Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

PTK PKN SMA - PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MATERI POKOK PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI TERBUKA MELALUI METODE STAD BAGI SISWA KELAS XII IPS SMA

PTK PKN SMA - Mata pelajaran Pkn termasuk salah satu pembelajaran yang perlu diajarakan pada jenjang sekolah menengah ke atas. Tujuan utama mengapa pendidikan kewarganegaraan adalah menanamkan kesadaran berbangsa dan bernegara. PTK PKN SMA turut berupaya meningkatkan kualitas belajar.

PENERAPAN METODE STAD DALAM PEMBELAJARAN PKN SMA

Penelitian tindakan kelas mengamati betapa pentingnya pembelajaran Pkn sedapat mungkin proses belajar mengajar dapat terjadi secara kondusif dan mutu pendidikan yang berkualitas. Maka dari itu penerapan model pembelajaran STAD dapat diberlakukan seperti beberapa teknik berikut ini:
Memberitahukan pada siswa mengapa mempelajari Pkn adalah sesuatu yang penting. 
Guru dapat memicu rasa ingin tahu anak didiknya melalui demonstrasi yang berupa teka-teki, contoh kasus di kehidupan nyata, dan lain sebagainya.
Guru meminta siswa agar membentuk kelompok dan bekerja sama di dalamnya agar menemukan konsep dalam penyelesaian tugas Pkn yang diberikan.
Memantau pemahaman anak didik memberi pertanyaan dan memberi penjelasan mengapa jawaban siswa tersebut salah atau benar.
Guru dapat memanggil anak didiknya secara random untuk menyelesaikan soal atau menjawab pertanyaan yang diberikan. Melalui cara ini semua siswa terdorong untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin. contoh ptk lengkap sma
Beberapa poin di atas adalah teknik pembelajaran Pkn ketika metode STAD diterapkan pada siswa SMA. Hal tersebut menjadi latang belakang PTK PKN SMA agar para anak didik lebih aktif dan termotivasi dalam belajar pendidikan kewarganegaraan.

HASIL YANG DIPEROLEH DARI PENERAPAN METODE STAD

Pembelajaran PKn dengan menerapkan model kooperatif tipe student team achievement division membuat siswa SMA memiliki minat yang tinggi selama pelajaran Pkn berlangsung. Para siswa lebih aktif dalam mengikuti kegiatan belajar, kerja sama dalam kelompok terlihat berjalan dengan baik.
Dalam penelitian tindakan kelas memperlihatkan pada keadaan lainnya siswa mulai lebih berani mengajukan pertanyaan terhadap gurunya terkait sesuatu yang masih menjadi tanda Tanya tentang suatu topik Pkn. Guru mampu memberikan penjelasan dengan sistematis sehingga dapat dimengerti.
Terlihat jelas bahwa penerapan model pembelajaran STAD efektif ketika digunakan sebagai solusi belajar Pkn yang sebelumnya siswa lebih pasif.Kemudian mulai terlihat keaktifan mereka dalam diskusi tugas kelompok dan tanya jawab dengan pengajar sehingga PTK PKN SMA berkontribusi dalam hal itu


CONTOH PTK PKN KELAS XII SMA

Hasil belajar yang rendah merupakan dampak dari permasalahan yang timbul pada proses pembelajaran yang telah dilaksanakan.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah melalui pembelajaran dengan model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar PKn dengan Kompetensi Dasar mendiskripsikan Pancasila sebagai ideologi terbuka bagi siswa kelas XII IPS SMA. Subyek yang di teliti adalah siswa kelas XII IPS SMA. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan melalui dua siklus. 

Hasil belajar PKN pada siswa kelas XII IPS SMA dari pra siklus ke siklus 1 dan dari siklus 1 ke siklus 2 ada peningkatan, Hal ini disebabkan adanya tindakan di dalam proses pembelajaran yaitu dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Hasil belajar pada pra siklus, siklus I, dan siklus II adalah yang tuntas pada pra siklus hanya 17 siswa (44,44%) dari 38 siswa, pada siklus I menjadi 30 siswa (77,77%) dari 38 siswa dan pada siklus II sebanyak 35 siswa (92,59%) dari 38 siswa telah mencapai ketuntasan dengan KKM (65). Rata-rata pada kegiatan pra siklus 54,07 rata-rata siklus I di peroleh 70,19 dan rata-rata pada siklus II di peroleh 79,81. ptk pkn sma untuk kenaikan pangkat
Kesimpulan, pembelajaran kooperatif tipe Student Teams –Achievement Divisions (STAD) jika dilaksanakan sesuai dengan sintaks atau tahapan-tahapannya dengan baik, maka hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn dengan Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Pancasila sebagai ideologi terbuka bagi siswa kelas XII IPS SMA akan meningkat.

Saran, apabila ada siswa dari segi kemampuan kognitifnya memang sangat rendah dan kesadaran untuk bekerja sama, menghormati hak orang lain dan kesadaran sosialnya juga rendah, siswa dengan karaktristik tersebut tidak tepat apabila dalam pembelajaran diterapkan dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD, karena dalam penelitian yang peneliti laksanakan siswa dengan karakteristik tersebut setelah dilaksanakan Penelitian Tindakan Kelas dengan 2 siklus ternyata juga tidak tuntas.


ptk pkn sma kelas xii, contoh ptk pkn sma kelas xi, ptk pkn sma pdf, ptk pkn lengkap, ptk pkn masa pandemi, ptk sma kurikulum 2013, ptk pkn pdf, ptk pkn sma kurikulum 2013 pdf, ptk pkn smk, ptk pkn jadi, contoh ptk pkn sma kelas xi, contoh ptk sma, ptk pkn sma untuk kenaikan pangkat, ptk pembelajaran pkn.