Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

DOWNLOAD PTK K13 TERBARU BAHASA INGGRIS SMA KELAS XI

DOWNLOAD PTK K13 TERBARU BAHASA INGGRIS SMA KELAS XI-Mengingat kesulitan yang dialami siswa dalam memahami materi Bahasa Inggris maka dipandang perlu untuk melakukan perhatian yang lebih baik lagi dari berbagai pihak untuk meningkatkan mutu hasil belajar Bahasa Inggris. Utamanya dari kalangan pendidik dalam hal ini seorang guru, karena gurulah yang banyak atau yang paling dekat dengan siswa. Usaha-usaha yang dilakukan kearah peningkatan hasil belajar diharapkan akan selalu ditingkatkan. Jangkauannya diperluas dan mencakup sasaran yang lebih mendasar, perbaikan cara belajar Bahasa Inggris, banyak guru mulai menggunakan beberapa pendekatan dalam pemecahan soal Bahasa Inggris agar siswa merasa senang dan mampu menyelesaikan soal yang diberikan dan lain-lain. Salah satu langkah yang dapat di ambil untuk perbaikan pembelajaran adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang tepat dan menarik. download ptk bahasa inggris sma doc

Dalam materi Fungsi Sosial dan Unsur Kebahasaan Lirik Lagu, model pembelajaran yang di rasa tepat dan menarik untuk di gunakan adalan Metode pembelajaran tanya jawab. Penelitian ini mengambil judul “Peningkatan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Materi Fungsi Sosial dan Unsur Kebahasaan Lirik Lagu  Melalui Metode Pembelajaran Tanya Jawab Siswa Kelas XI ...SMA Negeri ... Tahun Pelajaran 2017/2018” Hasil ahir dari penelitian ini adalah Dengan metode pembelajaran tanya jawab yang telah dilaksanakan maka terdapat peningkatan prestasi  belajar Bahasa Inggris Materi Fungsi Sosial dan Unsur Kebahasaan Lirik Lagu pada siswa Kelas XI... SMA Negeri .... Terbukti  dari data hasil belajar pada siklus 1 ketuntasan klasikal siswa mencapai 66,6%  Dan hasil ketuntasan klasikal siswa yang pada siklus 2 mencapai 91,1%. Dapat di simpulkan bahwa penggunaan  Metode Pembelajaran Tanya Jawab dalam meningkatkan prestasi  belajar Bahasa Inggris Materi Fungsi Sosial dan Unsur Kebahasaan Lirik Lagu pada siswa Kelas XI... SMA Negeri ... Tahun Ajaran 2017 /2018 tepat sasaran.

Laporan penelitian tindakan kelas ini membahas BAHASA INGGRIS SMA yang diberi judul “PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS MATERI FUNGSI SOSIAL DAN UNSUR KEBAHASAAN LIRIK LAGU  MELALUI METODE PEMBELAJARAN TANYA JAWAB SISWA KELAS XI ...  SMA NEGERI ... TAHUN PELAJARAN 2017/2018". Disini akan di bahas lengkap.


PTK ini bersifat hanya REFERENSI saja kami tidak mendukung PLAGIAT, Bagi Anda yang menginginkan FILE PTKBAHASA INGGRIS SMA KELAS XI lengkap dalam bentuk MS WORD SIAP DI EDIT dari BAB 1 - BAB 5 untuk bahan referensi penyusunan laporan PTK dapat (SMS ke 0856-47-106-928 dengan Format PESAN PTK SMA 070).

