PTK BK SMP K13 - PENERAPAN METODE SELF MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI
PTK BK SMP K13 - Seringkali ditemui banyak peserta didik yang melakukan perilaku negatif, dalam hal ini peran pendidikan sangat diperlukan untuk merubahnya menjadi lebih positif. Mengatasi kondisi itu, guru perlu mengetahui prinsip dasar dari PTK BK SMP – metode self management.
PRINSIP DASAR PENERAPAN PTK METODE SELF MANAGEMENT
Dalam menyusun dan melakukan persiapan untuk melakukan penelitian tindakan kelas, penting bagi para tenaga pendidik untuk memahami beberapa prinsip utama yang merupakan bagian dari self management. Hal itu bertujuan supaya implementasinya dan analisisnya bisa berjalan optimal.
1. Self Regulation
Dalam penyusunan PTK BK SMP – metode self management, guru perlu memahami tentang prinsip self regulation. Untuk mendapatkan hasil maksimal, tentunya para tenaga pendidik perlu memahami konsep kontrol diri pada seseorang. Akan lebih baik lagi, jika tenaga pendidik mempunyai pemahaman lebih mendalam mengenai model self regulation pada anak-anak SMP. Pasalnya hal ini berkaitan erat dengan pengaturan emosi serta bentuk perilaku yang muncul. Selain itu perlu disadari bahwa regulasi diri ini dapat dipelajari. download ptk bk smp word
2. Self Control
Prinsip berikutnya yang perlu dipahami oleh tenaga pendidik yakni mengenai self control. Pada dasarnya setiap orang memiliki kekuatan untuk mengatur dirinya sehingga tidak melakukan perilaku yang merugikan. Untuk mengembangkan kemampuan ini dengan maksimal, cara terbaik yang bisa dilakukan yakni dengan memberikan kesempatan pada peserta didik. Guru perlu memahami bahwa potensi tersebut tidak bersifat tetap, melainkan dapat dikembangkan.
3. Self Attribution
Terakhir, tenaga pendidik perlu juga memahami prinsip dasar yakni self attribution. Secara singkatnya konsep ini bisa diartikan sebagai kecenderungan seseorang dalam menyimpulkan penyebab dari perilaku yang dilakukan dirinya maupun orang lain. Para tenaga penting untuk menggunakan prinsip ini dalam penerapan penelitian tindakan kelas. Pasalnya, dengan begitu guru dapat melihat lebih mendalam faktor yang memicu atau menyebabkan perilaku negatif para peserta didik. contoh ptk bimbingan konseling
Demikianlah sekilas informasi mengenai prinsip dasar yang perlu dipahami guru dalam menyusun PTK BK SMP – metode self management. Semoga ulasan singkat ini dapat memberikan manfaat dalam perkembangan sistem pendidikan di Indonesia.