PTK IPS EKONOMI SMP - PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION (GI) DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS VII SMP
PTK EKONOMI SMP - Pada umumnya murid SMP sudah berinteraksi langsung dengan mata pelajaran ekonomi. Mereka akan diperkenalkan dengan sesuatu yang bersifat kebutuhan manusia, motif ekonomi, barang subtitusi, komplementer dan sebagainya. PTK Ekonomi SMP memberikan inovasi baru mengenai materi ekonomi.
PTK EKONOMI SMP MEMBERI GAGASAN BARU DALAM MATERI BELAJAR EKONOMI
Pada proses mengajar, guru harus memikirkan strategi agar murid sekolah menengah pertama dapat belajar secara efektif khususnya dalam mata pelajaran Ekonomi. Cara mengajar yang monoton terlihat kurang variatif sehingga menimbulkan suasana yang tidak kondusif.
Hal tersebut tentu mempengaruhi minat para murid untuk bersungguh-sungguh dalam menerima materi ekonomi. PTK Ekonomi SMP berisi tentang suatu penelitian yang dapat memacu semangat peserta didik agar memiliki minat lebih dalam mengikuti pelajaran ekonomi. ptk ips smp kelas 7 kurikulum 2013 doc
Guru harus lebih kreatif dalam menjalankan skenario belajar yang menarik, memberdayakan, menggugah dan menantang dengan melibatkan peran serta para muridketika dibagi-bagi dalam beberap kelompok ketika mengatasi masalah saat diberikan materi tugas ekonomi.
PENERAPAN METODE GRUP INVESTIGATION DALAM MEMUPUK MINAT BELAJAR EKONOMI MURID SMP
Penelitian Tindakan Kelas dalam hal ini menggunakan metode Grup Investigation. Caranya adalah dengan membentuk suatu kelompok diskusi untuk para murid dalam mengerjakan tugasnya. Masing-masing terdapat ketua kelompok agar mengamati kinerja anggotanyasaat mengerjakan tugas ekonomi.
Selanjutnya dari tiap kelompok tersebutmemberitahukan hasil kerja anggotanya. Sehingga dari laporan tersebut dapat dibandingkan sejauh mana peran para murid ketika ditugaskan dalam suatu kelompok diskusi. Kemudian guru bisa membantu mana saja dari mereka yang perlu ditingkatkan cara belajarnya.
Group Investigation pada prakteknya memberikan beberapa manfaat dalam konteks belajar mengajar pada jenjang pendidikan SMP, diantaranya:
• Memberimasukansekolah menengah pertamauntukmempertimbangkan model pembelajaran kooperatifdari aspekmenaikkan prestasi belajar para murid.
• Saran dan variasi bagi guru pengajar materi ekonomi dalam menerapkan metode di lingkungan Sekolah Menengah Pertama.
• Peningkatan kualitas para murid dalam aspek pengetahuan, ketrampilan dan sikap mereka terhadap pelajaran Ekonomi.
Metode Group Investigation salah satu dari sekian banyak metode dalam meningkatkan mutu belajar mengajar materi ekonomi di tingkat sekolah menengah pertama sehingga apa yang tercantum di dalam PTK Ekonomi SMP menjadi salah satu solusi dalam meningkatkan motivasi belajar para murid.
CONTOH PTK EKONOMI KELAS 7 SMP WORD
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan: (1) Keaktifan siswa secara keseluruhan siswa kelas VIISMP, (2) Hasil belajar siswa kelas VII SMP. Metodologi penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP, sejumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui kegiatan berupa: (a) observasi keaktifan siswa selama kegiatan pembelajaran berlangsung; (b) wawancara kepada siswa; (c) ulangan harian. Prosedur pelaksanaan tindakan meliputi: (a) perencanaan tindakan; (b) pelaksanaan tindakan; (c) observasi; (d) analisis dan refleksi. contoh ptk sederhana mapel ips smp
Hasil penelitian mengalami peningkatan apabila dibandingkan dengan sebelum penerapan metode GI, yaitu pada aspek semangat dalam KBM pada siklus I yaitu indikator BS= 5%; B= 70%; C= 22,5%; K= 2,5% dan pada siklus II indikator BS= 17,5%; B= 67,5%; C= 15%. Pada pengukuran aspek kerjasama antar siswa mengalami peningkatan yaitu pada siklus I indikator B= 22,5%; C= 70%; K= 7,5% dan pada siklus II indikator BS= 2,5%; B= 32,5%; C= 60%; K= 5%. Pengukuran aspek mengeluarkan pendapat untuk memecahkan masalah mengalami peningkatan yaitu pada siklus I indikator B= 20%; C= 47,5%; K= 32,5% dan pada siklus II indikator BS= 7,5%; B= 22,5%; C= 57,5%; K= 12,5%. Pengukuran aspek memberikan pertanyaan juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I indikator BS= 2,5%; B= 5%; C= 67,5%; K= 15% dan pada siklus II indikator BS= 7,5%; B= 22,5%; C= 57,5%; K= 12,5%. Rata-rata ulangan harian siswa siklus II juga mengalami peningkatan sebesar 1,05 (siklus I= 6,31; siklus II= 7,36). Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran kooperatif Group Investigation dapat meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar siswa.