CONTOH PTK KURIKULUM 2013 LENGKAP DAN TERBARU

BAB 1PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang Masalah
Orang yang berprestasi adalah orang yang mendapatkan keberhasilan atas usahanya. Prestasi bukanlah sesuatu yang datang tanpa usaha keras. Jika kita menyimak kisah-kisah perjalanan hidup orang-orang yang berprestasi, kita akan mendapati bahwa mereka bekerja keras untuk mencapai prestasi tersebut. Prestasi seorang siswa diwujudkan dalam perolehan nilai hasil belajar yang baik atau kelulusan dengan nilai yang baik. Para atlet dunia telah mulai mengenal olah ragadan berlatih sejak usia belasan atau bahkan sejak masuk sekolah dasar. Demikian juga ilmuwan-ilmuwan besar merupakan orang-orang yang tekun belajar dan bereksperimen. Diantara ribuan kali eksperimen mungkin ada berkali-kali kegagalan yang tidak membuat mereka putus asa. Kerja keras dan jiwa besar semacam itulah yang akhirnya berbuah prestasi di masa datang.
Orang yang berprestasi meyakini bahwa hasil yang diperoleh sesuai harapan dan keinginannya. Orang yang mendapatkan hasil sesuai harapan berarti memperoleh keberhasilan atau kesuksesan. Semua orang pasti menginginkan harapan, cita-cita dan keinginannya tercapai. Sehingga memperoleh prestasi sesungguhnya merupakan dambaan setiap siswa. Berprestasi tidak hanya akan mengharumkan nama kita tapi juga nama keluarga, masyarakat, bangsa dan negara. Oleh karena itu prestasi mempunyai arti yang sangat penting, antara lain :
1. Prestasi dapat menjadi indikator ( penanda ) kuantitas dan kualitas yang dicapai dari suatu kegiatan.
2. Prestasi dapat menjadi pengalaman berharga dan bahan informasi untuk masa depan,
3. Prestasi dapat menjadi kebanggaan bagi diri sendiri, keluarga dan masyarakat.
4. Prestasi dapat digunakan untuk mengetahui tingkat kepandaian dan kemampuan seseorang atau sebuah kelompok.

Banyak orang yang menghubungkan prestasi dengan berbagai penghargaan. Namun sesungguhnya penghargaan hanya merupakan simbol pengakuan masyarakat terhadap suatu prestasi. Penghargaan semacam ini bentuknya bermacam-macam, seperti piagam, piala, medali, uang dan lain-lain. Yang paling bermakna bagi seseorang yang berprestasi sebenarnya adalah pengakuan itu sendiri. Yaitu bahwa kerja keras yang dilakukannya selama ini dan hasil yang telah dicapai melalui upaya tersebut ternyata memperoleh pengakuan dari masyarakat.
Pentingnya prestasi juga menjadi perhatian khusus bagai kalangan guru di sekolah. Seperti di sekolah SMA Negeri ..., banyak siswa yang prestasinya rendah khususnya dalam mata pelajaran Bahasa Inggris. ptk bahasa inggris sma lengkap dengan lampiran
Salah satu langkah yang dapat di ambil untuk perbaikan pembelajaran adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang tepat dan menarik. Model pembelajaran yang di rasa tepat dan menarik untuk di gunakan adalan Metode pembelajaran tanya jawab. 

Metode pembelajaran tanya jawab adalah penyampaian pesan pengajaran dengan cara mengajukan pertanyaan-pertanyaan dan siswa memberikan jawaban atau sebaliknya siswa diberi kesempatan bertanya dan guru menjawab pertanyaan-pertanyaan. Metode Tanya jawab adalah suatu metode dalam pendidikan dan pengajaran dimana guru bertanya dan murid-murid menjawab bahan materi yang diperolehnya.
Oleh karena itu peneliti mengambil judul "Peningkatan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Materi Fungsi Sosial dan Unsur Kebahasaan Lirik Lagu  Melalui Metode Pembelajaran Tanya Jawab Siswa Kelas XI ...SMA Negeri ... Tahun Pelajaran 2017/2018" dalam Penelitian Tindakan Kelas ini. 

1.2 Rumusan Masalah
Rumusan masalah dalam Penelitian Tindakan Kelas Mata pelajaran Bahasa Inggris semester I tahun ajaran 2017  -2018   ini adalah bagaimana peningkatan prestasi belajar Bahasa Inggris materi Fungsi Sosial dan Unsur Kebahasaan Lirik Lagu  melalui Metode pembelajaran tanya jawab siswa kelas XI ...SMA Negeri ... ?

