21 siswa (84%) yang telah tuntas. contoh ptk lengkap
Saran dalam penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan kepadapara pendidik khususnya guru SD untuk dapat mengembangkan model pembelajaran jigsaw dalam mengajar dan menambah pengetahuan, pemahaman materi yang akan diajarkan dan dapat memberi manfaat dalam kegiatan belajar mengajar khususnya dalam meningkatkan minat dan hasil belajar siswa.


download ptk sd kelas 6 lengkap word, download ptk ipa sd kelas 5 lengkap word, ptk ipa sd kelas 6 pdf, download ptk sd kelas 4 lengkap word kurikulum 2013, ptk ipa sd kelas 4 pdf, proposal ptk ipa sd pdf, download ptk sd ipa, ptk sd kelas 5 ipa, contoh ptk pembelajaran daring, download ptk sd masa pandemi, proposal ptk ipa sd pdf.