Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

PTK K13 BAHASA INDONESIA SD - UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI METODE PEMBELAJARAN PEMODELAN PADA PESERTA DIDIK KELAS I MI NEGERI

PTK K13 BAHASA INDONESIA SD - Dalam proses belajar mengajar seringkali ditemui banyak masalah. Ditinjau lebih dalam, salah satu faktornya karena sistem pembelajaran kurang efektif. Saat inilah peran guru sangat penting untuk menyusun PTK khususnya untuk mata pelajaran bahasa Indonesia MI – kemampuan membaca.

STRATEGI PTK YANG EFEKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA 

Pada dasarnya setiap murid memang memiliki kecerdasan yang berbeda, terutama kemampuan dalam membaca. Maka dari itu, penting bagi guru MI untuk mencari strategi pembelajaran efektif dan bisa diterapkan dalam penelitian tindakan kelas, diantaranya yakni:

1. STRATEGI SQ3R 

Untuk mengembangkan kemampuan membaca pada murid MI, kini para guru tidak perlu bingung. Pasalnya ada banyak strategi yang bisa dicoba salah satunya SQ3R. Dengan menggunakan metode tersebut, diharapkan sistem pembelajaran mata pelajaran bahasa Indonesia menjadi lebih menarik.

Strategi SQ3R ini menggunakan sistem penerapan membaca intensif dengan mengkombinasikan beberapa sistem seperti survey, question, reading, recite dan review. Agar efektif, metode ini dilakukan dalam 5 tahapan, diantaranya seperti:

  • Siswa membaca dan mengamati materi yangdiberikan
  • Siswa diminta untuk membuat pertanyaan
  • Siswa diminta membaca kembali materi dan mencari jawaban dari pertanyaan yang dibuat
  • Siswa menceritakan inti dari masing-masing paragraf
  • Siswa memperhatikan apakah kesimpulan yang dibuat dari masing-masing paragraf sesuai

2. STRATEGI DEDISCERTA

Pada umumnya rendahnya minat murid dalam mata pelajaran disebabkan karena menggunakan metode klasik. Dalam upaya meningkatkan rasa ketertarikan siswa, guru dapat menerapkan strategi Dediscerta dalam penyusunan  PTK Bahasa Indonesia MI – kemampuan membaca. contoh ptk sd kelas 1 bahasa indonesia

Strategi Dediscerta ini sengaja didesain dengan memadukan beberapa metode pembelajaran sekaligus  yakni terdiri dari demonstrasi, diskusi, ceramah dan tanya jawab. Teknik tersebut dapat membuat proses belajar mengajar lebih menarik karena baik guru atau murid semua aktif terlibat. Dengan menggunakannya diharapkan hasil kerja guru dan juga peserta didik dinilai akan lebih efektif lagi kedepannya.

Demikianlah ulasan singkat mengenai strategi yang efektif dalam PTK Bahasa Indonesia MI – kemampuan membaca. Semoga informasi diatas bisa menjadi sumber referensi terutama bagi guru sehingga termotivasi untuk membuat karya tulis ilmiah.

 

PTK ini bersifat hanya REFERENSI saja kami tidak mendukung PLAGIAT, Bagi Anda yang menginginkan FILE PTK BAHASA INDONESIA MI lengkap dalam bentuk MS WORD SIAP DI EDIT dari BAB 1 - BAB 5 untuk bahan referensi penyusunan laporan PTK dapat (SMS ke 0856-47-106-928 dengan Format PESAN PTK K13 SD 01).


CONTOH PTK BAHASA INDONESIA MI KELAS 1




ptk sd kelas 3 bahasa indonesia pdf, contoh ptk bahasa indonesia pdf, contoh ptk sd kelas 4 bahasa indonesia, ptk kelas 1 sd lengkap, download ptk sd kelas 4 bahasa indonesia, contoh judul ptk bahasa indonesia kelas 1 sd, laporan ptk bahasa indonesia sd, contoh ptk kelas 5 sd mata pelajaran bahasa indonesia, contoh ptk pembelajaran daring di sd, ptk pembelajaran daring kelas 1 sd,ptk pembelajaran daring pdf, contoh ptk pembelajaran daring kelas 3 sd, ptk bahasa indonesia untuk naik pangkat,
ptk sd kelas 5 daring, ptk bahasa indonesia smp masa pandemi.