Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

PTK PAI SMP - PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF LEARNING TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE PADA PEMBELAJARAN PAI MATERI POKOK BINATANG HALAL DAN HARAM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK DI KELAS 9 SMP NEGERI

PTK PAI SMP - Pelaksanaan PTK PAI SMP materi halal & haram cukup penting dilakukan, terlebih untuk melatih para siswa dalam mengidentifikasi setiap hal yang ditemukan dan dirasakan di kehidupan sehari-harinya. Karena Islam sudah mengaturnya sedemikian rupa untuk menjaga umatnya.

SISTEM PEMBELAJARAN PTK PAI SMP MATERI HALAL & HARAM

Penelitian tindakan kelas mengenai topik halal dan haram diharapkan dapat membantu tugas guru dalam memberikan solusi cara belajar yang efektif dan meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami setiap pelajaran. Berikut ini beberapa sistemnya:

1. Problem Posing

Pada sistem pembelajaran ini, siswa dihadapkan oleh berbagai masalah yang mungkin terjadi di kehidupan sehari-hari. Kemudian mereka akan mendiskusikan dengan teman sekelompoknya dan memberikan pandangan serta solusi dari setiap problem. Disinilah siswa dituntut sanggup mengeluarkan pendapatnya dan memberikan suatu pandangan mengenai halal dan haram suatu makanan atau perbuatan. Maka dengan sistem problem posing ini mampu meningkatkan pemahaman para murid.

2. True Or False

Untuk menumbuhkan pemahaman pada setiap siswa, sistem ini cukup efektif. Karena murid dituntut mampu mengidentifikasi secara tepat makanan apa saja yg halal maupun haram. Jadi begitu pengajar menyebutkan berbagai jenisnya, maka dengan mudah mengelompokkan sesuai ajaran Islam. Metode ini berhasil meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami setiap hal yang memang dihalalkan atau diharamkan oleh Islam. Topik ini bisa saja disampaikan dengan teknik pengajaran biasa namun untuk menanamkannya di pikiran seorang anak dibutuhkan keseruan true or falsedi dalamnya. ptk pai smp kurikulum 2013 pdf

3. Think Talk Write 

Penerapan sistem pengajaran biasa juga memiliki peran dalam memberi pemahaman pada setiap murid. Namun terkadang kesempatan yang diberikan sangat sempit sehingga diskusi dua arah tidak dapat terlaksana. Maka dari itu metode think talk write cukup efektif dalam membuat para siswa ikut berpikir. Jika ada kesulitan bisa langsung menanyakan kepada pengajar sehingga murid bisa benar-benar paham mengenai topik halal dan haram.

4. Team Quiz

Penelitian tindakan kelas menggunakan sistem Team Quiz mengharuskan siswa membentuk kelompok-kelompok yang nantinya mempersiapkan beberapa pertanyaan. Seluruhnya berkaitan dengan topik halal dan haram jadi jika pembahasan terlalu jauh tidak berlaku. Kemudian semua pertanyaan itu dilemparkan kepada kelompok lain untuk dijawab oleh mereka, begitupun sebaliknya. Jadi seluruh siswa akan berdiskusi dan menemukan jawaban atas apa yang dipertanyakan selama ini. 

Demikianlah beberapa sistem pembelajaran dalam PTK PAI SMP materi halal & haram yang bisa diterapkan kepada siswa. Selamat mencoba

CONTOH LENGKAP PTK PAI SMP KELAS IX WORD

Tujuan yang menjadi kajian peneliti, yaitu 1) Untuk mengetahui Pelaksanaan penerapan model pembelajaran cooperatif learning tipe everyone is a teacher here pada pembelajaran PAI di Kelas 9 SMP Negeri. 2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran PAI Kelas 9 SMP Negeri dengan menggunakan model pembelajaran cooperatif learning tipe everyone is a teacher here.

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 3 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi di kelas dan dokumentasi hasil tindakan yang dilakukan maupun data tentang gambaran, dengan penelitian tindakan ini akan diketahui peningkatan atau penurunan setelah tindakan kelas dilakukan per siklus. ptk pai smp kelas 9 pdf

Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pelaksanaan penerapan model pembelajaran cooperatif learning tipe every one is a teacher here pada pembelajaran PAI di Kelas 9 SMP Negeri dilakukan dengan melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penerapan cooperatif learning tipe every one is a teacher here pada pembelajaran PAI terlihat dari pelaksana tindakan dimana peneliti membagikan kertas kosong untuk di isi pertanyaan oleh peserta didik dan kemudian di jawab oleh peserta didik yang lain baik secara individual maupun secara kelompok. Disinilah telah terjadi proses peserta didik menjadi guru bagi peserta didik yang lain. 2) Peningkatan hasil belajar dan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran PAI Kelas 9 SMP Negeri dengan menggunakan model pembelajaran cooperatif learning tipe every one is a teacher here dapat dilihat dari hasil belajar peserta didik tiap siklus dimana pada pra siklus 8,3 % menjadi 33,3% pada siklus I meningkat lagi pada siklus II yaitu 79,2% dan di akhir siklus III menjadi 91,6%. Begitu tingkat keaktifan peserta didik juga mengalami peningkatan setiap siklus dimana pada siklus I tingkat keaktifan 8,3% menjadi 83,4% dan di akhir siklus III sudah mencapai 91,6%. Ini menunjukkan hasil belajar dan keaktifan belajar peserta didik Kelas 9 SMP Negeri pada pembelajaran PAI sudah melebihi indikator keberhasilan yang diinginkan dan hipotesis tindakan terwujud.

DOWNLOAD DISINI - PTK PAI KELAS IX


download ptk pai smp lengkap doc, ptk pai smp untuk kenaikan pangkat, ptk pai smp kurikulum 2013, ptk pai smp 2018, ptk pai smp kelas 7 pdf, ptk pai smp kelas 7 kurikulum 2013, contoh ptk pai smp kelas 8, contoh ptk pai smp kelas 9, ptk pai smp kelas 9 pdf, proposal ptk pai smp kelas 8, contoh ptk pai smp kelas 7.