1.3. Tujuan Penelitian
Sesuai dengan permasalahan di atas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar Bahasa Inggris materi Fungsi Sosial dan Unsur Kebahasaan Lirik Lagu  melalui Metode pembelajaran tanya jawab siswa kelas XI ...SMA Negeri ... 
1.4 Pembatasan Penelitian  
Penelitian ini di batasi pada permasalahan berikut ini:
1. Prestasi belajar siswa yang rendah pada materi Fungsi Sosial dan Unsur Kebahasaan Lirik Lagu
2. Penggunaan metode pembelajaran tanya jawab sebagai penyelesaian masalah

1.5 Kegunaan Hasil Penelitian
1.5.1 Bagi Guru Bahasa Inggris
Wacana dari hasil penelitian tindakan kelas ini di harapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa di tingkat SMA khususnya pada mata pelajaran Bahasa Inggris.
1.5.2 Bagi siswa 
Dengan Metode pembelajaran tanya jawab mudah-mudahan siswa mampu meningkatkan prestasi belajar Bahasa Inggris pada materi Fungsi Sosial dan Unsur Kebahasaan Lirik Lagu . ptk bahasa inggris sma 2018
1.5.3  Bagi lembaga sekolah
Wacana dari hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dan refrensi untuk mengambil dan menggunakan metode pembelajaran  yang tepat sesuai dengan materi yang akan di ajarkan kepada peserta didik di sekolah.

PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) BAHASA INGGRIS KELAS XI DOC

BAB IIKAJIAN TEORI

2.1. PRESTASI BELAJAR
2.1.1 Pengertian Prestasi Belajar
Setiap kegiatan yang dilakukan siswa akan menghasilkan suatu perubahan dalam dirinya, yang meliputi ranah kognitif, afektif dan psikomotor. Hasil belajar yang diperoleh siswa diukur berdasarkan perbedaan tingkah laku sebelum dan sesudah belajar dilakukan. Salah satu indikator terjadi perubahan dalam diri siswa sebagai hasil belajar di sekolah dapat dilihat melalui nilai yang diperoleh siswa pada akhir semester.

Pengertian prestasi belajar sebagaimana tercantum dalam Kamus Besar Bahasa Inggris  (2001:895) “Prestasi balajar adalah penguasaan pengetahuan atau keterampilan yang dikembangkan melalui mata pelajaran, lazimnya ditunjukan dengan nilai yang diberikan oleh guru”.Menurut I.L Pasaribu dan B. Simanjuntak (1983:91) menyatakan bahwa “prestasi belajar adalah isi dan kapasitas seseorang. Maksudnya adalah hasil yang diperoleh seseorang setelah mengikuti pendidikan ataupun pelatihan tertentu. Ini bisa ditentukan dengan memberikan tes pada akhir pendidikan itu”. 

Arif Gunarso (Sunarto, 2012) mengemukakan bahwa prestasi belajar adalah usaha maksimal yang dicapai oleh seseorang setelah melaksanakan usaha-usaha belajar. Prestasi dapat diukur melalui tes yang sering dikenal dengan tes prestasi belajar. Dan lagi menurut Bloom (Sunarto, 2012) bahwa hasil belajar dibedakan menjadi tiga aspek yaitu Kognitif, Afektif dan Psikomotor.Sedangkan menurut Muhibbin Syah (2008 : 141), “Prestasi belajar merupakan hasil dari sebagian faktor yang mempengaruhi proses belajar secara keseluruhan.”
Dari pendapat para ahli diatas dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar adalah perubahan tingkah laku mencakup tiga aspek (kognitif, afektif dan motorik) seperti penguasaan, penggunaan dan penilaian berbagai pengetahuan dan ketrampilan sebagai akibat atau hasil dari proses belajar dengan faktor-faktor yang mempengaruhinya yang tertuang dalam bentuk nilai yang di berikan oleh guru.

2.1.2 Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar
Prestasi yang dicapai seorang individu merupakan hasil interaksi antara berbagai faktor yang mempengaruhi, baik dalam diri siswa maupun luar diri siswa. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar menurut Muhibbin Syah (2008:132), yaitu:
1)    Faktor internal (faktor dari dalam diri individu), meliputi keadaan atau kondisi jasmani dan rohani siswa.
2)   Faktor eksternal (faktor dari luar diri individu), meliputi kondisi lingkungan sekitar siswa. 
3)    Faktor pendekatan belajar (approach to learning) yaitu jenis upaya belajar siswa (kebiasaan) yang meliputi strategi dan metode yang digunakan siswa untuk melakukan kegiatan pembelajaran materi pelajaran.

