Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

PTK BK SMP - OPTIMALISASI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEBIASAAN BERTANYA SISWA DALAM PEMBELAJARAN

PTK BK SMP - Para peserta didik ketika menjalani masa sekolah tidak hanya bergantung pada guru mata pelajaran saja. Masih ada peran pembimbing lainnya yang mengarahkan siswa bermasalah atau butuh penuntasan masalah. Jalannya kegiatan konseling tersebut dapat merujuk pada PTK BK SMP.

PENGARUH PTK BIMBINGAN KONSELING SMP TERHADAP CARA GURU MEMBIMBING

Tidak dipungkiri bahwa Bimbingan Konseling menjadi salah satu bagian Lembaga Pendidikan Formal memberikan sarana meningkatkan nilai, sikap terpuji dan keterampilan siswa. Namun dibutuhkan sosok guru yang mampu memberi pengaruh baik terhadap sisi emosional, moral dan perilaku murid SMP.

Kehadiran guru BK sedapat mungkin memberi motivasi dan membangun suasana yang harmonis, menenangkan dan kondusif. Selain itu, sosok pembimbing setidaknya mampu mebangkitkan semangat siswa untuk menghadapi masalah dan mengatasinya dengan bijak. download ptk bk smp
Dalam hal ini PTK BK SMP melakukan pengamatan, pengujian dan pemberian saran agar guru BK menemukan metode efektif saat membimbing para anak didik. Sebab kesuksesan sebuah konseling tercermin pada siswa yang menemukan solusi ketika menghadapi masalah. 

PTK BK SMP MELALUI OPTIMASI KELOMPOK

Saat melakukan Penelitian Tindak Kelasada beberapa hal yang diamati dari cara guru memberikan konseling terhadap muridnya. Biasanya pembimbing akan menasehati dengan perkataan lunak, sopan dan bertanya terlebih dahulu mengenai masalah apa sebenarnya dihadapi siswa SMP tersebut. 
Strategi membimbing yang diterapkan oleh guru BK di atas bersifat umum. Hal ini dikarenakan belum dapat diketahui secara pasti apakah nantinya memberi perubahan terhadap karakter murid atau tidak. Melalui metode optimasi kelompok cara yang dilakukan terlihat berbeda dengan strategi di atas.

Optimasi kelompok memberikan langkah efektif bagi guru BK saat memberi bantuan pada salah satu murid bermasalah dalam suasana kelompok. Tujuannya adalah agar mereka sama-sama memperoleh informasi bermanfaat dalam menghadapi permasalahan secara mandiri. Penerapan optimasi kelompok sebagai metode membimbing akan membuat siswa bersosialisasi dalam rangka membangun keterbukaan terhadap masalah yang dihadapi. Selain itu PTK BK SMP mendorong agar kemampuan komunikasi verbal atau non verbal murid semakin terasah lewat kumpulan tersebut.

CONTOH ABSTRAK PTK BK SMP KELAS VIII

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kebiasaan bertanya siswa di dalam proses pembelajaran melalui optimalisasi layanan bimbingan kelompok. Penelitian ini dilaksanakan di SMP. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP.  Adapun prosedur penelitian ini adalah  terdiri perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian tindakan ini terdiri dari 3 siklus, masing-masing siklus dilaksanakan dengan topik yang berbeda, siklus 1 menggunakan topik bebas, siklus 2 menggunakan topik tugas, dan siklus 3 menggunakan topik campuran yaitu topik bebas dan tugas. Teknik penelitian ini menggunakan teknik pengamatan dan angket, alat pengumpul data adalah instrumen observasi dan instrumen angket. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan  deskriptif kualitatif yang terdiri dari pengolahan data, telaah data, dan penyajian data. latar belakang penelitian tindakan bimbingan konseling

Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kebiasaan siswa dalam bertanya melalui optimalisasi layanan bimbingan kelompok. Peningkatan kebiasaan bertanya dapat dilihat dari hasil observasi selama proses tindakan dalam kegiatan bimbingan kelompok yaitu adanya tuntutan untuk menampilkan tingkah laku bertanya, bentuk tingkah laku bertanya yang ditampilkan bersifat pontan, dapat memilih saat yang tepat untuk bertanya dan bertanya dengan baik tanpa menyinggung perasan orang lain. Sebagai data pendukung untuk mengetahui peningkatan kebiasaan bertanya adalah melalui observasi yang dilakukan oleh guru BK dan guru mata pelajaran sebagai pembanding. Hasilnya kelas yaitu ada peningkatan kebiasaan bertanya dalam proses pembelajaran secara bertahap dari siklus 1, 2  dan 3. Pada siklus 1 . Frekwensi bertanya 40 %, siklus II 60 % dan pada siklus III ada 80 %. Dengan demikian melalui optimalisasi layanan bmbingan kelmpok dapat meningkatkan keaktifan bertanya anggota kelompok dalam proses pembelajaran. 


download ptk bk smp word, ptk bk masa pandemi,ptk bk smp kelas 7, ptk bk tentang motivasi belajar,  contoh ptk bk masa pandemi, download ptk bk smp word, download ptk bimbingan konseling doc, contoh proposal ptk bk, contoh judul ptbk smp, laporan ptbk.