Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

PTK IPA BIOLOGI SMA - PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PORTOFOLIO PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI POKOK ENZIM


PTK IPA BIOLOGI SMA - Biologi adalah salah satu cabang dari Ilmu Pengetahuan Alam. Pembahasannya terkait dengan segala sesuatu yang menyangkut dengan makhluk hidup. Dalam pembelajarannya perlu ada pemahaman lebih karena cakupan topik materi Biologi sangat luas maka PTK Biologi SMA membantu dalam proses belajar.


PTK BIOLOGI SMA DALAM LINGKUP MATERI ENZIM

Pembelajaran biologi dalam topik khusus materi Enzim perlu adanya pendekatan kontekstual yang dapat membantu para murid menghubungkan antara materi dengan situasi di kehidupan nyata. Kemudian memicu mereka untuk menghubungkan antara pengetahuan dengan penerapan di kehidupan sehari-hari. 
PTK BIOLOGI SMA dalam hal ini mengamati peran guru dalam menetapkan kualitas serta kuantitas pembelajaran. Oleh sebab itu pengajar harus mempertimbangkan sekaligus merencanakan dengan seksama demi memperbaiki cara mengajarnya. judul ptk biologi sma
Salah satu materi utama biologi adalah membahas tentang enzim. Namun pada praktek pembelajarannya materi pokok tersebut tidak disertai dengan pengertian dan pemahaman mendalam sehingga sesuatu yang didapat hanya berupa hapalan dan sekedar tahu dari penjelasan guru. 

FUNGSI PTK BIOLOGI SMA DALAM MENGATASI KENDALA BELAJAR MATERI UTAMA BIOLOGI

Penelitian awal ketika dilakukan mendapati berbagai penyebab hasil belajar para siswa SMA terkait mata pelajaran Biologi adalah sebagai berikut :
Rendahnya minat siswa untuk mengerti lebih jauh tentang topik apa saja yang terkandung dalam mata pelajaran Biologi.
Sistem belajar lebih mengedepankan hafalan-hafalan seputar topik Biologi yang saat itu sedang diujikan.
Proses belajar mengajar hanya terpusat pada guru lebih banyak menjelaskan namun murid sekedar mendengarkan.
Soal-soal latihan yang disuguhkan pengajar kurang sistematis.

Menanggapi persoalan di atas bahwa para siswa harus didorong untuk aktif dalam pembahasan materi utama Biologi dengan diadakannya praktikum atau kelompok-kelompok diskusi. Guru juga turut serta menerapkan strategi tepat guna agar anak didiknya semakin punya kemauan untuk belajar lebih serius.

Topik dalam pembelajaran Biologi sangat banyak ragamnya apabila dilakukan pembahasan. Khusus dalam hal ini materi tentang enzim adalah salah satu materi pokok yang perlu disampaikan kepada setiap siswa SMA dengan pilihan model pembelajaran tepat guna dari guru melalui pedoman PTK Biologi SMA.

DOWNLOAD PTK IPA BIOLOGI SMA LENGKAP

Penelitin Tindakan Kelas ini membahas penerapan Model Pembelajaran Berbasis Portofolio pada mata pelajaran biologi. Kajiannya dilatar belakangi oleh hasil belajar dari peserta didik terhadap pembelajaran biologi masih rendah. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran berbasis portofolio pada pembelajaran biologi materi Enzimkelas XII-IPA di SMAN? (2) Apakah model portofolio dapat meningkatkan hasil belajar biologi materi pokok Enzimkelas XII-IPA di SMAN ? (3) Apakah melalui model portofolio dapat menciptakan suasana pembelajaran biologi yang menyenangkan dan menarik minat peserta didik kelas XII-IPA materi Enzim di SMAN ? Permasalahan tersebut di atas melalui penelitian lapangan di SMAN. Datanya diperoleh dengan cara observasi, dokumentasi dan tes. Semua data ini dianalisis dengan analisis deskriptif menggunakan industri dan refleksi. contoh judul penelitian biologi sma kelas 10
Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran portofolio materi pokok Enzim meliputi merumuskan masalah, pemecahan masalah, menyimpulkan permasalahan menekankan kepada peserta didik agar aktif berfikir, berkomunikasi, mencari dan mengolah data dan akhirnya menyimpulkan. (2) keberhasilan model pembelajaran portofolio sebagai upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik materi Enzim di SMAN di tunjukkan dengan adanya perubahan dalam proses pembelajaran yaitu kesiapan dan keaktifan pada saat proses pembelajaran, juga ditunjukkan adanya peningkatan nilai tes akhir dari siklus I dan siklus II. Hal ini dapat dilihat dari perolehan prosentase ketuntasan klasikal pada siklus I yaitu 80,00% dan siklus II yaitu 87,08%. (3) Penelitian yang dilaksanakan di SMAN dengan menerapkan model portofolio sebagai upaya meningkatkan hasil belajar dan mengetahui perkembangan siswa dalam pembelajaran ini membawa dampak yang positif terhadap kreatifitas belajar terutama mengurangi kejenuhan dan sebagai variasi pembelajaran menciptakan suasana menyenangkan dan menarik minat peserta didik sehingga peserta didik menjadi bersemangat lagi dalam pembelajaran. Seperti problem solving yang tes akhirnya dibawah kriteria ketuntasan minimal menjadi meningkat yaitu siklus I sebanyak 31 peserta didik dan siklus II sebanyak 34 peserta didik.



download ptk biologi sma lengkap, ptk biologi sma kelas xii pdf, ptk fisika sma kelas xii, ptk biologi kelas xi,
contoh ptk pembelajaran daring, ptk biologi masa pandemi, ptk sistem reproduksi manusia, contoh ptk fisika sma masa pandemi.