Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

PTK K13 BK SMP - PENGGUNAAN MEDIA IT (INFORMATION AND TECHNOLOGY) DALAM MENINGKATKAN ANTUSIAS SISWA UNTUK MENGIKUTI BIMBINGAN KLASIKAL PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI

PTK K13 BK SMP - Di era globalisasi segala bentuk perubahan telah masuk ke berbagai lini kehidupan, termasuk pada bidang pendidikan. Dalam hal ini, guru memiliki tugas berat untuk membantu mengatasi kesulitan siswa. Maka dari itu amat penting mencari model pembelajaran yang efektif untuk PTK BK SMP – penggunaan media IT.

METODE PEMBELAJARAN PTK BK SMP TEREFEKTIF

Pada dasarnya banyak model pembelajaran yang bisa diterapkan dalam penelitian tindakan kelas.  Meskipun begitu para tenaga didik dalam hal ini adalah guru BK tingkat SMP harus memilih metode yang paling efektif dan sesuai dengan karakter siswa tingkat sekolah menengah. 

1. CTL (Contextual Teaching and Learning)

CTL atau lebih dikenal dengan metode pembelajaran kontekstual merupakan sistem pembelajaran yang mempermudah guru untuk menjelaskan materi. Caranya dengan mengaitkannya dengan kondisi di dunia sekitar siswa. Tujuan metode pembelajaran CTL ini mendorong agar siswa dapat mencari hubungan antara ilmu pengetahuan yang didapat dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Agar lebih maksimal, sistem tersebut dapat digabungkan dengan teknik lainnya. ptk bk 2020

2. PBL (Problem Based Learning)

Berikutnya metode pembelajaran yang cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran BK khususnya penggunaan media IT adalah PBL. Sudah jelas dari namanya, sistem ini berfokus pada masalah nyata sebagai konteks utama. Dalam metode PBL ini, siswa didorong untuk dapat menyelesaikan masalah tersebut. Sistem pembelajaran seperti itu belajaragar para peserta didik berpikir kritis serta mengasah keterampilan memecahkan masalah. download ptk bk smp word

3. Berbasis Proyek (Project Based Learning)

Metode pembelajaran yang banyak diterapkan dalam PTK BK SMP – penggunaan media IT berikutnya yakni berbasis proyek. Sistem ini menuntut agar siswa aktif baik pada materi bersifat teoritis maupun praktek.Disini guru berperan hanya sebagai fasilitator. Sistem pembelajaran inovatif berbasis proyek tersebut bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada para peserta didik supaya ikut berperandalam mengelola proses belajar mengajar. Dengan begitu kegiatan di kelas menjadi lebih menarik dan menyenangkan. 

Demikianlah ulasan singkat mengenai model pembelajaran efektif yang populer digunakan dalam PTK BK SMP – penggunaan media IT. Semoga informasi diatas bisa menambah wawasan dan menjadi sumber referensi terutama bagi tenaga pendidik.

PTK ini bersifat hanya REFERENSI saja kami tidak mendukung PLAGIAT, Bagi Anda yang menginginkan FILE PTK BK SMP lengkap dalam bentuk MS WORD SIAP DI EDIT dari BAB 1 - BAB 5 untuk bahan referensi penyusunan laporan PTK dapat (SMS ke 0856-47-106-928 dengan Format PESAN PTK K13 SMP 01).


DOWNLOAD PTK BK SMP - PTK K13 SMP 01



download ptk bk smp word, ptk bk masa pandemi,ptk bk smp kelas 7, ptk bk tentang motivasi belajar,  contoh ptk bk masa pandemi, download ptk bk smp word, download ptk bimbingan konseling doc, contoh proposal ptk bk, contoh judul ptbk smp, laporan ptbk.