Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

PTK MATEMATIKA SD - MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA MANIPULATIF KERTAS MANILA DI KELAS IV SD

PTK MATEMATIKA SD - Matematika merupakan ilmu mengenai logika mengenai susunan, bentuk, besaran serta berbagai konsep yang saling berkaitan satu dengan lainnya. Jumlah materinya sangat banyak, namun dibagi dalam tiga aspek utama; aljabar, analisis, geometri. PTK Matematik dalam hal ini mendukung proses belajar.

KETERKAITAN PTK MATEMATIKADENGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR

Sekolah merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Sehingga guru sebagai pengajar membawa peran penting dalam mempengaruhi kinerja belajar para anak didiknya. Guru harus punya kemampuan di bidangnya agar proses belajar mengajar tidak berjalan monoton.
Guru sebaiknya mampu menerapkan variasi metode pembelajaran. PTK Matematika SD memberikan teknik pembelajaran yang lebih baik karena masih ditemukan berbagai permasalahan seperti beberapa hal berikut ini:
Siswa cenderung merasa kesulitan dalam pembelajaran terkait pecahan dan proses berhitung dengan variabel dalam subbab matematika. ptk matematika sd kelas 4 kurikulum 2013
Kecendrungan siswa dalam mencontek temannya yang lebih mengerti dan memahami materi matematika.
Guru kurang memantau proses belajar siswanya yang perlu perhatian lebih.
Kurangnya keberanian siswa untuk mengajukan pertanyaan padahal pemahamannya tentang materi matematika belum terpenuhi.
Proses belajar lebih kepada guru menerangkan, siswa mendengarkan sehingga interaksi yang berjalan hanya satu arah.
Guru lebih sering menggunakan metode pembelajaran klasik karena mudah dilaksanakan tanpa mencoba ada metode lain yang lebih efektif.

MEDIA MANIPULATIF KERTAS DALAM METODE PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Pada prakteknya proses pembelajaran dengan menggunakan media lebih efektif dan mudah dicerna oleh siswa. Selain itu memiliki manfaat sebagai berikut:
Mampu menangani pengalaman siswa yang terbatas karena masing-masing mereka berasal dari latar belakang berbeda, 
Memungkinkan interaksi antara siswa dengan guru yang menjelaskan karena  memaparkan konsep belajar lebih jelas dan terlihat nyata, 
Menumbuhkan minat baru dan motivasi dalam memacu niat siswa untuk belajar.
Dengan media manipulatif kertas guru bertindak seolah-olah memperagakan materi belajar matematika seperti pecahan, perhitungan, pengukuran serta membuat bentuk bangun datar lalu dengan media tersebut dimodifikasi sedemikian rupa dalam memberi contoh penyelesaian soal.

Menerapkan metode manipulatif kertas jauh lebih baik bila dibandingkan dengan model pembelajaran klasik yang sifatnya monoton. Menyampaikan materi dengan media tersebut membuat siswa SD membayangkan langsung proses pengerjaan. PTK Matematika SD memberi solusi belajar lebih efektif.

CONTOH ABSTRAK PTK MATEMATIKA SD KELAS IV

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah guru belum menerapkan pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif namun masih banyak menggunakan metode ceramah, sehingga hasil belajar Matematika siswa kelas IV SDN belum mencapai nilai ketuntasan yang optimal.Rumusan masalah dalm penelitian ini yaitu: “Apakah dengan penggunaan media manipulatif dapat meningkatkan hasil belajar matematika tentang pecahan pada siswa kelas IV SD”.
Classroom Action Research adalah jenis penelitian yang digunakan dalm penelitian ini. Model PTK dengan menggunakan 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 3 tahap yakni 1) perencanaan tindakan (planning), 2) pelaksanaan tindakan (action) dan pengamatan (observation), dan 3) refleksi (reflection). Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD sebanyak 24 siswa. Teknik tes dan teknik observasi yang terdapat pada teknik pengumpulan data. Adapun instrumen penelitiannya dengan menggunakan butir-butir soal dan lembar observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif komparatif yang meliputi perbandingan, mean, dan persentase. download ptk matematika sd

Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar matematika siswa tentang pecahan, setelah menggunakan media manipulatif. Hal ini nampak pada perbandingan nilai rata-rata yakni pada kondisi pra siklus sebesar 64,58; pada siklus 1 naik menjadi 66,67 dan pada siklus 2 naik lagi menjadi 72,08. Adapun peningkatan persentasi hasil belajar klasikal pada kondisi pra siklus 58,33 %; siklus I naik menjadi 70,84% dan pada siklus II naik menjadi 87,5%.
Saran bagi guru matematika hendaknya menerapkan penggunaan media terutama media manipulatif, karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk itu guru perlu mengatur waktu dengan baik, menggunakan metode yang sesuai serta menggunakan media dengan tepat.


download ptk matematika sd word, ptk sd kelas 4 matematika doc, download ptk matematika sd kelas 5 lengkap, ptk matematika sd kelas 6 kurikulum 2013, download ptk sd word, ptk matematika kelas 4 tentang pecahan, contoh ptk matematika sd kelas 2 kurikulum 2013. download ptk sd masa pandemi, contoh ptk pembelajaran daring di sd, ptk pembelajaran daring kelas 1 sd, ptk pembelajaran daring matematika, ptk pembelajaran daring pdf, ptk masa pandemi pdf.