Faktor-faktor diatas saling berinterkasi secara langsung dalam mempengaruhi prestasi belajar siswa, maka sangat diperlukan lingkungan yang baik dan kesiapan dalam diri siswa yang meliputi strategi, metode serta gaya belajar, agar dapat memberi pengaruh terhadap prestasi belajar yang akan dihasilkan

2.2. METODE PEMBELAJARAN TANYA JAWAB
2.2.1. Pengertian Dan Tujuan Metode Tanya Jawab
Metode Tanya jawab adalah penyampaian pesan pengajaran dengan cara mengajukan pertanyaan-pertanyaan dan siswa memberikan jawaban atau sebaliknya siswa diberi kesempatan bertanya dan guru menjawab pertanyaan-pertanyaa. Metode Tanya jawab adalah suatu metode dalam pendidikan dan pengajaran dimana guru bertanya dan murid-murid menjawab bahan materi yang diperolehnya.

Metode ini memungkinkan terjadinya komunikasi langsung antara guru dan pelajar, bisa dalam bentuk guru bertanya dan pelajar menjawab atau dengan sebaliknya. 

Metode Tanya jawab dilakukan :
1. Sebagai ulangan pelajran yang telah diberikan.
2. Sebagai selingan dalam pembicaraan.
3. Untuk merangsang anak didik agar perhatiannya tercurah kepada masalah yang sedang dibicarakan. 
4. Untuk mengarahkan proses berfikir.

Proses Tanya jawab terjadi apabila ada ketidak tahuan atau ketidak fahaman peserta didik akan suatu peristiwa, adapun tujuan dari metode Tanya jawab sebagai berikut[3] :
1. Mengecek dan mengetahui sampai sejauh mana kemampuan anak didik terhadap pelajaran yang dikuasai.
2. Membri kesempatan kepada anak didik untuk mengajukan pertanyaan kepada guru tentang suatu masalah yang belum difahami.
3. Memotivasi dan menimbulkan kompetensi belajar.
4. Melatih anak didik untuk berfikir dan berbicara secara sitematis berdasarkan pemikiran yang orisinil.

2.2.2. Tehnik Dalam Metode Tanya Jawab
Dalam setiap metode yang ada dalam pembelajaran pasti diperlukan tehnik agar pembelajaran bisa berjalan secara baik, berikut ini berbagai tehnik yang digunakan gfuru dalam mengajukan pertanyaan :
1. The Mixe Strategy yakni mengkombinasikan berbagai tipe dan jenis pertanyaan.
2. The Speaks Strategy yakni menggunakan pertanyaan yang saling bertalian satu sama lain. ptk bahasa inggris sma 2018
3. The Pleteaus Strategy yakni mengajukan pertanyaan yang sama jenisnya terhadap sejumlah siswa sebelum beralih kepada jenis pertanyaan yang lain.
4. The Inductive Strategy yakni dengan berbagai pertanyaan siswa didorong untuk menarik generalisasi dari hal-hal khusus ke hal-hal yang umum atau berbagai fakta menuju hukum-hukum.
5. The Deductive Strategy yakni Generalisasi yang dijadikan sebagai titik tolak, siswa diharapkan dapat menyatakan pendapatnya tentang berbagai kasus atau data yang ditanyakan.
Pertanyaan yang baik memiliki ciri-ciri
1. Pertanyaan hendaknya bersifat mengajak atau merangsang siswa untuk berfikir.
2. Kata-kata yang dipergunakan harus jelas sehingga tidak ada kata atau istilah yang tidak difahami siswa.
3. Pertanyaan itu harus mengandung satu penafsiran.
4. Kalimat pertanyaan hendaknya singkat.
5. Setiap pertanyaan hendaknya mengandung satu masalah.
6. Pertanyaan harus sesuai dengan taraf kecerdasan atau pengalaman siswa.

