PTK SENI SMA - PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN MUSIK UNTUK MENINGKATKAN TEKNIK VOKAL
PTK SENI MUSIK SMA - Pembelajaran seni musik merupakan bagian dari mata pelajaran seni budaya yang perlu untuk dilestarikan. Hal ini tentu mempengaruhi hasil belajar siswa pada tingkat Sekolah Menengah Atas. Agar terjaga kualitas belajar mengajar,maka ada tujuan dalam PTK Seni Musik SMA.
PERLUNYA MELESTARIKAN SENI MUSIK DALAM TEKNIK VOKAL
Seni musik adalah unsur berbudaya dan bersejarah yang patut untuk terus dilestarikan. Seperti yang diketahui bahwa dalam lagu Kebangsaan terdapat nilai-nilai luhur penuh makna. Selain itu lagu-lagu daerah yang di Indonesia juga menjadi warisan budaya sangat berharga. Memberlakukan teknik vokal pada jenjang SMA merupakan aspek menjalankan tujuan pendidikan untuk tahap mewujudkan pribadi siswa, dalam upaya menuju pada pembentukan karakter mencintai keberagaman budaya dan bangsa Indonesia. ptk seni budaya sma lengkap
Guru musik berperan dalam memberikan nuansa musikal lebih kondusif, sehingga para murid memahami dan mengalami suatu karya cipta musik seutuhnya. Maka dari itu pengetahuan yang dimiliki guru musik dalam menyesuaikan butir-butir kurikulum pendidikan musik harus lebih keratif dan kritis.
PTK SENI MUSIK SMA MELALUI METODE OLAH VOKAL
Tujuan PTK Seni Musik SMA dalam memberikan metode pembelajaran seni music khususnya dalam teknik Vokal adalah sebagai berikut:
• Mengamati dan memberikan gambaran secara garis besar mengenai pembelajaran seni musik pada jenjang sekolah menengah atas.
• Proses pembelajaran lewat media video dan suara demi meningkatkan kemampuan vokal bagi siswa.
• Menyalurkan wawasan terhadap sikap profesional pengajar khusus dalam hal mengajar melalui media.
• Berkontribusi dalam memberikan suasana kondusif saat pembelajaran teknik vokal berlangsung
• Memberikan metode pembelajaran seni musik yang tepat terhadap guru supaya anak didiknya bersemangat dan memiliki antusias dalam berolah vokal.
• Memberikan cara mendidik mental serta tingkah laku para siswa agar menjadi pribadi yang baik seperti berperilaku lemah lembut, memperhalus perasaan, sopan santun bermoral baik, berbudi pekerti, dan sikap menghargai orang lain.
Kembali lagi peran dari guru dalam melatih vokal para siswanya sangat vital dalam membentuk karakter yang menjiwai seni dan pribadi menghargai suatu karya. Melalui model pembelajaran menggunakan media audio visual diharapkan PTK Seni Musik SMA memberkan gambaran jelas terkait metode belajar.
CONTOH PTK SENI MUSIK KELAS X SMA
Dalam hal metode pembelajaran: peneliti menggunakan berbagai metode antara lain Tanya jawab (Questioning), penemuan (Inquiry), belajar kelompok/diskusi kelompok (Learning Community), metode ini dilaksanakan secara integratif dan mampu dilaksanakan oleh guru (peneliti). dengan menggunakan variasi materi ini membuat siswa menjadi sangat antusias dalam mengikuti proses pembelajaran, rasa ingin tahu dan ketertarikan siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar semakin tinggi, materi yang dipelajari sangat terkesan karena disamping selalu ingat juga terkait dengan kehidupan sehari-hari sehingga pelajaran teknik vocal terkesan tidak membosankan, melalui pendekatan tersebut siswa diberikan kesempatan untuk mengemukakan pendapat dan berani melakukan menyanyi yang sesuai dengan teknik yang benar. Dalam hal pelaksanaan evaluasi : keberhasilan secara performance dapat dilihat dar hasil evaluasi tes menyanyi baik secara klasikal maupun individual, serta adanya kenaikan dari hasil evaluasi dalam penelitian ini adalah meliputi proses dan hasil, ini menunjukan peningkatan yang sangat berarti. contoh ptk seni budaya musik
Evaluasi proses dari tiga siklus yang dilaksanakan, diketahui bahwa kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan media audio visual dalam meningkatkan teknik vocal, secara umum terdapat kecenderungan adanya peningkatan aktifitas dan kreatifitas mengajar guru, baik dalam membuka pelajaran, apersepsi ekplorasi, diskusi dan penjelasan konsep, maupun pengembangan aplikasi belajar, artinya kinerja guru menjadi semakin baik. Begitu juga dengan siswa hasil proses diharapkan dari siklus awal ke siklus berikutnya memperlihatkan kecenderungan kemajuan pengetahuan dan kemampuan yang sangat berarti menimbulkan semangat untuk mencari dan menemukan sumber belajar, yang pada giliranya menumbuhkan siswa terbiasa yuntuk mencari informasi, kemampuan bekerja sama dan bertanggung jawab. Evaluasi hasil belajar berdasarkan hasil penelitian ini terlihat adanya kemajuan terhadap hasil belajar isiwa ketika dibandingkan pada tahap orientasi dengan tes pada siklus kedua ternyata menunjukan adanya kemajuan, yaitu meningkatnya perolehan rata-rata hasil tes pada waktu orientasi nilai tes siswa adalah; 7,46: dan nilai tes siswa pada silkus ketiga siswa memperoleh rata-rata nilai sebesar: 8,71