Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

PTK SENI SMP - MENINGKATAN HASIL BELAJAR BERMAIN MUSIK ANSAMBEL MELALUI METODE TUTOR SEBAYA KELAS VII SMP

PTK SENI SMP - Sekolah Menengah Pertama (SMP) menjadi lembaga yang cocok untuk melakukan penelitian tentang seni. Hal ini akan mendukung jika siswa bosan dengan bidang akademis. PTK Seni SMP terkait Music Ansabel merupakan cara untuk mengembangkan minat bakat anak didik. 

PTK SENI SMP TERKAIT MUSIC ANSABEL

Seni memberikan pengalaman estetik. Bentuk ekspresi siswa mampu menuangkan idenya, berkreasi dengan keinginan sendiri. Penelitian tindakan kelas ini sudah dapat dianggap mengasah kemampuan anak didik dalam jenjang SMP. ptk seni budaya smp doc

Bidang pendidikan seperti ini akan menumbuh kembangkan siswa untuk sadar bahwa pentingnya kemampuan menuangkan seni dalam berbagai ragam nusantara. Tujuannya anak didik memahami konsep. Berani mengapreisasi karya seni yang di ciptakan, Pentingnya penelitian tindakan kelas adalah siswa mampu membangun unsur kreatifitas sendiri. Seni yang diajarkan dalam kegiatan belajar mengajarakan membantu anak didik dalam mengembangkan karyanya. Terlebih di era globalisasi dunia Tarik suara seperti musik sangat dominan.

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BELAJAR MUSIK ANSABEL 

Seni dalam jenjang pendidikan saat ini menjadi bagian penting. Salah satunya yakni Musik ansabel mempunyai arti kelompok musik kecil. Penelitian tindakan kelas dalam hal ini siswa akan mempelajari beberapa faktor keberhasilan pembelajaran. 

1. Pengajar yang Profesinal

Guru dalam pembelajaran kelas menjadi hal penting. Sebuah seni diajarkan agar mempunyai harapan membantu siswa mendapat pengetahuan baru lebih banyak. Mempelajari Musik ansabel memerlukan tutor yang mengetahui bagaimana cara bekerjanya. Jenjang pendidikan merupakan tempat siswa Sekolah Menengah Pertama untuk belajar hal baru. Penelitian terkait Musik Ansabel akan dapat berlangsung jika banyak anak didik yang memainkannya secara bersama. Pengajar profesional dibutuhkan dalam hal kegiatan belajar mengajar.

2. Suasana Belajar yang Tenang 

Bermain musik membutuhkan suatu tempat yang tenang. Tujuan dari hal ini untuk mencapai agar suatu penelitian tindakan kelas berhasil. Peserta didik akan merasa nyaman jika didukung dengan fasilitas yang memadai. Suasana nyaman mendukung siswa dalam menjalani ptk seni smp terkait music ansabel tanpa paksaan. Hasilnya sebuah penelitian akan sesuai dengan apa yang diharapkan. Proses pembelajaran pun akan menjadi optimal.

Dalam pembelajaran praktik ansambel musik, pengelolaan kelas secara tepat sangat diperlukan. Dari hasil penelitian yang dilakukan sebelumnya pembelajaran secara klasikal belum membuahkan hasil yang maksimal. Oleh karena itu, sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam bermain musik ansambel melalui penelitian ini peneliti akan mencoba menerapkan metode Tutor sebaya. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas, yang dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Proses pelaksanaan, penelitian ini dibagi menjadi 3 siklus, setiap siklus mencakup 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, danrefleksi.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, unjuk kerja, angket dan dokumentasi. ptk seni rupa kelas 7

Hasil belajar dalam pembelajar ansambel pada alat musik pianika.Nilai terendah mengalami peningkatan sebesar 38,88%, yaitu dari noilai 54 menjadi 75, nilai tertinggi mengalami peningkatan sebesar 4,16%. Nilai terendah mengalami peingkatan sebesar 64,28%, dan nilai tertinggi mengalami peningkatan sebesar 8,69%. Dari penelitian tersebut dapat disimpilkan bahwa pembelajaran dengan metode tutor sebaya ternyata lebih efektif digunakan dibanding dengan metode klasikal dalam pembelajaran musik ansamel. Hal ini terbukti karena pembelajaran dengan tutor sebaya dapat dilakukan diluar kelas/ diluar jam tatap muka.




ptk seni budaya smp kelas 8, ptk seni musik smp kelas vii, ptk seni budaya smp kelas 7, ptk seni rupa smp kurikulum 2013, ptk seni lukis, contoh ptk seni budaya musik, ptk seni budaya smp kelas 9, ptk seni budaya smp kelas 7 doc.