2.2.3. Keunggulan Dan Kekurangan Metode Tanya Jawab
Suatu metode yang digunakan oleh guru dalam mengajar sudah barang tentu mempunyai keunggulan dan kekurangan, begitupun dengan metode Tanya jawab. Berikut keunggulan dan kekurangan metode Tanya jawab :
(a). Keunggulan metode Tanya
1. Kelas akan hidup karena anak didik aktif berfikir dan menyampaikan pikiran melalui berbicara.
2. Beik sekali untuk melatih anak didik agar berani mengemukakan pendapatnya.
3. Akan membawa kelas kedala suasana diskusi.

(b). Kekurangan metode diskusi
1. Apabila terjadi perbedaan pendapat akan memkana waktu untuk menyelesaikannya. download ptk bahasa inggris sma doc
2. Kemungkinan akan terjadi penyimpangan perhatian pelajar terutama apabila jawaban yang kebetulan menarik perhatian tetapi buka sasaran atau materi yang dituju.
3. Dapat menghambat cara berfikir apabila guru kurang pandai dalam penyajian materi.

2.3. KERANGKA PENELITIAN
Tabel 2.3

2.4. HIPOTESIS PENELITIAN
1. Adanya peningkatan prestasi belajar Bahasa Inggris materi Fungsi Sosial dan Unsur Kebahasaan Lirik Lagu  melalui Metode pembelajaran tanya jawab siswa kelas XI ...SMA Negeri ... Tahun Pelajaran 2017/2018

CONTOH TERBARU PTK BAHASA INGGRIS SMA K13

BAB III

METODE PENELITIAN

3.1. Setting Penelitian
Pokok bahasan dalam Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) ini adalah "Peningkatan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Materi Fungsi Sosial dan Unsur Kebahasaan Lirik Lagu  Melalui Metode Pembelajaran Tanya Jawab Siswa Kelas XI ...SMA Negeri ... Tahun Pelajaran 2017/2018". Jadi, Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan di kelas XI ... SMA Negeri ...    dengan jumlah peserta didik  45 siswa.  Berikut ini adalah nama nama siswa kelas XI IPA 5  SMA Negeri ... 
Tabel 3.1
Data Subjek Penelitian

Pengumpulan data dilakukan pada tanggal 15 September   2017   sampai  dengan  5 Oktober  2017  , dengan perincian kegiatan sebagai berikut :
Tabel 3.2
Waktu Dan Kegiatan Penelitian


3.2 Prosedur Penelitian
Penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Mulyasa mengemukakan bahwa penelitian tindakan kelas adalah suatu penelitian yang dilakukan dengan tujuan untuk memperbaiki kualitas proses dan hasil belajar sekelompok peserta didik (2009 : 10). Sedangkan Mc. Niff mengemukakan bahwa hakekat penelitian tindakan kelas adalah sebagai bentuk penelitian reflektif yang dilakukan oleh guru sendiri yang hasilnya dapat dimanfaatkan sebagai alat untuk pengembangan keahlian mengajar (dalam Wijaya, 2009 : 8). 

Selanjutnya Wijaya mengemukakan bahwa penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri dengan cara merencanakan, melaksanakan, merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif dengan tujuan memperbaiki kinerjanya sebagai guru, sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Dalam penelitian tindakan kelas ini, peneliti mengikuti desain model-model yang dijelskan pada model-model PTK seperti, yaitu: Model Lewin yang ditafsirkan oleh Kemmis Kemmis & Mc Taggart, Model Hopkins, dan Model MC Kerinan. Langkah-langkah pelaksanaan PTK sesuai dengan model PTK yang dipilih. 

Adapun langkah-langkah dari desain prosedur PTK di atas sebagai berikut :
1.      Perencanaan
Pada tahap perencanaan ini guru merencanakan hal-hal yang akan diajarkan serta permasalahan yang ada, dan cara pemecahannya Adapun hal-hal yang dilakukan dalam pada tahab perencanaan antara lain: (1) Guru melakukan analisis standar isi untuk mengetahui standar kompetensi dan kompetensi dasar (2) Penyusunan program pembelajaran sesuai dengan Kompetensi Dasar (3) menentukan tempat atau lingkungan sebagai sumber belajar, serta menentukan waktu yang dibutuhkan (4) membentuk kelompok belajar (5) Peneliti menyusun skenario pembelajaran (6) Peneliti mengundang nara sumber jika dibutuhkan (7) Peneliti membuat lembar kerja siswa sesuai dengan Kompetensi Dasar (8) Menyiapkan alat penilain untuk proses pembelajaran dan sejauh mana pemahaman siswa setelah melakuakan pembelajaran di luar kelas terhadap objek langsung.

