Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

PTK BAHASA INDONESIA SMP - PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS VIII SMP

PTK BAHASA INDONESIA SMP - Mata pelajaran Bahasa Indonesia sudah menjadi suatu materi penting untuk jenjang pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi.Penguasaan keterampilan diperlukan ketika siswa mampu membaca, mendengar, berbicara hingga menulis dirangkum secara terpadu pada PTK Bahasa Indonesia SMP. contoh judul ptk bahasa indonesia smp kurikulum 2013

PENTINGNYA BELAJAR MELALUI PTK BAHASA INDONESIA PADA JENJANG SMP

Pengembangan keterampilan berbicara padajenjang Sekolah Menengah Pertama sedapat mungkin memberikan pemahaman kepada siswa agar dapat mengekspresikanpemikiran, informasi dan perasaannya. Sehingga terjadi komunikasi yang aktif dan dinamis antara siswa dengan siswa lainnya.
Selain itu interaksi antara guru dengan siswa terjalin dalam proses belajar mengajar lebih baik lagi. Hal ini karena masih berbagai faktor yang mempengaruhi siswa dari minimnya pemahaman kosakata, sungkandalam menyatakan pendapat, takut salah dan pengaruh bahasa keseharian dalam sehari-hari. 
PTK Bahasa Indonesia SMP memberikan beberapa panduan terkait pendekatan kontekstual untuk materi Bahasa Indonesia. Siswa diharapkan memilikiminat yang tinggi dalam keaktifan berbicara bahasa Indonesia dengan baik dan benar ketika menerima pengajaran dari gurunya.

MANFAAT PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI TINGKAT SMP

Pendekatan kontekstual merupakan konsep belajar yang berperan dalam membantu pengajar mengaitkan antara materi Bahasa Indonesia dengan keadaan nyata yang dialami oleh para siswa di kehidupannya sehari-hari sehingga mendorong mereka semakin terbiasa dan dengan Bahasa Indonesia. 
Dengan diberlakukannya pendekatan kontekstual pada pelajaran Bahasa Indonesia di Tingkat SMP setidaknya diperoleh manfaat sebagai berikut :
Menumbuhkan minat siswa untuk belajar dengan membawa mereka pada pengalaman di kehidupannya sehari-hari.
Siswa akan lebih aktif dalam berkomunikasi bahasa Indonesia secara baik dan benar ketika kegiatan belajar mengajar berlangsung.
Meningkatkan keefektifan guru menyampaikan materi ketika pendekatan kontekstual dilakukan.
Siswa SMP semakin terpacu danberani menggunakan bahasa Indonesia pada berbagai kegiatandi lingkungan sekolah maupun di luar sekolah. contoh ptk bahasa indonesia tentang menulis

Munculnya berbagai kendala bagi para siswa untuk lebih mengasah kemampuannya agar berkomunikasi dengan baik dapat diminimalkan dengan melakukan pendekatan kontekstual melalui PTK Bahasa Indonesia SMPdiharapkan dapat memberi dorongan bagi siswa untuk berani berbahasa Indonesia.

CONTOH PTK SMP KELAS 8 PENDEKATAN KONTEKSTUAL

Menulis merupakan suatu aktivitas komunikasi bahasa yang menggunakan bahasa sebagai mediumnya. Tulisan itu terdiri atas rangkaian huruf yang bermakna dengan segala kelengkapan lambang tulisan seperti ejaan dan pungtuasi. Seseorang bisa disebut sebagai penulis karena memiliki kemahiran menuangkan secara tertulis ide, gagasan, dan perasaan dengan runtut.
Kekurang berhasilan pembelajaran menulis di Kelas VIII SMP disebabkan oleh banyak faktor khususnya yang menyangkut siswa dan guru. Tidak sedikit para guru yang menganggap bahwa proses pembelajaran yang efektif ditandai dengan suasana kelas yang tenang. Para siswa dengan tertib duduk di kursinya masing-masing, perhatian terpusat pada guru, dan guru menjelaskan (berceramah) di depan kelas. Dalam kondisi yang demikian, siswa akan semakin tenggelam dalam kepasifan. Mereka belajar tidak lebih dari suatu rutinitas sehingga kurang tertantang terlibat secara aktif dalam proses belajar mengajar. Siswa cenderung belajar secara individual, menghafal konsep-konsep yang abstrak dan teoretik, menerima rumus-rumus atau kaidah-kaidah tanpa banyak memberikan kontribusi ide dalam proses pembelajaran.
Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus dapat disimpulkan sebagai berikut : 1) Dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan keaktivan siswa kelas VIII SMP dalam mengikuti kegiatan belajar menulis. Hal ini dapat diketahui dari pengamatan/observasi selama proses kegiatan belajar mengajar berlangsung, 2) Dengan pendekatan kontekstual dapat menungkatkan keterampilan menulis siswa kelas VIII SMP. Hal ini dapat diketahui dari hasil tes menulis laporan.



ptk bahasa indonesia smp kelas 9 kurikulum 2013, contoh ptk bahasa indonesia smp kelas 8 kurikulum 2013, ptk bahasa indonesia smp kelas 7, contoh ptk bahasa indonesia tentang menulis, ptk bahasa indonesia smp kelas 8 pdf, ptk bahasa indonesia untuk naik pangkat, ptk bahasa indonesia smp masa pandemi, contoh ptk bahasa indonesia smp kelas 8 di masa pandemi.