Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

PTK BAHASA INGGRIS SMA - PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION

PTK BAHASA INGGRIS SMA - Tidak jauh berbeda dengan Bahasa Indonesia, dalam pelajaran Bahasa Inggris memiliki empat aspek penilaian mulai dari reading (membaca), listening (menyimak), writing (menulis) dan speaking (berbicara).Keterampilan dalam reading skillakan dibahas pada PTK Bahasa Inggris SMA.

MENGAMATI KETERAMPILAN READING PADA SISWA SMA

Reading adalah salah satu dari 4 keahlian berbahasa Inggris yang dinilai dalam aspek pembelajaran. Akan tetapi ketika aktivitas ini terjadi di dalam kelas sangat jauh dari harapan. Hal ini terlihat ketika diberi kegiatan membaca materi tertulis dan siswa SMA diminta untuk memahami isi teks.
Meskipun ada sebagian dari siswa tersebut memiliki kemampuan membaca dengan bahasa Inggris secara baik dan benar. Namun rata-rata masih banyak yang belum dikatakan mahir dalam hal reading. Sebab terjadinya hal ini antaralain:
Materi tertulis yang diberikan dalam bentuk bahasa Inggris adaalah bahasa yang jarang digunakan di Indonesia, sehingga kemampuan vocabulary masih perlu ditingkatkan.
Minimnya pemahaman kata per katabahasa Inggris pada siswa membuatnyasulit memahami materi secara tersurat maupun tersirat pada bahan bacaan. contoh ptk bahasa inggris sma kurikulum 2013 pdf
Minat siswa ketika disuguhkan teks berbahasa Inggris tidak terlalu besar meskipun sebagai tujuan dari kegiatan membaca.
Siswa tidak berminatuntuk mencari arti kata bahasa Inggris tersebut didalam kamus.
Anak didik mampu menjawab pertanyaan yang diajukan dalam bahasa Inggris secara tepat sehingga terlihat seperti menulis jawaban dengan mencocokkan kalimat yang sama tanpa paham maksudnya.
Itulah sebabnya PTK Bahasa Inggris SMA menyoroti betul berbagai kekurangan yang dialami para siswa SMA tersebut ketika dihadapkan pada konteks reading.

MANFAAT DILAKUKANNYA PENELITIAN TINDAKAN KELAS UNTUK MATERI BAHASA INGGRIS

Ketika melihat ada beberapa faktor yang menjadi kendala siswa SMA dalam memahami Bahasa Inggris maka perlu dibentuk suatu metode pembelajaran. Caranya adalah memberikan inspirasi kegiatan menyenangkan yang dapat dilakukan dalam belajar materi Bahasa Inggris.
Langkah berikutnya adalah dengan memicu pencapaian keterampilan membaca teks berbahasa Inggris dengan teknik bercerita agar tercipta suasana seolah-olah seperti membaca novel atau komik. Selanjutnya guru juga harus berperan aktif dalam memandu bacaan dengan memperbanyak kosakata.

Segala pembahasan di atas memfokuskan teknik reading para siswa SMA yang masih perlu ditingkatkan. Selain itu peran guru dalam mengajar perlu dikaji ulang mengenai kekurangan apa di dalam teknik penyampaian materi. PTK Bahasa Inggris SMA dapat dijadikan rujukan untuk metode pembelajaran.

CONTOH PTK BAHASA INGGRIS SMA WORD

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa MAN  pada mata pelajaran bahasa inggris khususnya reading skill dengan penerapan Metode Cooperative Learning Tipe Group Investigation. Penelitian ini merupakan penelitian PTK Kuantitatif. Subjek penelitiannya adalah siswa MAN. Metode Cooperative Learning Tipe Group Investigation dapat diterapkan  untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah persentase.

Hasil stastistik menunjukkan peningkatan jumlah siswa untuk skor angka keaktifan siswa yaitu >75 dan skor angka keaktifan siswa <75 dalam mata pelajaran Bahasa Inggris, sebelum diadakannya tindakan skor angka keaktifan siswa >75 sebanyak 17 siswa, siklus 1 sebanyak 20 siswa dan siklus dua sebanyak 31 siswa. Sedangkan, skor angka keaktifan siswa <75 sebelum tindakan sebanyak 12 siswa, siklus I sebanyak 9 siswa, dan siklus II sebanyak 5 siswa. Sehingga terjadi peningkatan jumlah siswa dengan skor angka keaktifan siswa ~75 dari pra siklus ke siklus I mengalami peningkatan sebesar 10,35%, kemudian pada siklus I ke Siklus II terdapat peningkatan sebesar 13,28% ,dengan hasil akhir pada siklus II mencapai 82,76 menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa masuk dalam kategori baik sesuai dengan yang ditentukan penulis. download ptk bahasa inggris sma doc
Peningkatan hasil belajar terlihat dari hasil pos test siswa yang tuntas dalam mata pelajaran Bahasa Inggris, sebelum diadakan tindakan yang tuntas hanya 15 orang. Sedangkan setelah siklus I dan siklus II jumlah siswa yang tuntas yaitu meningkat yaitu 21 siswa menjadi 30 siswa. Pada klasifikasi tidak tuntas, sebelum diadakan tindakan terdapat 14 siswa yang belum tuntas pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Setelah siklus I dan II siswa yang tidak tuntas berkurang menjadi 8 siswa dan 0 siswa. Pada siklus I dan II sudah mencapai indikator yaitu 100% siswa mencapai KKM dengan nilai rata-rata 75 dari indicator yang ditetapkan oleh penulis sebesar 90% siswa tuntas KKM dengan rata-rata 70. Ini membuktikan bahwa pembelajaran dengan metode Cooperative Learning tipe Group Investigation dapat meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar siswa.

DOWNLOAD DISINI PTK BAHASA INGGRIS SMA KEAS XI


ptk bahasa inggris lengkap dengan lampiran, ptk bahasa inggris sma lengkap pdf, ptk bahasa inggris sma kelas xii, contoh ptk bahasa inggris sma kurikulum 2013 doc, ptk bahasa inggris reading sma, download ptk bahasa inggris sd, contoh ptk bahasa inggris sd lengkap, ptk pembelajaran daring bahasa inggris sma, contoh ptk bahasa inggris pdf, ptk bahasa inggris tentang writing.