PTK BAHASA INDONESIA SMA - PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN MENGUNAKAN TEKNIK QUIZ TEAM
PTK BAHASA INDONESIA SMA - Mempelajari topik pembahasan contoh lengkap PTK Bahasa Indonesia SMA Kelas XI, akan memberi gambaran mengenai salah satu prosedur yang harus dilakukan sebelum melaksanakan penelitian. Yaitu tahap observasi subjek serta diskusi kolaboratif tema.
PERBEDAAN LENGKAP ANTARA PTK DENGAN PTS
Dalam pembahasan mengenai PTK Bahasa Indonesia SMA Kelas XI, penting untuk mengetahui terlebih dahulu perbedaan dari Penelitian Tindakan Kelas dengan sekolah/PTS. Untuk mempersingkat bacaan, langsung saja berikut ini poin-poin nya;
1. Pelaku Penelitiannya
PTK diprakarsai serta dikerjakan oleh guru pendidik atas dasar pengembangan pembelajaran di dalam kelas. Sedangkan Penelitian Tindakan Sekolah sepenuhnya berada pada tanggung jawab kepala lembaga beserta para pengawas dan jajarannya.
2. Ruang Lingkup Kajian Penelitiannya
Ruang lingkup permasalahan PTK menjurus spesifik kepada pengajaran di dalam kelas. Hal-hal yang berkaitan dengan hubungan pembelajaran guru dengan para murid. Sedangkan PTS meliputi seluruh problem kinerja dalam sekolah yang bersentuhan langsung dengan pimpinan.
3. Teknik Pelaksanaannya
Secara teknis, PTK dilaksanakan secara kolaboratif dengan satu atau dua orang pengamat di dalam kelas. Sehingga lebih sederhana. Sedangkan PTS melibatkan beberapa elemen sekolah secara sadar dan ikut berkontribusi. Sehingga lebih kompleks menyerupai proyek besar. ptk bahasa indonesia
PROSEDUR MELAKUKAN ORIENTASI DAN IDENTIFIKASI MASALAH PTK BAHASA INDONESIA SMA KELAS XI
Ketika akan membuat contoh lengkap PTK Bahasa Indonesia SMA Kelas XI, maka terlebih dahulu Kita perlu menguasai prosedur melakukan orientasi dam identifikasi permasalahan. Berikut penjelasannya;
1. Melakukan Observasi Kepada Subjek Penelitian
Sebelum mulai melaksanakan penelitian, diperlukan observasi lebih dahulu kepada calon subjek penelitian. Dalam kasus ini yaitu para siswa siswi Kelas XI. Data-data yang dibutuhkan yaitu karakteristik peserta didik, latar belakang kecerdasan, sifat, dan lain-lain.
2. Melakukan Kolaborasi Identifikasi
Tahap ini berupa diskusi bersama dengan observer (tenaga pengamat) untuk mengidentifikasi kembali permasalahan dan metode yang diangkat. Langkah ini juga sebagai momen sharing terkait pelaksanaan penelitian menjelang dilakukan.
Demikian merupakan pembahasan terkait contoh lengkap PTK Bahasa Indonesia SMA Kelas XI. Kiranya rekan guru harus memaksimalkan kreatifitas masing-masing agar menumbuhkan beberapa ide terbaru.
CONTOH PTK BAHASA INDONESIA KELAS XI SMA
Pembelajaran berbicara dengan mengunakan teknik Quiz Team terhadap siswa kelas XI SMA bertutujan untuk meningkatan skor dan penilaian observer yang mengamati kegiatan pembelajaran di kelas Kemampuan siswa dalam keterampilan berbicara dengan mengunakan Teknik Quiz Team diharapkan mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II.
Hasil belajar siswa pada siklus I yang termasuk kategori kurang sebanyak 5 orang atau 12%, kategori cukup sebanyak 17 orang atau 42%, kategori baik sebanyak 15 orang atau 36%, dan kategori sangat baik sebanyak 4 orang atau 10 %. Pada siklus II kategori kurang sebanyak 1 orang atau 2,5% , kategori cukup sebanyak 11 orang atau 27%, kategori baik sebanyak 19 orang atau 46%, kategori sangat baik sebanyak 10 orang atau 24,5%. Berdasarkan data-data tersebut diketahui secara umum kemampuan siswa sudah baik. Ada pengingkatan sebesar 0,9 dari siklus I nilai rata-rata 59,9) ke ke siklus II (nilai rata-rata 68,9). Hal ini membuktikan teknik Quiz Team efektif meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara. Berdasarkan pendeskripsian di atas dapat diambil kesimpulan bahwa pada umumya siswa senag belajar berbicara (berargumentasi), terutama dengan mengunakan teknik Quiz Team. contoh ptk bahasa indonesia
Dengan mengunakan teknik Quiz Team dapat meningkatkan minat atau motivasi siswa untuk berbicara (berargumentasi) dengan pengunaan teknik Quiz Team, membuat mereka lebih berani bertanya, mengeluarkan pendapat, dan mampu menganalisis permasalahan secara lisan. Pada umumnya siswa pun lebih senang pembelajaran seperti ini daripada pembelajarann biasa. Hal ini diantaranya karena variasi metode yang digunakan guru dalam kegiatan pembelajaran berbicara (berargumentasi), membuat pemberlajaran berbicara tidak membosankan.
ptk bahasa indonesia sma lengkap, ptk bahasa indonesia sma daring, ptk bahasa indonesia sma kelas xi pdf, ptk bahasa indonesia sma untuk kenaikan pangkat, ptk bahasa indonesia sma kelas xii doc, contoh ptk bahasa indonesia tentang menulis, contoh ptk pembelajaran daring sma bahasa indonesia, contoh proposal ptk bahasa indonesia kurikulum 2013 doc, contoh ptk bahasa indonesia.