2.      Pelaksanaan Tindakan
Pelaksanaan tindakan merupakan suatu tindakan yang dilakukan oleh guru atau peneliti sebagai upaya perbaikan atau perubahan yang diinginkan (Suyanto, 1997 : 16). Peran peneliti pada pelaksanakan tindakan yaitu ikut terlibat dalam proses pembelajaran yang telah direncanakan yaitu sesuai judul yang di angkat.
3.      Observasi (Pengamatan)
Observasi sebagai alat pengumpulan data yang sistematis artinya teknik observasi secara pencatatannya dilakukan untuk menafsirkan secara ilmiah (Suharsimi Arikunto, 1998 : 132). Pada tahap observasi ini guru merekam kegiatan siswa untuk mendapatkan data-data dari hasil pembelajaran, agar peneliti atau guru mendapatkan hasil yang valid, memilih teman sejawat atau guru lain sebagai observer terhadap tindakan yang dilakukan peneliti sesuai dengan pedoman atau lembar observasi yang telah disiapkan. 

4. Refleksi
Refleksi dimaksudkan untuk mengkaji secara menyeluruh tindakan yang telah dilakukan, berdasarkan data yang telah berkumpul, kemudian dilakukan evaluasi guna untuk menyempurnakan tindakan berikutnya. Pada tahap refleksi ini guru dan observer berupa teman atau guru sejawat mengadakan diskusi untuk menganalisis sekala sikap dari hasil pre test dan post test yang dilakukan siswa, dari hasil pengamatan kinerja siswa dan guru serta keaktifan siswa dalam pembelajaran.

Hasil dari refleksi ini oleh guru dijadikan acuan untuk mengadakan perbaikan-perbaikan, dan selanjutnya direncanakan kembali pada pelaksanaan siklus II. Apabila pada Siklus I prestasi belajar siswa belum mencapai target, yang telah ditentukan, maka penelitian belum bisa dikatakan berhasil, sehingga peneliti harus melanjutkan ke siklus II., apabila pada siklus II prestasi belajar siswa sudah mengalami peningkatan dengan menggunakan langkah-langkah yang benar sesuai dengan target yang telah direncanakan maka penelitian baru dikatakan berhasil.

3.3 Cara pengumpulan data
Tekhnik pengumpulan data dalam penelitan ini adalah mengikuti pendapat dari Wolcot (1992) bahwa ada 3 (tiga) teknik pengumpulan data, yaitu: (1) pengalaman, (2) pengungkapan, dan (3) pengujian. Berikut penjelasan singkat tentang 3 teknik tersebut:
1. Pengalaman. Pengalaman adalah satu teknik dalam pengumpulan data, dengan pengalaman seorang guru yang sekaligus bertindak sebagai peneliti dapat dengan mudah melakukan pengumpulan data terkait dengan subjek penelitiannya hal ini disebabkan pengetahuan situasi dan kondisi terhadap kelas pembelajarannya. Pengalaman dapat dilakukan dengan cara observasi, dalam pelaksanaannya observasi dapat dikategorikan berdasarkan peran yang dilakukan. Misalnya observasi partisipatif  dengan cara seorang peneliti melakukan pengamatan (observasi) sambil ikut serta dalam kegiatan penelitian yang sedang berjalan. Observasi pasif, dimana seorang peneliti hanya bertindak sebagai observer yang bertugas untuk mencatat proses-proses yang sedang berjalan dengan menggunakan instrumen yang disediakan. Observasi khusus, peneliti memiliki peran tersendiri misalnya hanya memberikan bimbingan.

