PTK MATEMATIKA SMA - UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN METODE QUANTUM TEACHING DAN TUTOR SEBAYA DALAM KELOMPOK KECIL PADA MATERI POKOK LOGIKA MATEMATIKA DI KELAS XI SMAN
PTK MATEMATIKA SMA - Matematika merupakan salah satu mata pelajaran utama hampir di setiap jenjang sekolah. Tidak terkecuali pada tingkat SMA. Mata pelajaran yang sarat dengan hitungan tersebut berguna dalammengembangkan kemampuan bernalar sehingga layak dijadikan topic PTK Matematika SMA.
PENELITIAN TINDAKAN KELAS TERKAIT PELAJARAN MATEMATIKA SMA
Proses pembelajaran bermutu sekaligus berkualitas apabila ditandailewat hasil minat belajar yang tinggi. Hal itu dipengaruhi oleh kualitas belajar mengajar di kelas ketika terbentuk pola interaksi antara siswa dengan gurun atau antar sesama siswa. Namun faktanya belum sepenuhnya tercapai.
Saat melakukan proses pengamatan PTK Matematika SMA mendapati adanya beberapa hal yang harus dibenahi agar tercipta kualitas pembelajaran lebih meningkatkan mutu dan motivasi belajar antara lain sebagai berikut:
• Guru tidak menerapkan model pembelajaran apapun
• Perolehan nilai hasil belajar yang rendah
• Guru lebih banyak menggunakan cara penyampaian lisan.
• Siswa sering tidak tuntas dalam mengerjakan tugas, dari 5 soal yang diberikan hanya 3 soal yang berisi jawaban padahal waktu yang diberikan dirasa cukup.
• Rujukan belajar terbatas hanya satu buku saja.
• Siswa sering kurang memperhatikan ketika guru sedang menerangkan materi
• Perhatian guru hanya fokus pada siswa berprestasi saja.
Dilihat dari kondisi di atas maka perlu adanya perombakan terkait cara metode mengajar dan usaha memperbaiki kualitas belajar matematika pada tingkat SMA. Peran guru dalam hal ini begitu penting dalam mempengaruhi minat belajar matematika para siswanya.
METODE QUANTUM TEACHING PERLU DIBERLAKUKAN
Salah satu metode yang perlu diterapkan adalah dengan model Quantum Teaching. Konsepnya adalah bagaimana membangun proses belajar agar lebih menyenangkan dengan memperhatikan lingkungan, kondisi, perasaan baik guru maupun siswa.
Metode ini tidak hanya mendorong siswa saja yang aktif melainkan guru ikut berpartisipasi dalam keaktifan selama berlangsungnya proses pembelajaran. Pengajar tersebut sedapat mungkin memasuki dunia siswa agar dapat menuntundan memudahkan proses pembelajaran di dalam kelas.
Pada penerapannya metode quantum teaching mengajak agar peran pengajar dan pelajar berada dalam situasi belajar yang menyenangkan serta menumbuhkan interaksi dari keduanya. Dengan disediakannya PTK Matematika SMA dapat memberikan semangat belajar dan motivasi tinggi dalam belajar.
CONTOH ABSTRAK PTK MATEMATIKA SMA KELAS XI
Penelitian ini membahas Quantum Teaching dan tutor sebaya terhadap hasil belajar pada materi pokok logika matematika. Penelitian ini, bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dengan metode Quantum Teaching dan tutor sebaya dalam kelompok kecil pada materi pokok logika matematika di Kelas XI SMAN.
Penelitian ini menggunakan studi tindakan (action research) pada peserta didik Kelas XI SMA, penelitimenggunakan satu kelas untuk menerapkan metode Quantum Teaching dan Tutor Sebaya dalam kelompok kecil yaitu Kelas XI yang berjumlah 29 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah, observasi terbuka, dokumentasi, dan tes evaluasi. Meningkatnya hasil belajar yaitu nilai rata-rata kelas 74 dengan ketuntasan belajar klasikal 75% menunjukan keberhasilan indicator dalam penelitian ini.
Pada penelitian tindakan kelas ini dirancang 2 (dua) siklus. Setiap siklus ada 4 (empat) tahap yaitu perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Masing-masing siklus dilaksanakan dengan dua kali pertemuan. Dalam penelitian ini berfokus pada kelas atau pada proses pembelajaran yang terjadi di kelas, pada input (silabus, materi, dan lain-lain) ataupun output (hasil belajar).
Pada pra siklus nilai rata-rata peserta didik 69,9 dengan ketuntasan belajar klasikal 52,25%. Pada tahap siklus I setelah dilaksanakan tindakan nilai rata-rata peserta didik mencapai 87,64 dengan ketuntasan belajar klasikal 80%. Kemudian pada siklus II setelah diadakan evaluasi pelaksanaan tindakan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan lagi yaitu mencapai 90,82 dengan ketuntasan belajar klasikal 93%. Adanya peningkatan setelah diterapkan metode Quantum Teaching dan Tutor Sebaya dalam kelompok kecil.
Namun dari penelitian tersebut terdapat peserta didik yang dari tahap siklus II mempunyai nilai skor terakhir dan nilai tes akhirnya dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70, hal ini disebabkan karena beberapa hal yaitu karena kondisi keluarga yang tidak mendukung dan adanya tingkat intelektualitas yang kurang. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa metode Quantum Teaching dan Tutor Sebaya dalam kelompok kecil dapat meningkatkan hasil belajar pada materi pokok logika matematika Kelas XI SMAN.
Hasil penelitian tersebut diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada semua pihak (peserta didik, guru, sekolah) di SMAN untuk dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika dan dapat memberikan dorongan atau motivasi belajar kepada peserta didik agar bisa berprestasi dan menjadi yang terbaik.
ptk matematika sma k13, download ptk matematika sma lengkap, download ptk matematika sma kelas xi, ptk matematika sma masa pandemi, ptk matematika sma lengkap doc, ptk matematika sma kelas xii doc, ptk matematika sma untuk kenaikan pangkat, ptk pembelajaran daring matematika sma, contoh ptk matematika sma, ptk matematika sma kurikulum 2013, ptk matematika sma pdf.