PTK K13 BAHASA INDONESIA SD - UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI METODE PEMBELAJARAN PEMODELAN PADA PESERTA DIDIK KELAS I MI NEGERI
PTK K13 BAHASA INDONESIA SD - Dalam proses belajar mengajar seringkali ditemui banyak masalah. Ditinjau lebih dalam, salah satu faktornya karena sistem pembelajaran kurang efektif. Saat inilah peran guru sangat penting untuk menyusun PTK khususnya untuk mata pelajaran bahasa Indonesia MI – kemampuan membaca.
STRATEGI PTK YANG EFEKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA
Pada dasarnya setiap murid memang memiliki kecerdasan yang berbeda, terutama kemampuan dalam membaca. Maka dari itu, penting bagi guru MI untuk mencari strategi pembelajaran efektif dan bisa diterapkan dalam penelitian tindakan kelas, diantaranya yakni:
1. STRATEGI SQ3R
Untuk mengembangkan kemampuan membaca pada murid MI, kini para guru tidak perlu bingung. Pasalnya ada banyak strategi yang bisa dicoba salah satunya SQ3R. Dengan menggunakan metode tersebut, diharapkan sistem pembelajaran mata pelajaran bahasa Indonesia menjadi lebih menarik.
Strategi SQ3R ini menggunakan sistem penerapan membaca intensif dengan mengkombinasikan beberapa sistem seperti survey, question, reading, recite dan review. Agar efektif, metode ini dilakukan dalam 5 tahapan, diantaranya seperti:
- Siswa membaca dan mengamati materi yangdiberikan
- Siswa diminta untuk membuat pertanyaan
- Siswa diminta membaca kembali materi dan mencari jawaban dari pertanyaan yang dibuat
- Siswa menceritakan inti dari masing-masing paragraf
- Siswa memperhatikan apakah kesimpulan yang dibuat dari masing-masing paragraf sesuai
2. STRATEGI DEDISCERTA
Pada umumnya rendahnya minat murid dalam mata pelajaran disebabkan karena menggunakan metode klasik. Dalam upaya meningkatkan rasa ketertarikan siswa, guru dapat menerapkan strategi Dediscerta dalam penyusunan PTK Bahasa Indonesia MI – kemampuan membaca. contoh ptk sd kelas 1 bahasa indonesia
Strategi Dediscerta ini sengaja didesain dengan memadukan beberapa metode pembelajaran sekaligus yakni terdiri dari demonstrasi, diskusi, ceramah dan tanya jawab. Teknik tersebut dapat membuat proses belajar mengajar lebih menarik karena baik guru atau murid semua aktif terlibat. Dengan menggunakannya diharapkan hasil kerja guru dan juga peserta didik dinilai akan lebih efektif lagi kedepannya.
Demikianlah ulasan singkat mengenai strategi yang efektif dalam PTK Bahasa Indonesia MI – kemampuan membaca. Semoga informasi diatas bisa menjadi sumber referensi terutama bagi guru sehingga termotivasi untuk membuat karya tulis ilmiah.