2. Pengungkapan. Pengungkapan yang dimaksud di sini adalah bagaimana seorang peneliti melakukan pengumpulan data dengan cara wawancara terhadap subjek penelitian atau terhadap siapa saja agar supaya terkumpul data yang diperlukan yang memang diperlukan. Beberapa instrumen dalam penelitian yang dikategorikan wawancara (alat untu mengumpukan data) diantaranya: wawancara informal, wawancara formal terstruktur atau wawancara tidak terstruktur, angket, menggunakan skala model Likert atau Thurtston, dengan tes standar (termasuk quiz belajar atau tes hasil belajar), dan beberapa instrumen lainnya sesuai dengan data yang ingin dikumpulkan.
3. Pembuktian. Jika proses pengungkapan selesai maka pada tahap selanjutnya adalah melakukan pembuktian, pelaksanaan pembuktian dapat dilakukan dengan teknik dokumentasi data-data yang terkait. download ptk bahasa inggris sma doc

3.4 Indikator Kinerja
Tolak ukur keberhasilan tindakan perbaikan ditetapkan secara eksplisit sehingga memudahkan verifikasinya untuk tindakan perbaikan melalui penelitian tindakan kelas PTK yang bertujuan mengurangi kesalahan konsep siswa misalnya perlu ditetapkan kriteria keberhasilan yang diduga sebagai dampak dari implementasi tindakan perbaikan yang dimaksud. Dalam penelitian ini yang menjadi indikator kinerja adalah jika siswa kelas XI mencapai ketuntasan klasikal sebesar 75% dengan memperoleh nilai di atas KKM yang telah di tentukan yaitu 70 untuk mata pelajaran Bahasa Inggris.

PTK LENGKAP BAHASA INGGRIS KELAS XI SMA DOC

DAFTAR PUSTAKA

Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono. 1991. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. 
Ahmad Rohani. (1997). Media Instruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Ciptahttp://rujukanbukuku.blogspot.co.id/2017/03/psikologi-belajar-edisi-revisi-abu.html
Arief S. Sadiman, dkk. (2006).  Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Pustekkom. Dikbud. dan PT. Raja Grafindo Persada
Darmansyah. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. UNP
Depdiknas.  2004.  Pedoman  Penulisan  Karya  Ilmiah.  Cetakan  Eisi  ke  empat Malang Pers.
Ekonomi UI Ruseffendi. 1996. Pendidikan Matematka 3. Jakarta: Depdikbud.  
Goleman, Daniel, Emitional Intelligence Kecerdasan Emosional Mengapa EQ Lebih Penting Daripada IQ, Jakata: PT Gramedia Pustaka Utama, 2004.
Hamalik, Oemar. 2002. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Asara.  
Ivor. K.Davies. 1991. Pengelolaan Belajar. Jakarta CV Rajawali
Nana Sujana. 1989. Teori-teori belajar Untuk pengajaran. Bandung
Ngalim Purwanto, Psikologi Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2002
RosdaSardiman. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Sugandi, Achmad. 2004. Teori Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press.  
Suherman, Eman dan Winataputra. 2001. Strategi Belajar Mengajar Tematik . Jakarta:Depdikbud.
Slameto. 1995. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.  Sudjana, Nana. 2001. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya. 
Syah, Muhibbin. 2006. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 
Tabrani Rusyan, Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2001.
Wina Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta. Kencana Wiradikromo Sartono. 2003. Dimensi Tiga. Jakarta. Erlangga
Zainal Abidin. 2004. Evaluasi Pengajaran. Padang. UNP
Suprijono, A. 2009.  Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Online:

Terimakasih atas kunjungan anda yang telah membaca postingan saya DOWNLOAD PTK K13 TERBARU BAHASA INGGRIS SMA KELAS XI

ptk bahasa inggris lengkap dengan lampiran, ptk bahasa inggris sma lengkap pdf, ptk bahasa inggris sma kelas xii, contoh ptk bahasa inggris sma kurikulum 2013 doc, ptk bahasa inggris reading sma, download ptk bahasa inggris sd, contoh ptk bahasa inggris sd lengkap, ptk pembelajaran daring bahasa inggris sma, contoh ptk bahasa inggris pdf, ptk bahasa inggris tentang writing.